Nissan Grand Livina - MPV Terbaik Versi JD Power 2015

Kompas.com - 25/05/2016, 12:04 WIB

Konsumen perlu cermat mengenali mobil sebelum membelinya. Selain mempertimbangkan spesifikasi, kenyamanan, dan merek, konsumen harus yakin bahwa mobil tersebut minim masalah.

Konsumen tentu puas bila mobil yang dipilihnya jarang bermasalah. Sebab, konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Lalu, apa yang harus dilakukan agar tak salah pilih? Riset lah terlebih dahulu.

Selama Mei sampai November 2015, J.D. Power mengevaluasi 2.902 pemilik kendaraan yang membeli mobil dalam kurun waktu September 2014 – Agustus 2015 melalui Indonesia Initial Quality StudySM 2015 (IQS). Evaluasi tersebut dilakukan terhadap 11 merek kendaraan.

Riset dilakukan dengan mengukur masalah yang dialami pemilik kendaraan baru selama dua hingga enam bulan pertama masa kepemilikan. Periset meneliti lebih dari 200 masalah dalam delapan kategori kendaraan, yaitu pengalaman berkendara, mesin dan transmisi, interior kendaraan, pemanasan, ventilasi dan pendingin udara (HVAC), eksterior kendaraan, audio, hiburan dan navigasi, fitur dan display, serta tempat duduk.

Kualitas awal terlihat dari jumlah rata-rata masalah yang dialami per 100 kendaraan (PP 100). Jika sebuah kendaraan mendapat skor yang rendah, maka semakin tinggi kualitasnya.

Salah satu merek mobil di Indonesia, Nissan Grand Livina, mendapat skor 53 PP 100. Skor ini jauh lebih rendah dibanding rata-rata skor mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) lainnya, yakni 65 PP 100.

Dengan skor tersebut, Grand Livina mendapat peringkat tertinggi pada segmen MPV dalam studi Indonesia 2015 IQS. Hasil ini mengukuhkan Grand Livina sebagai mobil berkualitas pilihan terbaik keluarga Indonesia.

General Manager Marketing Strategy Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan hasil riset ini menunjukkan bahwa Nissan selalu memberi perbaikan kualitas dalam setiap produknya dengan menempatkan kenyamanan dan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama.

“Grand Livina diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen MPV di Indonesia. Hal ini disambut baik oleh konsumen sebagaimana terlihat dari jumlah populasi Grand Livina saat ini yang mencapai lebih dari 208.000 unit di seluruh Indonesia,” tutur ia.

Budi menuturkan, desain Grand Livina desain mengedepankan kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal ini terlihat dari dari kabin yang lebih lapang, sehingga memberi ruang yang lebih besar untuk penyimpanan barang.

Kabin yang nyaman dan fleksibel bisa diatur sesuai dengan keperluan dan kenyamanan penumpang. Dari reclining seat di baris kedua, hingga kebutuhan akomodasi barang dengan kursi baris kedua dan ketiga yang bisa dilipat hingga rata (Flat Seat Arrangement).

Grand Livina juga unggul di sektor keamanan dengan berbagai fitur safety-nya.Fitur tersebut di antaranya adalah Zone Body Concept, Dual SRS Airbag, 7 Seatbelt, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan Brake Assist (BA).

Dengan sasis non-truck base (monocoque body), Grand Livina memiliki bobot yang ringan sehingga lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sasis tersebut juga membuat Grand Livina menjadi mobil yang nyaman untuk dikendarai di kelas MPV.

“Grand Livina mendapat sambutan baik dari keluarga Indonesia. Hingga saat ini, Grand Livina telah menerima 21 penghargaan dari berbagai media dan institusi ternama di Indonesia,” ujar Budi.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada mobil idaman, kenali dulu reputasinya. Upayakan untuk tidak terpaku hanya pada desain dan bodi mobil, tetapi utamakan juga jaminan bahwa mobil tersebut minim masalah. Gunakan hasil riset seperti di atas, misalnya, untuk membantu memilih kendaraan yang tepat bagi Anda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com