Liburan ke Eropa Mahal? Eits.. Tunggu Dulu!

Kompas.com - 06/04/2016, 08:00 WIB

 

Namun tunggu dulu, jika dicermati lebih dalam, berlibur ke Eropa tidak semahal yang Anda bayangkan.

Berbeda dengan dollar yang terus menanjak, nilai tukar mata uang Euro cenderung lebih rendah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Visa Schengen untuk mengunjungi beberapa negara di Eropa yang tergabung dalam negara Uni Eropa dengan satu visa saja.

Jika kedua hal tersebut dirasa belum begitu hemat, berikut beberapa tips untuk liburan hemat di Eropa.

Pilih waktunya
Jangan harap dapat berhemat jika berpergian saat peak season. Berliburlah saat low season seperti pada bulan Januari-Mei dan Agustus-November. Hal ini disebabkan dengan harga tiket dan penginapan yang lebih murah dibandingkan saat bulan-bulan puncaknya wisatawan.

Pesan tiketnya
Dilansir dari Kompas.com bahwa para ahli menemukan waktu terbaik untuk memesan tiket penerbangan internasional idealnya adalah sekitar 171 hari sebelum keberangkatan. Selain itu, ada hari-hari khusus di mana maskapai penerbangan akan memberikan tiket lebih murah, yaitu di hari Selasa, Rabu, dan Sabtu.

Tentukan tujuannya
Jika Anda ingin menghemat biaya saat perjalan, pilihlah negara-negara yang berada di Eropa Timur, contohnya seperti Ukraina, Praha, Warsawa, dan Rumania. Tak hanya di Eropa Timur saja, beberapa kota di Eropa Barat dan Tengah juga ada yang memiliki biaya yang murah untuk wisata, seperti Budapest, Roma, Dublin, dan lain-lain.

Booking penginapannya
Salah satu tips hemat selanjutnya adalah booking hotel jauh-jauh hari. Selain itu, tentu Anda sudah terbiasa menginap di dorm atau hostel bersama turis lainnya. Biaya yang akan dikeluarkan tentu akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan hotel.

Cari informasi sebanyak-banyaknya
Dan yang terakhir adalah Anda harus mencari sebanyak-banyak informasi mengenai negara atau kota yang akan kunjungi selama di Eropa. Tentu saja hal ini akan membantu dalam menentukan bujet.

-

Untuk mendapatkan informasi mengenai negara dan kota destinasi wisata di Eropa, Anda dapat mengunjungi pameran Destination Europe 2016 yang diselenggarakan tanggan 9 dan 10 April 2016 di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam pameran ini, terdapat 60 eksibitor yang terdiri dari maskapai penerbangan, agen perjalanan, kafe, hotel, dan masih banyak lagi yang akan menjawab semua pertanyaan Anda mengenai liburan ke Eropa. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk berlibur ke Eropa atau mungkin tiket gratis ke Eropa?

Informasi lebih lanjut klik http://destinationeurope.web.id/ sekarang juga. (Adv)  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com