Advertorial

Asian Tourism Forum, Membuat Tempat Wisata Indonesia Makin Memikat

Kompas.com - 09/05/2016, 09:51 WIB

Asian Tourism Forum (ATF) merupakan event forum internasional yang  membahas berbagai isu dan perkembangan pariwisata yang saat ini . Forum tersebut di tahun ini diadakan di Indonesia tepatnya di Kota Bandung. 

Event tersebut diharapkan akan memberikan dampak bagi pariwisata negara peserta ATF serta wisata kota Bandung secara khusus. Acara ini juga akan menjadi salah satu ajang untuk promosi tempat wisata dari masing-masing negara peserta ATF tersebut sebagai tujuan wisata. 

Bandung akan menjadi tuan rumah sekaligus menjadi bagian dari pesona Indonesia yang dipamerkan pada ATF yang akan berpusat pada Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung selama 3 hari. Bandung dua kalinya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Asian Tourisnm Forum ini. Pertama, STP Bandung pernah menjadi tuan rumah pada Mei 2012 lalu. 

Asian Tourism Forum adalah acara yang diadakan setiap dua tahun sekali dan pertama kali diadakan di kota Ho Chi Minh City, Vietnam pada tahun 1993 silam. ATF  merupakan salah satu agenda rutin bagi para pelaku industri pariwisata, peneliti, akademisi, pejabat, pemerintah serta pembuat kebijakan pariwisata di tingkatan internasional untuk saling bertukar pikiran. 

Untuk tahun 2016 ini Indonesia menjadi tuan rumah kembali di mana berlokasi di Bandung dan akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Indonesia selaku pembicara. Pada hari pertama, acara akan berlangsung di gedung sate Bandung yang merupakan ikonik kota tersebut. 

Tak hanya sebagai kota tujuan wisata yang biasa dijadikan tujuan pengunjung untuk menghabiskan liburan. Tapi kini Bandung kembali jadi tuan rumah dalam acara Asian Tourism Forum 2016 dengan tema “Wonderful Tourism”. Peserta ATF 2016 ini akan dihadiri oleh 300 lebih peserta dari 20 negara di antaranya Australia, Mesir, Hongkong, Singapura, Filipina, Bangladesh, Amerika, Perancis, serta Inggris. 

Tak hanya melakukan agenda seminar pariwisata saja, namun pada kegiatan ATF yang akan berlangsung selama tiga hari pada 7 hingga 9 Mei mendatang juga akan digelar jalan-jalan atau post tour dengan fokus utama adalah mengenalkan wisata syariah dan kunjungan ke beberapa lokasi wisata Bandung yang menjadi salah satu pesona Indonesia. 

Agenda tour paket wisata dalam Asian Tourism Forum yang akan dilaksanakan di Bandung tersebut yaitu wisata syariah ke masjid Lautze, masjid Cipaganti, masjid Raya Jawa Barat di alun-alun kota Bandung, juga ada Bandung art tour, Bandung side city, wisata heritage trail, serta Bandung high land untuk memikat peserta ATF 2016. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com