Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

KOMPAS.com/REZA PAHLEVI - Rapat evaluasi luas tanam padi antara Kementerian Pertanian dan jajaran TNI AD, Selasa (17/5/2016)
Selasa, 17 Mei 2016

Aman, Stok Pangan untuk Ramadhan


JAKARTA, KOMPAS.com
 - Stok pangan untuk bulan Ramadhan dan lebaran dipastikan aman.

"Tidak ada alasan beras bakal naik pada bulan Ramadhan, " ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, di sela rapat

evaluasi luas tanam padi bersama jajaran TNI AD, Selasa (17/5/2016).

Tak hanya beras, kata Amran, stok berlimpah juga tersedia untuk bawang. "Dalam waktu dekat ada 3.000 ton bawang akan kami sediakan," sebut dia. 

KOMPAS.com/REZA PAHLEVI

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (tengah) menghadiri rapat evaluasi luas tanam padi bersama jajaran TNI AD, Selasa (17/5/2016)

Terkait rapat evaluasi bersama TNI AD, Amran mengatakan pertemuan itu membahas evaluasi kerja sama antara kementeriannya dengan TNI AD untuk memastikan kelancaran upaya pencapaian ta

rget dan sasaran luas tanam padi di Indonesia.

Menurut Amran, pada tahun ini akan ada percepatan tanam padi dan penyerapan gabah. "Target 50.000 ton serapan gabah pada periode (panen ini). Saat ini sudah ada stok 2,4 juta ton gabah (nasional)," imbuh dia.

Amran pun meminta para pedagang turut menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang dan selama Ramadhan.

Mulai awal 2016, kementerian Pertanian menggelar operasi penyerapan gabah petani yang melibatkan beragam unsur, termasuk Bulog dan TNI AD. Tujuan operasi ini selain memastikan ketersesediaan stok gabah dan beras, adalah juga untuk menjaga kestabilan harga beras di pasaran.