Tak Ingin Libur Lebaran Sia-Sia? Ini Beberapa Ide untuk Menghabiskannya

Kompas.com - 05/07/2016, 11:37 WIB

Libur Lebaran yang dinanti-nanti akhirnya tiba juga. Bagi Anda yang memutuskan untuk tidak mudik, jangan takut momen liburan tahun ini berlalu dengan sia-sia. Anda dapat menghabiskan liburan dengan keluarga inti saja, sekalian merekatkan kembali kekompakkan. Tapi ke mana dan melakukan apa? Berikut beberapa ide kegiatan dan destinasi untuk menghabiskan libur Lebaran, dari barat Pulau Jawa hingga ke Timur!

  1. Menikmati alam dan suasana desa di Bandung

Bandung merupakan kota yang lengkap untuk liburan. Anda dapat berkeliling kota Bandung dengan bus wisata dengan atap terbuka, Bandros. Jika ingin wisata yang disertai kegiatan edukatif untuk anak-anak, kunjungi Laktasari Mini Farm yang berlokasi di Mal Paris Van Java. Anak-anak dapat berdekatan dengan hewan lucu dan belajar tentang peternakan. Jika suka spot foto yang menarik, kunjungi Farm House, taman bermain yang bertema peternakan Eropa atau Tebing Keraton. Anda juga dapat menikmati suasana desa yang asri dan tenang jika menginap di Imah Seniman – Lembang atau Dusun Bambu. 

  1. Berkuliner, belajar dan belanja di Yogyakarta

Yogyakarta juga sangat cocok untuk liburan keluarga. Anda dan keluarga dapat mengunjungi pantai Parang Tritis yang indah dan bermain-main di sana atau pergi ke Goa Jomblang yang berlokasi di Gunung Kidul untuk menikmati keindahan alam. Jika ingin belanja dan berkuliner, kunjungi saja Jalan Malioboro. Deretan angkringan nasi kucing, kopi joss, hingga gudeg khas Yogyakarta siap memanjakan lidah. Sementara jika ingin wisata yang lebih edukatif, kunjungi candi-candi seperti Borobudur dan Prambanan yang letaknya agak di luar Yogyakarta sedikit.

  1. Menikmati sejuknya ‘Swiss Kecil’ di Jawa Timur

Batu diapit oleh pegunungan dan berudara sangat sejuk sehingga kota ini sering diasosiasikan dengan negara Swiss di Eropa. Anda dan keluarga dapat beragrowisata dengan mengikuti wisata petik apel, atau bermain-main dengan hewan di Batu Secret Zoo. Jangan lupa mampir di Bakso Presiden untuk menikmati bakso malang. Warung ini letaknya di pinggir rel kereta, sensasi berbeda makan bakso dapat Anda rasakan. Selain itu kunjungi Toko Oen yang menyajikan kudapan khas Belanda. Mampir juga ke Mesjid Tiban, salah satu mesjid terindah di Indonesia. 

  1. Bali tidak cuma punya pantai!

Ternyata Bali tidak hanya punya pantai-pantai yang indah tetapi juga sejumlah destinasi lain yang tidak terlalu mainstream, unik, namun pas untuk liburan keluarga. Anda dapat mengunjungi Sukawati Secret Canyon, sebuah daerah berngarai yang sangat indah. Bebatuan alami di ngarai ini memiliki perpaduan warna dan formasi yang indah. Cocok untuk mengabadikan foto-foto keren.

Untuk wisata edukatif, hanya 25 menit dari pusat keramaian Ubud, terdapat Bamboo Chocolate Farm, rumah bambu raksasa yang memproduksi coklat hingga gula palem organik. Anda dan keuarga dapat belajar bagaimana proses produksi coklat dan gula palem dari nol hingga menjadi produk-produk yang sehari-hari kita konsumsi. Untuk melepas lelah, cobalah berendam di pemandian air hangat Toya Devasya yang letaknya di Kintamani. Sambil berendam, sambil menikmati keindahan Gunung Batur. 

Jika ingin liburan bersama keluarga berjalan lancar, tentu Anda harus melakukan beberapa antisipasi. Pertama soal kesehatan fisik keluarga. Terkadang saking senangnya ketika berlibur Anda sekeluarga mulai lupa untuk menjaga pola makan dan mengabaikan rasa lelah. Akhirnya, tiba-tiba Anda dan keluarga jatuh sakit saat tengah berlibur. Selain menyiapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga selama perjalanan, sepertinya asuransi kesehatan juga perlu Anda pertimbangkan. 

-

Adanya asuransi membuat Anda dan keluarga aman, karena biaya rawat jalan, rawat inap hingga bedah yang dibutuhkan selama liburan dapat ditanggung. Tidak perlu takut premi yang mahal dan registrasi rumit. Saat ini Asuransi Jagadiri menawarkan produk Jaga Sehat Keluarga. Hanya dengan membayar satu premi, satu keluarga terlindungi, mulai dari ayah, ibu, hingga tiga anak.

Besaran premi dimulai dari Rp280.700, tergantung usia anggota keluarga paling tua. Anda dan keluarga sudah dapat memperoleh manfaat seperti santunan rawat jalan dengan besaran sesuai plan yang dipilih, santunan perawatan inap di rumah sakit yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan dan bedah mulai dari Rp8 juta hingga Rp18 juta.

Ada juga layanan lain seperti telekonsultasi medis 24 jam, layanan evakuasi darurat dan masih banyak lagi. Untuk pendaftaran klik di sini. Selain proteksi Anda dan anggota keluarga yang terdaftar dalam plan asuransi ini juga dapat memperoleh keistimewaan lain yaitu menonton gratis di CGV Blitz Grand Indonesia setiap satu bulan sekali.  (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com