Advertorial

Lima Produk Ini Bisa Sebabkan Iritasi pada Kulit Bayi

Kompas.com - 26/05/2016, 08:30 WIB

Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Hal inilah yang menyebabkan Anda memilih produk berkualitas untuk perawatan kulit Si Kecil.

Namun, apakah Anda tahu bahwa produk bayi yang beredar di pasaran tidak semuanya akan cocok bagi kulit. Pada kulit bayi yang sensitif, iritasi kulit bahkan eksim dapat dengan cepat menyerang. Untuk itu, sebaiknya Anda memerhatikan produk-produk yang bersentuhan langsung ke kulit bayi  agar tidak menimbulkan iritasi.

Sabun
Untuk membersihkan kuman serta menghilangkan keringat pada bayi, sabun selalu digunakan saat mandi. Namun, sabun bayi yang memiliki label aman untuk bayi bisa saja mengandung formaldhehye. Zat tersebut dapat menyebabkan infeksi pada kulit, mata, dan paru-paru.

Lotion
Niat hati untuk menjaga dan merawat kelembutan kulit, tetapi justru membuatnya iritasi. Untuk itu, pilihlah lotion yang tidak mengandung pewangi. Jika Si Kecil mempunyai masalah kulit, seperti eksim, lebih baik hindari produk dengan kandungan seperti paraben dan pthtalates. Supaya lebih tepat, Anda bisa tanyakan langsung ke dokter mengenai jenis lotion yang dapat digunakan untuk Si Kecil.

Sampo
Tak hanya kulit tubuh yang dapat iritasi dikarenakan zat kimia yang terkandung dalam produk bayi, kulit kepala juga dapat iritasi, lho. Untuk itu sebelum mencuci rambut Si Kecil, periksalah kandungan pada sampo. Dilansir dari Kompas.com, riset mencurigai beberapa zat yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan yang terkandung dalam sampo, seperti phthalates, formaldhyde, dan 1,4 dioxane.

Tisu basah
Kebanyakan orang tua berpikir membersihkan dengan tisu basah merupakan cara yang praktis dan higienis. Namun, pernahkah Anda berpikir zat kimia apa saja yang terkandung di dalamnya? Kebanyakan produk tersebut mengandung alkohol dan pewangi yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Untuk menghindari pemakaiannya, lebih baik gunakan handuk kecil atau kapas yang dibasahi dengan air untuk membersihkan kulit bayi. Terutama untuk menyeka daerah wajah setelah makan dan minum, jangan sampai bahan kimia terisap oleh bayi

Tisu kering
Setelah membersihkan kotoran atau mengeringkan kulit bayi, selain handuk kecil, tisu kering juga dapat digunakan. Handuk kecil yang lembut tentu dapat mengeringkan kulit tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Lalu bagaimana dengan tisu kering? Apakah Si Kecil menggunakan tisu yang sama dengan yang Anda gunakan?

Ternyata tisu kering yang Anda gunakan untuk Si Kecil dapat membuat iritasi bahkan melukai kulit lembutnya. Coba perhatikan kembali kandungan dan kelembutan tisu Anda. Salah satu tisu kering yang tepat untuk Si Kecil adalah tisu yang aman digunakan dan terbuat dari bahan baku pilihan alami.

Tissue Paseo Baby Pure Soft merupakan tisu kering yang dapat menjadi pilihan Anda. Terbuat dari 100% serat alami, sudah teruji secara klinis oleh ISEGA-Jerman sehingga mendapatkan sertifikat food safe dan sudah bersertifikat hypoallergenic.

Oleh sebab itu, Paseo Baby Pure Soft aman digunakan untuk membersihkan mulut dan peralatan makan bayi Anda. Dengan menggunakan tisu ini, Anda dapat meminimalisir terjadinya alergi pada kulit bayi. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com