Peningkatan Kualitas Buku Sekolah Kurikulum 2013 dengan Harga yang Terjangkau

Kompas.com - 15/07/2016, 08:29 WIB

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan peningkatan mutu materi buku teks pelajaran. Salah satu bentuk nyata dari dari upaya tersebut adalah dengan menyempurnakan buku kurikulum 2013 untuk kelas 1, 4, 7 dan 10. Buku yang diperbaharui ini merupakan buku teks pelajaran yang wajib dimiliki oleh setiap siswa di sekolah sebagai panduan untuk proses belajar mengajar di sekolah.

Dengan menggunakan model penjualan secara online, maka proses pengadaan buku teks ini diyakini mempermudah pihak sekolah dalam mengadakan buku bagi siswanya. Mekanisme yang mudah dan sederhana akan mengarahkan pihak sekolah dalam melakukan transaksi pembelian, seperti yang dimiliki toko online Gramedia Mitra Edukasi Indonesia melalui bukusekolah.gramedia.com. Harga yang tercantum mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

HET yang sudah ditentukan oleh pemerintah sesuai zonasi wilayahnya menjadi patokan harga termahal yang berlaku di pasaran. Penentuan HET juga telah melewati berbagai tahapan agar memastikan kualitas buku tetap yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Tentunya, ini merupakan bentuk pengawasan yang baik karena harga buku menjadi terpantau tanpa mengorbankan kualitas dan juga bisa digunakan untuk beberapa tahun selanjutnya.

Diharapkan, dengan penetapan HET maka harga buku pendidikan menjadi lebih terjangkau. Selain itu, dengan bekerja sama bersama LKPP memungkinkan proses negosiasi harga sehingga menghasilkan harga yang lebih murah dari harga eceran tertinggi yang sudah ditentukan pemerintah. Seluruh daftar buku serta proses pemesanan dapat dilakukan melalui www.gramedia.co.id atau bukusekolah.gramedia.com. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com