Advertorial

Mengenal Lebih Dekat Teknologi di Telepon Genggam Anda

Kompas.com - 11/03/2016, 09:23 WIB

Telepon genggam semakin sering digunakan untuk membalas email, mengirim dokumen, mengedit data dan melakukan transaksi. Penggunaan telepon genggam semakin sering dibandingkan perangkat lain dan kebutuhan pemakaiannya juga semakin tinggi.

Tidak hanya memilih memori besar, baterai besar dan kamera unggul, pengguna juga sangat memperhatikan kenyamanan penggunaan dan kestabilan.

Untuk itu, banyak teknologi canggih dibenamkan demi mengoptimalkan kinerja seperti pengalihan antar aplikasi lebih cepat, penggunaan daya baterai lebih efisien, dan kinerja perangkat keras lebih maksimal. Semua optimasi itu bekerja secara otomatis tanpa perlu pengaturan dari pengguna. Apa sajakah teknologi yang bekerja di belakang layar ini?

Big-little ARM

Untuk memenuhi kebutuhan telepon genggam sebagai alat bantu yang digunakan kapan saja dan perangkat mobile yang dibawa ke mana saja, OPPO F1 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon octa core dengan kerangka Big-little ARM.

Cara kerja big little ARM adalah secara otomatis memilih dan mengatur inti prosesor yang digunakan. Inti prosesor frekuensi tinggi (big) akan digunakan ketika Anda membuka aplikasi berat yang memerlukan pengelolaan grafis tinggi seperti main game, memutar dan merekam video.

Inti prosesor frekuensi rendah (little) digunakan ketika Anda membuka aplikasi ringan yang hanya memuat tulisan dan gambar statis seperti browsing dan chatting.

Keunggulan Big-little ARM ini mengoptimasikan kinerja perangkat sesuai dengan aktivitas yang dijalankan. Selain mampu menjamin perfomanya tetap unggul, fungsinya juga menjamin efisiensi daya tahan.

Panel Self Refresh (PSR)

OPPO F1 menyediakan fitur hemat daya yang merupakan optimasi perangkat lunak. Selain itu, juga membenamkan sistem efisiensi daya perangkat keras, yaitu teknologi Panel Self Refresh atau disingkat PSR pada layar.

Teknologi PSR cukup mudah dimengerti. Bisa dikatakan, cara kerjanya sama seperti tangga eskalator. Ketika ada beban, tangga eskalator berjalan dengan kecepatan normal, dan ketika tidak ada beban, eskalator akan berjalan lebih lambat sehingga lebih hemat daya.

Pada OPPO F1, ketika Anda memutar video atau main game, tampilan layarnya sangat dinamis, kinerja GPU dan layar lebih berat, lebih banyak menguras daya baterai. Lalu, ketika chatting atau baca berita, tampilan layarnya tidak berubah sedemikian drastis.

Pada kondisi ini, teknologi PSR akan mengurangi kinerja GPU untuk me-refresh data pada layar sehingga otomatis lebih menghemat penggunaan daya.

Smart Clean

Kemampuan tulis-baca RAM sangat cepat. Aplikasi-aplikasi yang dijalankan disimpan sementara di RAM sehingga perpindahan antar aplikasi dapat dilakukan secara instan, tanpa lag. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin besar kapasitas RAM yang diperlukan.

Saat ini, setidaknya 40 aplikasi diinstal pada telepon genggam. Beberapa aplikasi itu di antaranya aplikasi chatting, sosial media, media online, multimedia, dan alat bantu yang pastinya akan diaktifkan, bahkan dijalankan bersamaan. Jika ditambahkan aplikasi game HD, kapasitas RAM sebesar apa pun juga akan terbatas.

OPPO F1 menjalankan sistem operasi Color OS berbasis Android 5.1. Salah satu fitur keunggulannya adalah Smart Clean yang mampu mengenal aplikasi yang jarang digunakan dan menutupnya secara otomatis apabila aplikasi tersebut berturut-turut tidak digunakan selama 10 menit.

-

Semakin lama Anda menggunakan OPPO F1, maka sistem Smart Clean akan semakin akurat mengenal aplikasi yang sering Anda gunakan dan yang jarang Anda gunakan. Penggunaan RAM yang semakin optimal tidak hanya melegakan kapasitas RAM, tapi juga mempermudah Anda dalam mengoperasikan aplikasi.

Anda pun tidak perlu lagi memilih dan menutup aplikasi yang sudah tidak dijalankan, tapi bisa membuka aplikasi-aplikasi baru yang Anda perlukan.

Tak hanya itu. OPPO F1 adalah ponsel kamera OPPO yang memaksimalkan pengalaman kamera depan dengan tagline Selfie Expert. Selain itu, OPPO F1 juga hadir dengan spesifikasi mumpuni, desain metal unibody dan jaringan 4G LTE.

Untuk informasi lebih lanjut seputar OPPO F1, silakan klik di sini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com