LIPSUS

BERITA

Dok humas.jabarprov.go.id -
Plh. Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kendaraan operasional kepada Komandan Brigif Para Raider 17/1 Kostrad Kolonel Infantri Elkines Villando di Markas Brigade Infantri (Mabrigif) Cijantung, Depok, Sabtu (4/6/2016).
Selasa, 7 Juni 2016
Pemprov Jabar Serahkan Hibah Kendaraan kepada Prajurit Brigif

DEPOK, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan berupa kendaraan operasional kepada Brigif Para Raider 17/1 Kostrad di Markas Brigade Infantri (Mabrigif) Cijantung, Depok, Sabtu (4/6/2016). Penyerahan bantuan itu bertepatan dengan HUT ke-50 Brigif Para Raider 17/1 Kostrad.

Kendaraan operasional tersebut berupa satu unit bus dan sepuluh sepeda motor. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Plh. Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar kepada Komandan Brigif Para Raider 17/1 Kostrad Kolonel Infantri Elkines Villando.

Deddy Mizwar mengatakan, penyerahan bantuan hibah itu dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok TNI yang dalam perkembangannya dihadapkan pada tantangan semakin kompleks, termasuk di dalamnya mendukung kelengkapan alutsista.

"Ini sebagai wujud kebanggaan kami atas peran dan kiprah TNI sekaligus dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan tugasnya," kata Deddy.

Penyerahan hibah kendaraan operasional yang juga disaksikan langsung oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono beserta Istri ini, juga diharapkan berkontribusi dalam mendukung program-program pembangunan dari Pemprov Jabar.

"Semoga Brigif Para Raiders 17/1 Kostrad ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik terutama mengawal pembangunan di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia," harapnya.

Selain itu, lanjut Deddy, penyerahan hibah itu juga diharapkan menjadi momentum membangun sinergi antara TNI dengan pemerintah daerah dalam upaya membangun kebersamaan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam kehidupan bernegara, kata Deddy, institusi pertahanan memegang peranan dan fungsi yang sangat strategis, utamanya sebagai penjamin kedaulatan hidup bernegara. Oleh karena itu melalui momentum HUT ke-50 Brigif ini TNI diharapkan semakin mengorbankan semangat pengabdian dan jiwa patriotismenya dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

"Dengan momentum HUT ini semoga Brigif Para Raider 17/1 Kostrad tetap jaya dalam mengawal keutuhan dan kedaulatan NKRI serta mengisi pembangunan daerah, bangsa dan negara," kata Deddy.

Jawa Barat merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara. Oleh sebab itu, Jabar berkontribusi dalam penyedia air baku, bahan pangan, dan penyedia lahan dan infrastuktur pendukung.

Jabar juga menjadi pusat kegiatan industri manufaktur dan strategis nasional. Dengan kondisi alam yang berada di wilayah pegunungan, Jabar memiliki taman nasional, margasatwa, dan cagar alam.

Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 45.340.800 jiwa yang tersebar di berbagai wilayah, menjadikan budaya dan bahasa yang ada di Jabar menjadi beragam.