LIPSUS

BERITA

Dok humas.jabarprov.go.id -
Asda II Pemprov Jabar Deny Juanda Puramidaja saat studi banding rombongan Pemprov Jabar ke Museum Asmaul Husna, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2016)
Rabu, 8 Juni 2016
Pemprov Jabar Akan Bangun Museum Nabi Muhammad

MADINAH, KOMPAS.com - Museum Nabi Muhammad akan direplikasi di lantai dasar masjid Provinsi Jawa Barat. Dengan konsep terapung, museum itu rencananya segera dibangun di Gedebage, Bandung.

Demikian dikatakan Asda II Pemprov Jabar Deny Juanda Puramidaja saat studi banding rombongan Pemprov Jabar ke Museum Asmaul Husna, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2016) siang waktu setempat. Selain mengunjungi museum tersebut, rombongan juga akan datang ke Museum Nabi Muhammad di Mekkah.

"Tujuan berkunjung ke museum di Madinah dan Mekah adalah melakukan studi rinci tentang latar belakang, makna, dan pilihan strategi perwujudan museum sehingga tercipta proses pembelajaran bagi masyarakat dunia untuk lebih mengagumi kekuasaan Allah SWT," katanya di Museum Asmaul Husna.

Selain Deny, turut dalam rombongan adalah arsitek dan dosen ITB, Baskoro Tedjo, serta Bayu Wahyudin (alumni ITB dari Tim Perencanaan Mesjid Terapung Gede Bage). Mereka diterima Husna Mufassir, Pembimbing Museum Asmaul yang juga mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah.

Dia menjelaskan bahwa kelak bagian lantai atas masjid akan digunakan sebagai tempat beribadah, sedangkan lantai dasar untuk berbagai keperluan umat, termasuk museum tadi. Masjid dirancang berukuran 99 x 99 meter dengan dua lantai dan bisa dipakai untuk 30-50 ribu jamaah. Masjid itu sendiri dibangun di lahan seluas 21 hektar.

"Studi museum juga menjadi inspirasi dan rujukan dalam menyusun kerangka acuan kerja serta belajar model pemanfaatan museum sebagai tempat belajar sehingga terjadi peningkatan kualitas keimanan multi level generasi penerus," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dalam sejumlah kesempatan mengatakan pembangunan masjid terapung di atas danau buatan di Gedebage, Kota Bandung, ditargetkan dimulai bersamaan dengan hari jadi Provinsi Jawa Barat.

"Mudah-mudahan 19 Agustus,” katanya.

Aher mengatakan sudah memilihkan nama untuk masjid tersebut, yakni Al-Jabbar. Menurut dia, nama itu sengaja dipilih karena mirip dengan singkatan “Jawa Barat”, juga ilmu matematika "aljabar".

Adapun desain arsitektur masjid terapung itu dipilihkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan menggunakan rumus matematika. Akan ada sejumlah fasilitas di dalamnya, termasuk museum merujuk di Mekkah dan Madinah tadi.

Pemerintah provinsi sedianya membiayai pembebasan lahan dan pembangunan fisik masjid yang dirancang bangun dalam dua tahun ini.

"Total (anggarannya) sekitar Rp 500 miliar," ujar Aher.

Jawa Barat merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara. Oleh sebab itu, Jabar berkontribusi dalam penyedia air baku, bahan pangan, dan penyedia lahan dan infrastuktur pendukung.

Jabar juga menjadi pusat kegiatan industri manufaktur dan strategis nasional. Dengan kondisi alam yang berada di wilayah pegunungan, Jabar memiliki taman nasional, margasatwa, dan cagar alam.

Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 45.340.800 jiwa yang tersebar di berbagai wilayah, menjadikan budaya dan bahasa yang ada di Jabar menjadi beragam.