Advertorial

Tips Mudik Lebih Aman dan Nyaman dengan IndiHome View

Kompas.com - 27/06/2016, 09:02 WIB

Tradisi penting dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia adalah melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman, mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Agar mudik menjadi lebih aman dan nyaman, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Salah satunya adalah memastikan keamanan rumah saat ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama saat kita mudik.

Apa saja tips aman dan nyaman meninggalkan rumah saat mudik lebaran? Pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa rumah dalam keadaan terkunci dengan baik. Kedua, cabut perangkat elektronik yang tidak diperlukan dari koneksi listrik dan cabut selang regulator dari tabung gas untuk minimalisasi risiko terjadinya kebakaran. Kemudian bisa diikuti juga dengan menutup keran utama saluran air bersih untuk menghindari risiko terjadinya kebocoran. Terakhir yang tidak kalah pentingnya, adalah memastikan rumah tetap dalam keadaan terpantau. Masalahnya adalah tidak mudah mencari orang yang bisa memantau rumah dengan baik selama 24 jam penuh, apalagi pada saat lebaran banyak sekali yang mudik di lingkungan tempat tinggal kita. Untuk menyikapinya, pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting. Bagi pelanggan IndiHome, hal ini bukan menjadi masalah lagi dengan adanya layanan IndiHome View.

IndiHome View (http://www.indihome.co.id/indi-home-view) adalah layanan kamera pemantau (surveillance camera) atau dulunya istilah yang populer di masyarakat adalah CCTV (Closed Circuit Television). Istimewanya, kamera pemantau pada IndiHome View terhubung ke internet, sehingga pelanggan IndiHome tetap dapat memantau kondisi rumahnya secara real-time, dimana-pun pelanggan berada. Kamera jenis ini sering disebut dengan istilah IP Camera. Pelanggan dapat menggunakan ponsel pintarnya untuk tetap memantau rumah dan bahkan juga mengendalikan kamera pemantau di rumah. Caranya cukup dengan mengunduh dan meng-install aplikasi di ponsel atau tablet. Aplikasi tersebut tersedia untuk perangkat berbasis Android maupun iOS.

Demi mudik yang aman dan nyaman, khusus bagi pelanggan IndiHome, telah disediakan IP Camera dengan harga yang hemat. Hanya dengan Rp 600.000,- pelanggan IndiHome sudah mendapat IP Camera yang dilengkapi dengan fitur night visibility, slot micro SD untuk merekam video, snapshot, two-way audio, remote warning dan pengendalian kamera jarak jauh khususnya untuk memutar arah kamera.

Fitur night visibility yang dimaksud adalah IP camera tersebut tetap dapat menangkap gambar walaupun dalam kondisi lingkungan yang gelap karena dilengkapi dengan infra merah. Fitur snapshot digunakan untuk mengambil gambar atau foto melalui kamera tersebut. Fungsi dari fitur two-way audio adalah selain memantau dan merekam suara di sekitar kamera, juga memungkinkan pelanggan untuk berbicara melalui kamera tersebut, memanfaatkan audio system yang terhubung dengan internet melalui aplikasi pada ponsel atau tablet pelanggan. Melalui microphone pada ponsel atau tablet, suara pelanggan akan terdengar melalui speaker yang ada di kamera. Sedangkan fitur remote warning memungkinkan IP camera secara otomatis mengirimkan e-mail kepada pelanggan apabila terdeteksi gerakan, karena kamera dilengkapi dengan sensor gerakan. Melalui aplikasi tersebut, pelanggan juga dapat menggerakkan atau memutar arah kamera sesuai dengan kebutuhan, baik secara horizontal maupun vertikal. Menggerakkan kamera ini bisa dilakukan secara remote dari ponsel pintar.

IP camera IndiHome View juga dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi untuk memudahkan koneksi ke akses internet IndiHome. Koneksi Wi-Fi juga akan meningkatkan fleksibilitas penempatan kamera tersebut di rumah pada posisi yang tepat. Cara melakukan pengaturan atau settingnya juga sangat mudah karena kemampuan plug and play dari kamera tersebut.

Untuk saat ini pembelian kamera dibatasi maksimal empat unit IP camera untuk tiap nomor IndiHome, untuk mengantisipasi banyaknya permintaan menjelang mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Dengan layanan ini, diharapkan pelanggan IndiHome lebih merasa aman meninggalkan rumah saat mudik, karena tetap dapat terus memantau kondisi rumah. Pelanggan yang memerlukan, sebaiknya lebih dini menghubungi Telkom untuk mempersiapkan IndiHome View di rumahnya karena lebaran tinggal beberapa hari lagi, disamping persediaan IP Camera yang terbatas. Informasi lebih lanjut mengenai layanan IndiHome View bisa didapatkan melalui call center Telkom 147, Twitter https://twitter.com/TelkomPromo atau Facebook https://www.facebook.com/TelkomPromo. (Adv)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com