Advertorial

Perhatikan Hal-hal Penting Ini Saat Survei Rumah!

Kompas.com - 21/06/2016, 08:00 WIB

Mencari sebuah rumah untuk dihuni dalam jangka waktu yang panjang memang tidak mudah. Tidak sedikit orang yang menyesal ketika sudah membeli rumah.

Penyesalan tersebut dikarenakan banyak faktor, mungkin saja pembeli baru tidak tahu apabila sistem drainase rumah yang dibelinya tidak baik dan menyebabkan banjir di kala musim hujan datang.

Atau ada juga yang rugi karena merasa ditipu oleh penjual. Hal tersebut disebabkan oleh bangunan yang ada ternyata memerlukan renovasi besar-besaran.  

Tentu hal-hal tersebut tak akan terjadi jika Anda melakukan survei terlebih dahulu. Namun, tak hanya sekadar survei, terkadang beberapa orang kurang memerhatikan beberapa hal yang harus diketahui lebih dalam saat melakukan survei.

Survei sangat penting dilakukan, apalagi ketika Anda ingin membeli rumah bekas atau lama. Biasanya para penjual tidak akan menyebutkan kekurangan yang dimiliki rumah karena takut para pembeli akan menawar serendah-rendahnya.

Survei juga berlaku untuk rumah baru. Selain memastikan struktur rumah hingga penyelesaian tahap akhir dari developer, Anda juga harus memeriksa kebersihan rumah, cat, dan lantai keramik.

Nah, lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam survei rumah? Dilansir dari Lifull Rumah, Anda harus memerhatikan lokasi, kondisi, dan perbandingan saat melakukan survei.

Saat melakukan survei rumah, lokasi rumah harus sangat diperhatikan. Apakah berada di pusat atau pinggir kota? Lalu, pastikan juga akses transportasi dan kondisi aspal yang menuju rumah tersebut.

Selain itu, keamanan, banjir, dan perencanaan pembangunan oleh pemerintah daerah setempat, juga patut Anda perhatikan. Tak ingin kan jika membeli rumah di tanah yang berada di jalur perencanaan pemerintah, seperti tol, jalur kereta api, dan lainnya.

Setelah melakukan survei lokasi, selanjutnya Anda dapat mengecek kondisi rumah. Pertama periksa kondisi dasar bangunan apakah terdapat retakan dinding yang disebabkan pondasi yang buruk. Atap rumah juga perlu disurvei dengan seksama, apakah struktur atap masih bagus atau justru sudah rapuh.

Pengecekan kebersihan dan kelancaran air, serta pencahayaan juga harus dilakukan dengan teliti. Apabila Anda menyukai sinar matahari pagi, maka rumah yang menghadap timur akan mendapatkan pencahayaan yang baik saat pagi hari.

Perhatikan juga denah rumah tersebut, apakah sudah cocok dengan keluarga Anda atau belum.  Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari dan harus melakukan renovasi yang cukup besar untuk memperbaikinya kembali.

Dan langkah terakhir saat melakukan survei rumah adalah perbandingan. Maksud dari perbandingan adalah mintalah saran kepada keluarga dan teman terhadap rumah atau properti yang akan dibeli. Berikan informasi dengan detail agar mereka dapat memberi pandangan atau saran secara objektif. Tampung seluruh saran yang Anda dapatkan, sehingga dapat membantu Anda untuk memutuskan mana rumah yang terbaik.

Sebelum melakukan survei langsung ke rumah yang akan dibeli, lebih baik Anda melakukan survei menggunakan situs pencarian properti di Indonesia terlebih dahulu. Salah satunya, Anda dapat melakukan pencarian di Lifull.ID.

Situs yang menjadi bagian dari Home’s ini, merupakan situs jual beli properti nomor satu di Jepang. Di Lifull.ID Anda dapat mencari dan menemukan properti idaman didukung oleh fitur pencarian yang canggih dan mudah digunakan.

Terdapat juga penawaran properti mulai dari rumah dijual sampai penyewaan apartemen dan indekos. Properti dapat dicari berdasarkan daerah, jalur transportasi, universitas terdekat, serta menggunakan kriteria yang populer oleh masyarakat di Indonesia.

Saat ini Lifull.ID juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 545 pengembang perumahan baru di Indonesia. Dengan fitur pencarian perumahan terbaru, Anda dapat menemukan rumah-rumah terbaru secara mudah.

Nah, jika sudah mencari tipe rumah sesuai kriteria di Lifull.ID, Anda tinggal survei langsung. Jangan lupa untuk perhatikan lokasi, kondisi, dan melakukan perbandingan untuk menemukan rumah idaman tanpa merasa rugi. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com