Advertorial

Melindungi Diri dari Risiko Kecelakaan Saat Mudik

Kompas.com - 21/06/2016, 17:00 WIB

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan menjelang hari raya Lebaran. Sejatinya mudik menjadi momen yang menyenangkan. Sayangnya momen ini kerap kali memakan korban jiwa. Setiap tahun terjadi kecelakaan saat arus mudik dan arus balik tiba.

Selama musim mudik Lebaran tahun 2015 terdapat 3.049 kasus kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah kecelakaan tersebut, jumlah korban meninggal mencapai 657 orang. Selain itu, terdapat 1.068 penderita luka berat dan 3.922 penderita luka ringan.

Kecelakaan dapat terjadi karena berbagai faktor. Pertama, kelelahan atau kantuk. Pemudik harus mengemudi selama berjam-jam pada lalu lintas yang padat. Bila pengemudi melupakan istirahat, tubuh menjadi cepat lelah. Akibatnya, konsentrasi berkurang dan risiko kecelakaan dapat terjadi.

Kedua, kondisi kendaraan. Pemudik wajib mengecek dengan teliti komponen kendaraannya, seperti mesin, radiator, oli, rem, busi, sampai lampu kendaraan. Jika pemudik merasa ada gangguan pada kendaraannya pada saat perjalanan mudik, jangan sepelekan. Pemudik wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel terdekat.

Satu faktor lagi yang tak kalah penting, yakni barang bawaan. Jika beban barang bawaan terlalu berat, maka ini berisiko membuat laju kendaraan tidak stabil.

Ribuan orang yang menjadi korban itu tentu tidak pernah menduga kecelakaan menimpanya. Itu sebabnya, siapapun wajib mengantisipasi dan mempersiapkan perlindungan diri dari kecelakaan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari risiko kecelakaan saat mudik. Selain menjaga kesehatan fisik dan memeriksa kondisi kendaraan, pemudik dapat menggunakan produk asuransi.

Untuk melindungi Anda dari risiko kecelakaan saat mudik, Commonwealth Life menyediakan COMM Instant Protection (COMMIT), yakni program perlindungan kecelakaan diri selama 24 jam sehari, dan di mana pun Anda berada.

COMMIT memberikan santunan untuk penerima manfaat yang meninggal dunia akibat korban kecelakaan, serta santunan biaya pengobatan akibat kecelakan. Produk asuransi ini memberi perlindungan terhadap kecelakaan secara instan, dengan premi yang terjangkau, prosedur yang sederhana, dan proses pendaftaran yang tak rumit.

Peserta asuransi COMMIT akan memperoleh kartu kepesertaan (voucher). Untuk melakukan aktivasi polis, Anda dapat menggosok panel di kanan atas kartu kepesertaan.

Selanjutnya, ketik SMS: CIP<spasi>nomor polis#nama sesuai KTP#tanggal lahir(tanggal, hari, tahun) lalu kirim ke 0812-8600-8600. Setelah SMS terkirim, Anda akan menerima SMS konfirmasi dari Commonwealth Life.

Simpan SMS, voucher COMMIT, dan ketentuan polis yang  terdapat dalam kemasan sebagai bukti kepesertaan.Dengan premi sebesar Rp 10.000, masa perlindungan COMMIT berlaku selama 30 hari dan dapat terus diperpanjang.

Apabila terjadi klaim, maka tertanggung atau penerima manfaat wajib memberitahukan secara tertulis kepada Commonwealth Life dengan melampirkan seluruh dokumen yang diperlukan. Anda dapat mengetahui status COMMIT yang berlaku dengan mengirim SMS dengan format CIP<spasi>status#nomor polis ke 0812-8600-8600.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pendaftaran kepesertaan serta ketentuan polis COMMIT dengan menghubungi CommCenter 1-500 525 atau kunjungi www.commlife.co.id.

Untuk mendapatkan COMMIT Anda dapat mengunjungi booth Commonwealth Life di Summarecon Mall Bekasi (Ground Floor) yang hadir mulai tanggal 24–26 Juni 2016.

Siapapun mendambakan mudik yang aman serta menyenangkan dan tak menginginkan risiko kecelakaan terjadi padanya. Oleh karena itu, siapkan perlindungan yang tepat dari risiko kecelakaan dengan menjaga kesehatan fisik dan kondisi kendaraan serta memilih asuransi yang tepat. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com