Advertorial

Beberapa Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit di Luar Negeri

Kompas.com - 02/06/2016, 10:10 WIB

Sebelum bepergian ke luar negeri, baik untuk wisata ataupun perjalanan dinas, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah dana untuk membiayai makan, transportasi, tempat menginap, hingga kegiatan belanja Anda di negara tujuan.

Membawa uang tunai dalam mata uang negara tujuan selama ini memang masih jadi pilihan utama dibanding kartu kredit. Banyak orang yang masih takut menggunakan kartu kreditnya di luar negeri dengan berbagai alasan. Ada yang takut keasyikan belanja hingga tagihan membengkak, ada juga yang takut nilai tukarnya tinggi.

Padahal tidak juga. Asalkan mawas diri, membawa kartu kredit saat bepergian ke luar negeri ada untungnya juga. Kartu kredit dapat diibaratkan sebagai penolong ketika Anda kehabisan uang tunai. Daripada harus menarik tunai dari ATM atau menukarkan uang di money changer, lebih baik gunakan kartu kredit karena tidak merepotkan.

Transaksi menggunakan kartu kredit sangat praktis dan nyaman. Tinggal gesek kartu, masukkan PIN atau tanda tangan, transaksi selesai dengan cepat. Berbeda dengan uang tunai, kartu kredit juga merupakan alat pembayaran yang universal. Tidak peduli bank apa yang menerbitkannya, kartu kredit Anda yang berlogo VISA dan MasterCard dapat dipakai di negara manapun.

Selain itu, dengan membawa kartu kredit Anda dapat meminimalisir jumlah uang tunai yang dibawa. Lebih praktis dan aman. Bawa uang tunai secukupnya saja, hanya untuk berjaga-jaga jika ada sarana publik, toko, restoran atau tempat menginap yang tidak bisa dibayar menggunakan kartu kredit.

Keuntungan lain membawa kartu kredit saat bepergian ke luar negeri adalah karena bank penerbit biasanya memberikan benefit tambahan. Misalnya saja seperti cashback, potongan harga jika berbelanja di gerai tenant tertentu, atau bahkan keleluasaan mengubah transaksi di luar negeri menjadi cicilan 0%. Seperti yang ditawarkan BRI untuk pengguna kartu kreditnya.

Sampai dengan akhir bulan Juni 2016 pengguna Kartu Kredit BRI Touch, Gold Platinum, dan Infinite dapat mengubah transaksinya di luar negeri menjadi cicilan 0% dengan tenor 6 hingga 24 bulan. Sepanjang periode program, nasabah dapat mengubah transaksi menjadi cicilan dengan biaya lebih ringan yaitu 1% atau minimum Rp 150.000,-.

Namun, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Untuk mengubah transaksi menjadi cicilan 0% dengan tenor 6 dan 12 bulan, jumlah transaksi minimum harus mencapai nominal Rp 5 juta. Sementara untuk mengubah transaksi menjadi cicilan 0% dengan tenor 18 dan 24 bulan, nominalnya harus mencapai minimal Rp 15 juta.

Banyaknya keuntungan memiliki kartu kredit BRI, banyak promo di dalam negeri dan transaksi di luar negeri pun jadi mudah dan hemat.

Program ini berlaku untuk transaksi yang dilakukan selama periode 25 April – 30 Juni 2016. Tidak berlaku juga untuk transaksi berupa cash advance. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini hubungi Contact BRI di nomor hotline 14017 atau 1500017. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com