Selalu Berinovasi, Kino Raih Penghargaan Kelas Internasional

Kompas.com - 28/04/2016, 07:55 WIB

Sebuah perusahaan akan terus maju dan berkembang jika selalu melakukan inovasi. Salah satunya adalah PT Kino Indonesia Tbk yang selalu berinovasi dalam meluncurkan produk-produk berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

“Inovasi merupakan DNA kami. Kino sendiri merupakan singkatan dari kreatif dan inovatif. Kami terus memacu insan-insan Kino untuk terus me-launching produk-produk baru yang belum ada di pasaran,” ungkap Operations Director PT Kino Indonesia Tbk Rody Theo, saat menghadiri acara Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award ( OCI Indonesia Award ) 2016, Rabu, (20/04/2016) di Hotel Shangri La, Jakarta.

Penghargaan yang diadakan oleh Product Development Management Association (PDMA) Indonesia, yang merupakan asosiasi nonprofit global yang berkantor pusat di Amerika Serikat, bekerja sama dengan SWA Indonesia. Penghargaan ini kembali membuktikan posisi PT Kino Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang siap bersaing di pasar global.

Inovasi Kino yang berhasil meraih penghargaan Platinum dalam OCI Indonesia Awards 2016 ini adalah Ellips. Ellips merupakan produk vitamin perawatan rambut cair dengan bentuk soft kapsul yang mampu menerobos pakem produk perawatan rambut yang ada. Kino sendiri sejak awal berdiri sudah mencanangkan sebagai perusahaan yang mengandalkan inovasi sebagai urat nadinya.

“Produk-produk Kino, lahir dan berkembang melalui berbagai inovasi dan kreativitas untuk berkompetisi secara cerdas. Kami tentunya bangga dengan penghargaan OCI Indonesia Award 2016 ini, namun yang terpenting adalah inovasi kami bisa diterima masyarakat Indonesia,” ujar Theo.

Dalam paparannya pada OCI Indonesia Award 2016, Theo menegaskan bahwa pengembangan budaya inovasi Kino merupakan bagian dari strategi bisnis. Perusahaan tidak hanya berkomitmen melakukan inovasi, tetapi mewujudkannya dalam struktur organisasi. Karyawan juga terlibat aktif dan dengan antusias menjadikan inovasi sebagai salah satu nilai kunci dari budaya perusahan yang menghasilkan produk-produk inovatif yang diterima masyarakat

“Penghargaan ini memberikan motivasi dan memicu perusahaan-perusahaan lain di Indonesia untuk terus berinovasi. Untuk Kino sendiri, ini merupakan sesuatu yang sesuai dengan tagline Kino yaitu Innovate Today, Creating Tomorrow,” tambah Theo.

Senada dengan Theo, GM Product Innovation PT Kino Indonesia Tbk Budi Susanto juga menegaskan bahwa Ellips memimpin pasar vitamin rambut sejak tahun 2005 sampai sekarang. Ellips dinilai mampu memberikan manfaat dalam langkah praktis agar batang rambut selalu mendapatkan nutrisi yang cukup.

“Hasil inovasi terbesar Kino adalah merek Ellips, sebuah vitamin rambut dengan keunggulannya dalam bentuk soft kapsul pertama di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan product hair treatment. Dibutuhkan riset dan proses development yang cukup lama, yaitu 3,5 tahun untuk bisa menghadirkan produk ini ke konsumen. Saat ini, Ellips Vitamin Rambut menjadi market leader di kategori vitamin rambut , menurut Nielsen mencapai 77 persen,” ujar Budi.

Ellips telah meraih 14 penghargaan dari tahun 2006 sampai dengan sekarang baik dari retailer maupun konsumen, diantaranya WOW Brand Award 2015 dan TOP BRAND 2016. Tak hanya itu, sebelumnya Kino juga meraih penghargaan Word of Mouth Marketing Award 2015 untuk Cap Kaki Tiga, Absolute, B&B Kids dan Eskulin Kids, dan Indonesia Best Brand Award 2015 untuk merek Cap Kaki Tiga, Panther, Cap Kaki Tiga Anak dan Cap Panda.

Kedepannya PT Kino Indonesia Tbk berharap dapat selalu menjadi perusahaan yang inovatif dalam menciptakan produk-produk unggulan dan dicintai masyarakat Indonesia. Dan juga selalu menjaga kualitas produk untuk kepuasan konsumen dan siap menjadi market leader di pasar internasional. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com