Advertorial

Siapkan Dana Umroh Sejak Jadi First Jobber, Mungkinkah?

Kompas.com - 13/05/2016, 10:03 WIB

Melaksanakan perjalanan ibadah, seperti umroh, boleh jadi merupakan cita-cita seluruh umat Islam. Tak terkecuali bagi kaum mudanya.

Tentu umat Islam perlu melakukan berbagai persiapan sebelum menjalani ibadah umroh dan haji. Persiapan bukan hanya pada mental, tetapi juga biaya. Apalagi, dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan perjalanan ibadah tidak sedikit.

Banyak yang berkata dana ibadah umroh perlu dipersiapkan sejak muda. Tetapi bayang-bayang biaya selangit yang diperlukan untuk mewujudkan cita-cita itu, kadang memunculkan anggapan bahwa persiapan dana hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah mapan secara finansial. Jadi, apakah mungkin bila persiapan dana perjalanan ibadah mulai dilakukan oleh kaum muda, khususnya para first jobber?

Banyak first jobber, atau orang yang baru pertama kali bekerja dan menerima penghasilan sendiri, masih kesulitan mengelola uang atau menabung. Mereka yang sebagian besar terdiri dari kaum muda, masih harus mengalokasikan gajinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta gaya hidup.

Tetapi, first jobber tetap bisa mempersiapkan dana perjalanan ibadah asalkan punya keberanian lebih untuk berinvestasi. Dengan Tabungan BritAma Rencana dari  BANK BRI misalnya, first jobber dapat berinvestasi demi mewujudkan cita-cita ibadah umroh.

BritAma Rencana merupakan tabungan investasi yang mencakup berbagai macam perencanaan, seperti dana liburan, pendidikan, perjalanan ibadah, pernikahan, dan dana pensiun. Minimal setoran tetap per bulan yang ditentukan BANK BRI adalah Rp 100.000 dengan kelipatan Rp 50.000, dan maksimal setoran bulanan tetap sebesar Rp 5 juta.

Nasabah dapat membuka lebih dari satu rekening dengan maksimal setoran bulanan sebesar Rp 5 juta. Untuk jangka waktunya maksimal sampai dengan 20 tahun dengan suku bunga yang sangat menarik.

Syarat untuk membuka Tabungan BritAma Rencana sederhana saja. Nasabah berusia 17-64 tahun dan telah memiliki Tabungan BRI BritAma. BritAma Rencana menjadi produk tabungan yang pas bagi first jobber karena prosedurnya sederhana dan fleksibel untuk nasabah. Nasabah dapat menentukan sendiri besaran tabungan mereka yang inginkan. Dengan demikian, para first jobber dapat menyesuaikan jumlah setoran atau tabungan dengan penghasilan.

Sekarang adalah saat yang tepat bagi para first jobber untuk membuka Tabungan BritAma Rencana. Sebab, saat ini ada Program Direct Gift, atau hadiah langsung kepada setiap nasabah yang membuka Tabungan BritAma Rencana, serta melakukan setoran awal dan mengendapkan dananya di rekening sumber atau rekening induk, yakni Tabungan BRI BritAma.

Hadiah yang Anda terima nantinya ialah barang senilai 70 persen dari setoran awal pada Tabungan BRI BritAma. Simulasinya, jika Anda ingin memiliki dana sekitar Rp 53 juta dalam 3 tahun mendatang di Tabungan BritAma Rencana Anda dapat melakukan setoran per bulan Rp 1,5 juta. Di awal menabung, Anda cukup melakukan penyetoran sebesar Rp 2,5 juta yang deendapkan selama periode menabung. Kemudian, Anda berhak mendapat hadiah langsung berupa barang yang dapat Anda pilih sendiri senilai sekitar Rp 2,1 juta. Sangat menarik, bukan?

Sebelum berinvestasi untuk mencicil dana umroh, ketahui pula hal ini. Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah menetapkan waktu keberangkatan. Hal ini berguna untuk menentukan jangka waktu investasi yang akan para first jobber gunakan. Jika waktu keberangkatan masih panjang, maka pilih investasi jangka panjang sebagai tabungan.

Memang, memiliki tabungan dana perjalanan ibadah membuat Anda berkorban lebih banyak. Sisa penghasilan Anda dalam sebulan mungkin jadi lebih sedikit dari biasanya. Oleh sebab itu, ada trik khusus yang dapat dilakukan agar kebutuhan Anda yang lainnya tidak terbengkalai.

First jobber  tak boleh lupa untuk menyiapkan dana darurat sebelum memiliki tabungan dana umroh. Besarnya sekitar tiga kali lipat dari penerimaan per bulan. Dana tersebut digunakan untuk keperluan darurat, misalnya saat menghadapi musibah atau sakit. Dengan memiliki dana seperti ini, Anda tak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu harus menghadapi keadaan darurat.

Siapapun bisa menabung untuk mewujudkan cita-citanya. Status sebagai first jobber ataupun orang yang telah mapan dalam karier bukanlah syarat. Selagi muda dan berpenghasilan, persiapkan dana untuk mewujudkan perjalanan umroh Anda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com