7 Program Studi Universitas Esa Unggul Raih Akreditasi A

Kompas.com - 23/06/2016, 14:54 WIB

Universitas Esa unggul telah berkiprah selama kurang lebih 30 tahun dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki ilmu, keterampilan, dan keahlian. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional, karena perannya yang signifikan dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang kehidupan, yaitu sosial, ekonomi, politik, dan budaya.

Penerimaan mahasiswa baru (input), merupakan tahap awal yang sangat penting dalam pembangunan pendidikan tinggi yang berkualitas, bermuara pada peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) di Indonesia yang mampu bersaing di era globalisasi, serta menopang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Arief Kusuma AP, MBA menjelaskan, era globalisasi ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan industri, kompetisi yang ofensif dalam semua aspek kehidupan ekonomi, serta perubahan kebutuhan secara cepat yang didorong oleh kemajuan Information and Communication Technologies (ICT). Untuk itu, diperlukan SDM berkualitas. Peningkatan taraf pendidikan merupakan salah satu kunci utama mencapai tujuan negara. Tujuannya tak hanya sekadar mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga menciptakan kesejahteraan umum, dan melaksanakan ketertiban dunia.

"Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial. Melalui pendidikan, akan tercipta masyarakat terpelajar yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera," jelas Arief.

Proses pembelajaran yang berkualitas dengan keluaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan masyarakat merupakan faktor penting untuk menghasilkan lulusan unggul dan kompetitif. Kualitas ini tidak hanya didapat dari capaian nilai dan persentase keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Sistem penjaminan mutu merupakan aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mendorong penguatan proses pembelajaran akademis di perguruan tinggi.

Salah satu aspek penting dari kualitas perguruan tinggi ditandai dengan nilai akreditasi yang merupakan hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai salah satu instansi pemerintah Indonesia, terhadap kualitas pendidikan, dan pengajaran pada suatu program studi di perguruan tinggi. Seperti yang telah ditetapkan BAN-PT, penilaian tertinggi adalah terakreditasi A.

Kekuatan dari Tridharma Perguruan Tinggi tercermin pada penilaian akreditasi program studi. Sejak 1994, Universitas Esa Unggul telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari tiga pilar dasar, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Esa Unggul sendiri memiliki tujuh program studi yang berhasil memperoleh akreditasi A.

Kualitas p erguruan t inggi ditunjukkan melalui nilai a kreditasi yang merupakan penilaian resmi dari BAN-PT untuk memantau dan mengevaluasi kualitas pendidikan pada semua program studi di seluruh u niversitas. Hasil akreditasi ditandai dengan nilai A, B, C, dan D (unaccredited) yang berlaku selama lima tahun.

Arief mengatakan, “Untuk mencapai itu, perlu komitmen yang kuat dari semua pihak di kampus termasuk kurikulum, fasilitas, proses belajar, lulusan, dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi telah berkiprah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki ilmu, ketrampilan, dan keahlian di bidangnya. Selain itu, Universitas Esa Unggul telah memperoleh ISO 9001: 2008 / IWA-2.

Penilaian akreditasi program studi didasarkan pada tujuh standar, yaitu :

  1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, dan strategi pencapaian.

  2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjamin mutu dari Badan Akreditasi Nasional.

  3. Mahasiswa dan lulusan, dilihat dari kuesioner yang diisi oleh lulusan, indeks prestasi dan perekrutan siswa.

  4. Sumber Daya Manusia seperti: rasio jumlah dosen, kualifikasi dosen dan pengembangan dosen.

  5. Kurikulum, proses pembelajaran, dan suasana akademik.

  6. Pendanaan, fasilitas, dan sistem informasi.

  7. Penelitian (jurnal dan tulisan-tulisan ilmiah), pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Universitas Esa Unggul telah berhasil memperoleh 7 (tujuh) Program Studi yang terakreditasi A, yaitu:

  1. S1 Manajemen

  2. S1 Akuntansi

  3. S1 Desain Produk

  4. Akademi Rekam Medis

  5. S1 Teknik Informatika

  6. S1 Komunikasi

  7. S1 Hukum.

Tersedia juga p rogram studi lainnya yang terakreditasi B, seperti S1 Teknik Industri, S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Sistem Informasi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Gizi, S1 Keperawatan, DIV Manajemen Informasi Kesehatan, S1 Psikologi, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Administrasi Publik, dan Magister Hukum.

Semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, para calon mahasiswa perlu mengetahui kampus yang memiliki kredibilitas baikdalam memilih p erguruan t inggi. Universitas Esa Unggul bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Universitas Esa Unggul dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, tetapi juga lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Universitas Esa Unggul mengembangkan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik institusi nasional maupun internasional.

Universitas dan program studi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum, dan mutu lulusan, sehingga memiliki keterampilan dan kompetensi terbaik sesuai bidangnya. Universitas Esa Unggul juga membuka peluang besar dalam pemberian beasiswa kepada siswa yang berprestasi dari seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui informasi dan detail program lebih lanjut, silakan kunjungi www.esaunggul.ac.id. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com