Advertorial

Bagaimana Cara Hindarkan Diri Dari Resiko Kecelakaan Selama Mudik?

Kompas.com - 28/06/2016, 08:30 WIB

Kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil kerap menjadi pilihan para pemudik untuk menghantar mereka hingga ke kampung halaman. Menggunakan kendaraan pribadi tentu para pemudik lebih fleksibel untuk menentukan waktu dan hari keberangkatan. Selain itu, kendaraan pribadi juga dapat dipakai untuk berjalan-jalan di kota tujuan.

Namun demikian perjalanan darat dengan waktu dan jarak tempuh cukup panjang memiliki resiko kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Sebab utama kecelakaan adalah kelelahan dan kantuk yang menyebabkan konsentrasi buyar.

Seandainya pun sudah berkendara dengan sangat berhati-hati tetap saja para pemudik tidak dapat menghindari faktor eksternal seperti buruknya kondisi jalan, cuaca, kurangnya penerangan dan rambu lalu lintas hingga pengemudi lain yang ugal-ugalan.

Namun, jangan terlalu khawatir dan langsung memandang perjalanan mudik menyeramkan. Anda sebagai pemudik dapat menghidarkan diri dari resiko kecelakaan dengan berbagai cara. Pertama tentu harus menyadari batas kemampuan fisik untuk berkendara.

Jangan memaksakan diri ketika tubuh sudah lelah dan mengantuk. Posko mudik dan rest area sudah disediakan, mengapa tidak dimanfaatkan untuk beristirahat? Jika terpaksa pemudik juga dapat menepi di bahu jalan untuk tidur sejenak.

Kedua, tentu pastikan kondisi kendaraan Anda prima dan jangan langgar rambu-rambu lalu lintas. Meski ingin cepat sampai di kota tujuan, kontrol kecepatan Anda berkendara di batas yang aman. Terakhir, cobalah untuk mulai mempertimbangkan perlindungan asuransi kecelakaan.

Asuransi jenis ini memang seringkali tidak pernah Anda masukkan dalam persiapan perjalanan mudik. Padahal cukup penting. Asuransi kecelakaan akan melindungi Anda sekeluarga dari resiko cedera atau meninggal dunia akibat kecelakaan selama 24 jam.

Seperti Asuransi Comm Instant Protection (COMMIT) dari Commonwealth Life. COMMIT menawarkan perlindungan dari resiko cedera dan meninggal dunia akibat kecelakaan. Sesuai dengan namanya, perlindungan asuransi ini dapat diperoleh dengan cara instan dan premi asuransinya juga sangat terjangkau.  Hanya dengan Rp10.000,- saja Anda dapat memperoleh perlindungan selama 30 hari (dapat diperpanjang).

Sepanjang masa berlakunya polis asuransi biaya perawatan rumah sakit akibat kecelakaan ditanggung sampai dengan Rp1.500.000,-. Santunan juga diberikan untuk resiko meninggal dunia akibat kecelakaan dalam periode tersebut.

Bagaimana untuk memperoleh perlindungan dari asuransi COMMIT? Asuransi ini diberikan dalam bentuk voucher. Untuk mengaktivasi perlindungan cukup gosok panel hologram pada bagian belakang voucher. Anda akan menemukan nomor polis.

Kemudian, kirim SMS dengan format CIP<spasi>nomor polis#nama sesuai KTP#tanggal lahir(ddmmyyyy) ke 0812-8600-8600. Setelah terkirim Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi dari Commonwealth Life yang menunjukkan bahwa perlindungan COMMIT Anda sudah aktif.

Cek status berlakunya asuransi dengan kirim SMS ke nomor yang sama, namun dengan format CIP<spasi>status#nomor polis. Voucher akan berlaku sebagai kartu kepesertaan. Sementara SMS konfirmasi akan bermanfaat ketika pengajuan klaim nanti. Oleh karena itu, simpan keduanya dengan baik.

Klaim asuransi dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pemberitahuan tertulis ke kantor pusat Commonwealth Life di  alamat Gedung WTC 6, lantai 8, Jl. Jend. Sudirnan kav 29-31, Jakarta 12920 - Indonesia. 

Lampirkan dokumen berupa formulir pengajuan klaim, salinan SMS konfirmasi dari Commonwealth Life saat aktivasi, kartu kepesertaan berupa voucher, bukti identitas diri tertanggung dan penerima manfaat, dan kartu keluarga.                     

Asuransi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan selama mudik. Anda dapat memanfaatkan asuransi instan ini untuk melindungi diri selama perjalanan liburan baik di dalam maupun luar negeri, kapan saja Anda mau. 

COMMIT  juga dapat diperoleh di booth Commonwealth Life yang tersedia di Stasiun Gambir tanggal 27 Juni – 3 Juli 2016. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.commlife.co.id atau hubungi CommCenter 1-500 525. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com