Advertorial

Masih Ragu Mudik Pakai Pesawat? Ini 7 Alasan Anda Akan Senang Melakukannya

Kompas.com - 17/06/2016, 18:33 WIB

Kereta api dan bus merupakan transportasi publik paling populer saat musim mudik tiba. Orang berbondong-bondong menyerbu dua jenis transportasi massal tersebut untuk pulang kampung tiap Lebaran. Umumnya, mereka memilih kereta api dan bus karena tarif yang murah.

Berdasarkan data dari Traveloka selaku online travel agent (OTA) terbesar di Indonesia, ternyata pesawat terbang semakin diminati para pemudik. Sejak 2010, burung besi ini mengalami peningkatan penumpang tiap musim mudik.

Mengingat waktu mudik sudah dekat, artikel ini hendak memberikan pencerahan bagi Anda yang masih bingung mau mudik naik apa. Tujuh alasan berikut menunjukkan keuntungan pesawat terbang sebagai transportasi yang bisa Anda andalkan pada mudik tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

1.     Cepat sampai!

Alasan utama orang lebih memilih pesawat terbang saat mudik adalah durasi perjalanan yang singkat. Rata-rata pemudik yang memilih naik pesawat mengaku rela mengeluarkan biaya lebih untuk tiket, asalkan bisa cepat sampai di kampung halaman. Untuk mudik dari Jakarta ke Balikpapan, misalnya, Anda hanya perlu duduk tenang dalam pesawat selama sekitar dua jam. Sementara jika menempuh perjalanan darat bisa menghabiskan beberapa hari.

2.     Risiko jauh lebih kecil dari moda transportasi lain

Jika Anda sering menyimak berita selama musim mudik, pasti Anda tahu betapa melonjaknya tingkat kecelakaan mobil, motor, dan bus. Hal ini bisa Anda hindari dengan cara naik pesawat. Tidak ada lagi kelebihan muatan seperti saat mudik naik motor. Anda juga tidak harus gelisah sepanjang perjalanan akibat supir yang ugal-ugalan menyalip kendaraan lain demi cepat tiba di tempat tujuan. Satu lagi, Anda tak perlu khawatir dompet atau ponsel dirampas seperti saat berdesakan di bus atau kereta api.

3.     Lebih nyaman ketimbang naik kereta api

Bayangkan betapa penuhnya kereta api saat mudik. Terutama saat antre beli atau cetak tiket, juga ketika para penumpang berebut masuk dan keluar kereta. Kondisi semacam ini tak akan Anda temui jika naik pesawat terbang. Ruangan ber-AC, tempat duduk nyaman dengan jumlah penumpang yang tidak akan melebihi kapasitas, serta mendapatkan pelayanan prima dari awak kabin yang profesional. Tiga hal tersebut rasanya sudah cukup menggambarkan betapa melegakannya mudik dengan pesawat.

4.     Lebih aman

Keamanan barang bawaan Anda saat mudik lebih terjamin jika naik pesawat. Tiap barang bawaan penumpang mesti melewati proses pengecekan yang sangat ketat. Maka, Anda tak perlu khawatir soal kemungkinan adanya barang-barang berbahaya dalam bawaan penumpang lain yang dapat mengancam keselamatan perjalanan. Selain itu, Anda tidak perlu takut barang bawaan hilang karena setiap maskapai memiliki ketentuan perlindungan konsumen, mencakup bagasi hilang.

5.     Anti macet

Naik pesawat untuk mudik memastikan Anda terhindar dari macet. Paling-paling macet yang menghalangi hanya saat perjalanan dari dan ke bandara. Ketika sudah di dalam pesawat, Anda tidak perlu terjebak dalam kemacetan yang kerap diwarnai oleh bising klakson, udara gerah, dan asap knalpot kendaraan bermotor. Pesawat terbang juga tidak akan terhalang oleh penutupan atau pengalihan jalur mudik. Naik pesawat terbang juga bikin Anda terbebas dari stres berkepanjangan akibat mengantre naik kapal laut untuk menyeberang pulau. Satu lagi, Anda tidak perlu ikut bosan akibat mengantre pengisian bahan bakar, tentu karena pesawat terbang hanya melakukan pengisian bahan bakar saat di bandara.

6.     Booking tiketnya bisa dari jauh-jauh hari

Umumnya, penjualan tiket kereta api atau bus untuk mudik baru dibuka menjelang musim mudik, biasanya H-20 Lebaran. Sementara itu, Anda sudah bisa memesan tiket pesawat terbang untuk mudik, bahkan sejak setahun sebelumnya. Yang lebih menyenangkan lagi, Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dengan memesan dari jauh-jauh hari.

7.     Maskapai sering mengadakan promo

Banyak maskapai yang memberikan promo Lebaran. Promo tersebut bahkan tak hanya hadir dari maskapai bujet, tetapi juga dari maskapai kelas premium seperti Garuda Indonesia dan juga promo yang diadakan oleh Traveloka. Pada tahun ini, Traveloka memberi banyak sekali promo tiket mudik promo tiket mudik, sebaiknya jangan lewatkan promo-promo ini! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com