Advertorial

Sahur Tepat, Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Kompas.com - 15/06/2016, 16:34 WIB

Sebagian orang berpotensi mengalami dehidrasi saat berpuasa. Itu wajar saja, pasalnya orang yang berpuasa tidak mendapat asupan cairan selama sekitar 13 jam.

Dehidrasi bisa menyebabkan haus, cepat lelah, sakit kepala dan sulit berpikir. Tentunya risiko ini dapat dicegah, salah satunya dengan sahur.

Saat sahur, cairan tubuh akan terisi penuh. Sedangkan selama berpuasa, yakni sekitar pukul 04.00 sampai 18.00, tubuh terus beraktivitas padahal tak ada asupan cairan yang masuk ke tubuh. Akibatnya, cairan tubuh akan terus berkurang selama jam puasa. Oleh karena itu sahur tak boleh dilewatkan  karena ini adalah satu-satunya kesempatan untuk memberikan cadangan hidrasi selama Anda berpuasa.

Saat sahur, konsumsi makanan berkarbohidrat dan berserat sebagai asupan energi selama puasa.  Yang paling penting, minum dengan cukup. Hindari minuman yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi, karena dapat lebih cepat mengeluarkan cairan dan menimbulkan rasa haus. Pilihlah minuman yang mengandung ION seperti Pocari Sweat.

Mengapa harus ION? Karena ION mampu mengikat cairan tubuh lebih lama sehingga Anda tidak cepat merasa haus. Terlebih, komposisi ION dalam Pocari Sweat mirip dengan cairan tubuh, cepat diserap dan bertahan lebih lama sehingga Anda tidak mudah merasa haus dan mencegah dehidrasi saat beraktifitas selama berpuasa.

Puasa  bila dilakukan dengan tertib dan benar, akan menyehatkan tubuh dan mengistirahatkan kerja saluran pencernaan.  Demi puasa yang lancar dan terhindar dari dehidrasi, jangan lewatkan waktu sahur Anda. Yang terpenting, beri tubuh Anda asupan cairan yang cukup dengan Pocari Sweat, karena ION saat sahur jaga harimu. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com