Advertorial

Hati-Hati, Kandungan Ini Sering Picu Alergi dan Iritasi Pada Bayi

Kompas.com - 24/06/2016, 08:00 WIB

Begitu banyak produk bayi yang tersedia di pasaran. Kemasannya lucu-lucu dan iklannya pun begitu menggugah para ibu untuk membeli. Tapi belum tentu semuanya aman. Bisa jadi setelah digunakan ternyata kulit si kecil jadi iritasi.

Ada beberapa bahan yang rentan membuat kulit bayi iritasi dan ternyata masih ada produk bayi yang memiliki kandungan bahan-bahan tersebut meski sudah berlabel aman dan alami. Apa saja?

1. Parfum

Para ibu mungkin suka jika bayinya harum sepanjang hari. Tapi tidak menyadari bahwa parfum pada produk bayi terbuat dari bahan kimia yang selain dapat menyebabkan kulit iritasi juga memicu asthma dan gangguan pernafasan.

2. Paraben

Hindari semua produk bayi yang memiliki kandungan dengan akhiran kata paraben. Kandungan ini berfungsi sebagai pengawet, terutama pada produk bayi yang mengandung cairan. Kandungan ini berbahaya dan bersifat karsinogenik (memicu kanker). Efek paraben pada bayi dalam jangka pendek mungkin hanya sebatas iritasi pada kulit. Tapi pada saat dewasa si kecil bisa saja mengalami gangguan hormon dan masalah kesehatan lain.

3. Mineral Oil

Mineral oil adalah hasil olahan minyak bumi. Kandungan ini dapat menyebabkan pori-pori bayi tersumbat. Jika ingin melindungi kulit bayi dan melembabkannya, lebih baik gunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak dari olahan kacang almond saja.

4. Propylene glycol

Kandungan yang satu ini biasanya terdapat pada tisu basah. Kandungan ini sangat rentan memicu iritasi dan reaksi alergi pada kulit bayi. Ada beberapa bayi yang terlalu sensitif terhadap propylene gliycol dan akan merasakan sensasi terbakar pada kulitnya jika menggunakan produk  dengan kandungan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya dihindari.

5. 1,4 – dioxane

Hindari semua produk dengan kandungan 1,4-dioxane karena kandungan ini adalah biang keladi dari iritasi pada kulit, mata dan saluran pernafasan bayi. Selain itu hindari juga produk-produk mengandung ethylene, polyethylene, polyethylene glycol, sodium laureth sulfate, ceteareth, oleth, kandungan berakhiran oxynol atau xynol, dan PEG. Semua produk bayi dengan kandungan tersebut melepaskan toksin yang berbahaya.

Semua bahan-bahan tersebut terdapat di hampir semua jenis produk bayi. Karena ibu masa kini harus lebih cerdas saat memilih produk untuk bayinya. Selain selalu memilih produk yang dikhususkan untuk bayi, teliti dulu kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Bahkan ketika membeli produk sesepele tisu.

Khusus untuk tisu, pilihlah yang memiliki permukaan super lembut, terbuat dari bahan baku alami dan diproses secara higienis. Sebagai pilihan ada tisu khusus bayi Paseo Baby Pure Soft. Tisu ini dibuat dari 100% serat alami. Tisu ini telah mendapat sertifikasi Food Safe dari badan independen ISEGA – Jerman dan FDA. Selain itu juga teruji hypoallergenic.

Paseo Baby Pure Soft tidak memiliki kandungan bahan-bahan berbahaya di atas sehingga sangat aman digunakan untuk menyeka kulit bayi yang masih sensitif atau membersihkan alat makannya. Tisu ini bahkan aman digunakan oleh ibu untuk menyeka dan membersihkan mulut bayi. Tisu tidak mudak sobek karena terdiri dari tiga lapis, namun juga tiga kali lebih lembut.

Paseo Baby Pure Soft tersedia dalam kemasan isi 130 lembar dan kemasan praktis isi 50 lembar yang praktis dibawa saat bepergian. Selalu bawa Paseo Baby Pure Soft untuk bayi Anda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com