Advertorial

All New Honda Supra GTR 150, Teman Harian yang Sanggup Menjelajah dengan Nyaman

Kompas.com - 27/05/2016, 08:49 WIB

KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda Supra GTR 150 di alam terbuka, memanfaatkan lahan hijau yang asridi Cisarua, Bogor, Selasa (24/5/2016).

Konsep peluncuran yang berbeda dari biasanya ini sejalan dengan konsep sepeda motor All New Honda Supra GTR 150 yang tak hanya tangguh sebagai tunggangan perkotaan, tetapi juga dapat dinikmati dengan nyaman saat menaklukkan segala kondisi jalan layaknya para petualang sejati.

”Itulah kenapa kami sebut motor ini berkonsep Grand Touring. Ini menjadi sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat yang ingin kepraktisan sepeda motor bebek, tapi juga punya performa tangguh layaknya sepeda motor sport,” kata Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM.

All New Honda Supra GTR 150 didesain sebagai motor tangguh dan kokoh, namun tetap bertenaga dalam menaklukkan rintangan saat bertualang. Sensasi berkendara dengan model ini dapat selalu dirasakan secara nyaman pada perjalanan jarak jauh di kecepatan rendah atau tinggi.

Performa responsif didapat dari mesin generasi baru 150 cc DOHC, 6-percepatan, PGM-FI. Tenaga maksimal yang disemburkan mencapai 15,9 PS @9.000 rpm. Sementara torsi puncak 13,5 Nm didapat pada putaran mesin 6.500 rpm. Kecepatan maksimum mencapai 122 kpj.

Meski performa tinggi, sepeda motor ini juga hemat bahan bakar dan mampu menjelajah sampai 42,2 km per liter bensin, menggunakan metode pengetesan EURO3. Tes dilakukan dengan metode ECE R40.

-

Fitur terkini
Makoto Dohi, Honda R&D Southeast Co. Ltd mengatakan bahwa desain agresif sepeda motor ini diturunkan dari konsep Mass Forward Proportion yang merunduk. Desain seperti ini sedang tren dan disukai konsumen Indonesia.

”Kita akan dapat mengenalinya dari jauh meski sekilas. Ditambah dengan detail yang menggunakan banyak layer (lapisan) untuk kesan mewah,” ucap Dohi.

Honda Supra GTR 150 adalah sepeda motor pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi layered body cover yang mampu menghasilkan variasi aplikasi warna menjadi lebih beragam dan modern. Tiap lekukan terlihat futuristik, sehingga merefleksikan karakter petualangan yang kuat.

Berbagai fitur unggulan disematkan, seperti LED Headlight dengan dual layer multireflektor yang mampu memberikan pencahayaan baik. Combine digital panelmeter pada memberikan tampilan sporty dan canggih, namun tetap memberikan kemudahan informasi kecepatan maupun jarak jelajah.

Model flagship sport cub ini didesain dengan posisi berkendara yang menghadirkan kenyamanan optimal, mudah dikendalikan, dan stabil dikendarai selama berpetualang dan berkendara jarak jauh. Hal ini didapatkan dari posisi berkendara yang tegak (upright riding position) dan twin tube frameyang kuat (rigid).

Kenyamanan berkendara ini juga didukung rem cakram depan dan belakang, serta ban tubeless depan dan belakang berukuran besar. Ukuran depan 90/80-17, sementara belakang 120/70-17. Suspensi depan teleskopik, dipadu belakang lengan ayun dengan suspensi tunggal.

Nyaman Dikendarai
Hal lain yang juga menjadi keunggulan Supra GTR 150 adalah kenyamanan yang berada di atas rata-rata. AHM membuktikan kenyamanan ini dengan touring manajemen dan media yang mengambil rute Cisarua-Cipanas-Cirata-Padalarang-Bandung. Jarak yang ditempuh sekitar 120 km.

”Posisi duduk nyaman, tidak bikin cepat lelah. Torsinya besar pada rpm rendah sampai menengah. Gas sedikit saja sudah menyalak. Dipakai di medan berkelok stabil, semakin nyaman karena keluar tikungan lebih cepat karena akselerasi yang baik,” Antonius Yuliyanto, jurnalis Tabliodnasional.

AHM menghadirkan sepeda motor ini dengan dua pilihan, yakni warna sporty dan exclusive monotone. Warna sporty hadir dengan dua pilihan warna, Spartan Red dan Cruiser White, dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 21,3 juta.

Sementara warna exclusive monotone diberi penyematan emblem tiga dimensi berbentuk sayap Honda dan logo GTR. Varian ini hadir dengan warna Exclusive Grande Blue dan Exclusive Gun Black, dipasarkan dengan harga 21,5 juta on the road Jakarta. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com