Akreditasi A Dicapai oleh 7 Program Studi Universitas Esa Unggul

Kompas.com - 10/06/2016, 08:16 WIB

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi telah berkiprah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan berkualitas serta memiliki ilmu, keterampilan, dan keahlian. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional, karena perannya yang signifikan dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang kehidupan: sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Penerimaan mahasiswa baru (input), merupakan tahap awal yang sangat penting dalam pembangunan pendidikan tinggi yang berkualitas, bermuara pada peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia dan mampu bersaing di era global.

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma menjelaskan, era global ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan industri, kompetisi yang ofensif dalam semua aspek kehidupan ekonomi, serta perubahan kebutuhan yang cepat didorong oleh kemajuan ICT. Untuk itu diperlukan SDM yang berkualitas. Peningkatan taraf pendidikan merupakan salah satu kunci utama mencapai tujuan negara yakni bukan saja mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga menciptakan kesejahteraan umum dan melaksanakan ketertiban dunia.

"Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial. Melalui pendidikan akan menciptakan masyarakat terpelajar yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera," jelas Arief Kusuma.

Proses pembelajaran yang berkualitas dengan keluaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan masyarakat merupakan faktor penting untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif. Kualitas ini tidak dapat hanya dari capaian nilai dan persentase keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Sistem penjaminan mutu merupakan aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mendorong penguatan proses pembelajaran akademis di perguruan tinggi.

Kualitas Universitas ditunjukkan dengan nilai Akreditasi yang merupakan penilaian resmi yang dilakukan oleh instansi pemerintah di Indonesia, yaitu Badan Akreditasi Nasional, untuk memantau dan mengevaluasi kualitas pendidikan pada semua program studi di seluruh Universitas. Hasil akreditasi ditandai dengan nilai A, B, C dan D (unaccredited) dan berlaku selama 5 tahun. Dr. Ir. Arief Kusuma AP, MBA selaku Rektor Universitas Esa Unggul mengatakan “Untuk mencapai itu, perlu komitmen yang kuat dari semua pihak di kampus termasuk kurikulum, fasilitas, proses belajar, lulusan, dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi telah berkiprah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki ilmu, keterampilan, dan keahlian di bidangnya. Selain itu, Universitas Esa Unggul telah mencapai ISO 9001: 2008 / IWA-2”.

Penilaian akreditasi program studi didasarkan pada 7 (tujuh) standar antara lain adalah:

  1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, dan strategi pencapaian.

  2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjamin mutu dari Badan Akreditasi Nasional.

  3. Mahasiswa dan lulusan, dilihat dari kuesioner yang diisi oleh lulusan, indeks prestasi dan perekrutan siswa.

  4. Sumber Daya Manusia seperti: rasio jumlah dosen, kualifikasi dosen dan pengembangan dosen.

  5. Kurikulum, proses pembelajaran, dan suasana akademik.

  6. Pendanaan, fasilitas, dan sistem informasi.

  7. Penelitian (jurnal dan tulisan-tulisan ilmiah), pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Universitas Esa Unggul telah berhasil memperoleh 7 (tujuh) Program Studi yang terakreditasi "A" yaitu: 1). S1 Manajemen, 2). S1 Akuntansi, 3). S1 Desain Produk, 4). Akademi Rekam Medis, 5). S1 Teknik Informatika, 6). S1 Komunikasi, dan 7). S1 Hukum. Program studi yang lainnya yaitu, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Sistem Informasi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Gizi, S1 Keperawatan, DIV Manajemen Informasi Kesehatan, dan S1 Psikologi, terakreditasi "B". Selain itu, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Administrasi Publik dan Magister Hukum juga memiliki akreditasi "B". Semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, jelas dalam memilih Perguruan Tinggi para calon mahasiswa perlu mengetahui kampus yang memiliki kredibilitas baik, Universitas Esa Unggul bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. (Detail Program lihat di www.esaunggul.ac.id).

Universitas Esa Unggul dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, namun juga menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Universitas Esa Unggul mengembangkan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik institusi nasional maupun internasional dengan universitas dan program studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum, dan mutu lulusan, sehingga memiliki keterampilan dan kompetensi terbaik sesuai dengan bidangnya. Universitas Esa Unggul juga membuka peluang besar dalam pemberian beasiswa kepada siswa yang berprestasi dari seluruh Indonesia. (adv)

Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, Indonesia 11510
http://www.esaunggul.ac.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com