Australia, Destinasi Kelas Wahid "Foodie"

Kompas.com - 28/04/2016, 16:38 WIB

Oleh: Hans Danial

kontributor kompas klass harian kompas

Beberapa waktu yang lalu, penulis yang juga berprofesi sebagai food blogger menghabiskan dua minggu di Australia untuk menjelajahi food and travel scene di kota-kota di tiga negara bagian, yaitu Sydney (New South Wales), Melbourne (Victoria),dan Gold Coast (Queensland). Walau sangat terkenal dengan keindahan alam dan versatility-nya, Australia, menurut penulis, sebenarnya sangat berpotensi menjadi salah satu destinasi favorit bagi foodie di seluruh dunia. 

Hans Danial

Food Blogger | Twitter: @stanislaushans | Instagram: @eatandtreats | @kompasklass #pelesir 

  1. Sydney Opera House

-

Sebagai ikon kota Sydney dan salah satu destinasi wisata terpopuler, Sydney Opera House wajib menjadi destinasi para turis, yang umumnya merupakan first timers atau pengalaman pertama mereka di Sydney. Pengunjung mulai memadati kompleks Sydney Opera House sekitar pukul 4 sore. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk datang lebih awal jika menginginkan foto Anda terlihat bagus dan kosong tanpa photobomb dari turis-turis di latar belakang. Di sekitar Sydney Opera House terdapat beberapa kafe kecil yang bisa Anda kunjungi sembari makan siang atau malam.

  1. The Grounds of Alexandria

-

Walaupun menurut penulis The Grounds of Alexandria bukanlah kafe dengan makanan terbaik, apa yang The Grounds of Alexandria punya hal yang tidak dimiliki kafe-kafe lain di Sydney: konsep yang unik dan one of a kind. Kafe populer ini sering kali dinobatkan sebagai salah satu kafe terindah di Sydney. Di samping kafe, di dalam kompleks The Grounds of Alexandria terdapat beberapa dining area yang unik dan cantik, serta peternakan mini dengan binatang babi bernama Kevin Bacon yang menjadi ikon kafe ini.

  1. Paddock Bakery

-

Gold Coast sangat populer dengan keindahan pantai dan alam. Namun, penulis ingin mengangkat salah satu breakfast joint yang cukup populer di Gold Coast, yaitu Paddock Bakery. Paddock Bakery merupakan kafe, kedai kopi, sekaligus toko roti yang fokus menawarkan alternatif sarapan sehat. Biasanya, penduduk Australia akan memesan avocado on toast yang dipasangkan dengan segelas soy cap, atau cappuccino dengan susu kedelai. Penulis betah berlama-lama menghabiskan waktu di Paddock Bakery. Di samping tempat yang sangat cantik dan nyaman dan makanan yang sangat enak, servisnya pun sangat ramah.

  1. Yarra Valley

-

Walau ada anggapan Yarra Valley lebih cocok untuk dikunjungi turis yang lebih berumur, pada kenyataannya banyak hal yang bisa dieksplorasi semua kalangan di sini. Dimulai dari mengikuti ice cream tasting di Yarra Valley Chocolaterie, jalan-jalan mengelilingi kebun buah Rayner’s Orchard milik Len Rayner sembari mencicipi koleksi stone fruit yang luar biasa segar, hingga lunch dan wine tasting di Rochford Wines. Tak hanya itu, Yarra Valley pun dapat menjadi short escape destination untuk Anda yang mungkin jenuh dengan suasana kota dan menginginkan pemandangan yang lebih “hijau”.  

  1. Catcha Crab

-

Catcha Crab adalah salah satu tur yang dapat dipertim­bangkan jika Anda kebetulan mengunjungi Gold Coast dan termasuk salah satu yang tidak terlalu mainstream. Sesuai dengan namanya, Catcha Crab adalah tur yang menawarkan program bagi tamu yang berminat mengikuti aktivitas pancing memancing, khususnya pemancingan kepiting, atau sekadar menambah pengalaman baru. Hasil penangkapan biasanya dapat dibawa pulang oleh pengunjung atau dinikmati langsung pada jam makan siang yang telah ditentukan.

  1. Queen Victoria Market

-

Kurang sah rasanya jika mengun­jungi Melbourne tanpa bertandang ke Queen Victoria Market yang merupakan pasar rakyat yang sangat ikonik. Banyak tur yang menawarkan jasa walking/tram tour ke Queen Victoria Market. Di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis dairy products, poultry, bahan-bahan dapur, buah-buahan, sayur-sayuran, bunga-bunga, handmade soap, dan masih banyak lagi. Namun, lebih dari itu, Anda juga dapat menemukan beberapa hal unik lain seperti American Doughnut Kitchen yang sangat terkenal dengan donat gorengnya, serta Market Lane Coffee, salah satu kedai kopi terkenal di Melbourne.

  1. Cow and The Moon

-

Sebagai pribadi yang sangat menyukai gelato, penulis merekomendasikan Cow and The Moon untuk para pembaca. Cow and The Moon adalah merek gelato asal Australia yang telah tiga tahun memenangkan penghargaan sebagai the best gelato in the world, dan pencapaian ini diraihnya bukan tanpa alasan. Penulis yang sudah dua kali datang ke gerainya yang terletak di kawasan Enmore di Newtown, masih menobatkan Cow and The Moon sebagai gelatofavorit. Beberapa rasa yang penulis rekomendasikan antara lain affogato dan pistachio

  1. SkyPoint

-

SkyPoint merupakan observation deck, sekaligus lokasi tertinggi di Gold Coast yang kerap kali menjadi tujuan utama pengunjung untuk melihat Gold Coast dari sudut pandang yang berbeda dan menyeluruh. Pengunjung diharapkan untuk membeli tiket yang telah disediakan pihak pengelola dan harga yang dibayarkan sangat sepadan dengan pemandangan Gold Coast yang sangat indah dari lantai 77 gedung Q1! Meskipun outdoor, pihak SkyPoint sangat aware dengan masalah keamanan. (Adv) 

Untuk informasi lebih lanjut Australia.com/penawaran  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com