Advertorial

New Mazda CX-5, Kenyamanan Berkendara di Tengah Kota

Kompas.com - 16/03/2016, 08:30 WIB


Sebagian dari Anda mungkin sedang membutuhkan mobil yang tangguh tapi praktis dibawa kemana-mana. Jika itu kriterianya, berarti mobil SUV berukuran kompak adalah jawabannya.

Salah satu mobil SUV kompak yang patut Anda lirik ialah New Mazda CX-5. Ini adalah compact crossover SUV terbaru dari Mazda yang dikembangkan dengan tema desain “KODO-Soul of Motion” dan teknologi SKYACTIV.

Dengan desain KODO-Soul of Motion, New Mazda CX-5 tampak berbeda dengan SUV lain di kelasnya. Desain ini melambangkan New mazda CX-5 yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Dua hal itu tampak dari eksteriornya, yakni desainbagian depan dan roda berbahan alumunium dengan diameter 17 inci untuk tipe CX-5 SPORT dan CX-5 URBAN dan 19 inci untuk tipe CX-5 TOURING dan CX-5 GRAND TOURING.

Masih dari eksterior, pencahayaan New Mazda CX-5 didukung oleh Light Emitting Diode (LED) sehingga daya konsumsi listrik lebih rendah namun daya hidup lampu bisa sangat panjang. Tidak hanya itu, dengan lampu LED pengemudi maupun penumpang dapat melihat keadaan jalan dengan lebih baik dalam berbagai kondisi cuaca.

Sementara dengan teknologi SKYACTIV pada mesinnya, mobil ini mampu menghasilkan energi dari bahan bakar sebanyak mungkin, dan mentransfer energi untuk bergerak dengan efisien yang akan memberi kenikmatan mengemudi.

-

New Mazda CX-5 menggunakan mesin dengan teknologi SKYACTIV G-2.0L dengan konfigurasi 1.998 cc dan SKYACTIV-G 2.5 dengan konfigurasi 2.488 cc. Keduanya memilki 4 cylinder inline, DOHC, 16-katup dengan injeksi bensi langsung didukung oleh Dual-S-VT (Sequential Valve Timing) dan Electronic Throttle Control (ETC), serta memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi, yaitu 13,0:1. 

Sementara teknologi SKYACTIV-DRIVE-nya merupakan transmisi otomatis enam kecepatan yang memberi perpindahan gigi yang mulus, cepat, dan akurat di segala kondisi kecepatan. 

Teknolgi SKYACTIV-CHASSIS berperan dalam kemampuan kontrol dan kenyamanan berkendara. Teknologi ini bekerja untuk mengoptimalkan sistem suspensi dan kendali. Kolaborasi sistem suspensi yang memiliki suspensi strut di depan dan multi-link di bagian belakang dan sistem kemudi berteknologi teknologi electric power-assisted steering (EPAS) memberi pengemudi pengendalian yang hebat pada saat melalui jalan berliku. 

Soal keamanan dan performa, percayakan saja pada teknologi SKYACTIVE-BODY. Teknologi dengan bahan utama baja regangan tinggi ini kokoh, ringan, namun mampu memberi performa keamanan kelas atas dari benturan akibat kecelakaan. 

Dilengkapi pula dengan system i-STOP (idling stop system) yang mampu menghemat bahan bakar. Caranya dengan mematikan mesin secara otomatis pada waktu mobil berhenti sempurna karena macet atau saat lampu lalu-lintas berwarna merah. Teknologi ini memungkinkan mesin melakukan restart secaraotomatis saat rem dilepaskan hanya dalam waktu 0,35 detik.

Kombinasi keduanya menjadikan New Mazda CX-5 sebagai kendaraan yang tak hanya efisien dalam penggunaan bahan bakar, tapi juga aman dan nyaman. Ingin melihat langsung New Mazda CX-5? Langsung saja kunjungi Mazda Exhibition di Main Atrium, Puri Indah Mall, 16-20 Maret 2016. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com