Advertorial

Mengakhiri Era Kertas dengan Transformasi Digital

Kompas.com - 18/07/2016, 10:10 WIB

Adopsi transformasi digital semakin banyak dilakukan oleh perusahaan, salah satunya digitalisasi terhadap dokumen. Kertas memang sudah semakin ditinggalkan seiring adaptasi atas perkembangan teknologi. Pengguna lebih memilih menggunakan dokumen digital  karena berbagai kemudahan yang diberikan.

Menurut responden Quocirca, dokumen yang didigitalisasi dapat diakses lebih cepat dan dapat dikolaborasikan dengan dokumen lain terlepas dari lokasi dan waktu. Sementara ketergantungan terhadap proses berbasis kertas membuat pekerjaan menjadi tidak efisien, menghambat produktivitas, dan meningkatkan biaya. Digitalisasi banyak dilakukan pada area umum seperti catatan-catatan manajemen, proses klaim, dan pembayaran.

Otomatisasi

Otomatisasi adalah keunggulan turunan yang diperoleh dari digitalisasi. Dari otomatisasi inilah alur kerja dapat dipangkas sehingga efisiensi meningkat.

Lexmark sebagai salah satu produsen multi-function printer (MFP) yang berkantor pusat di Kentucky, Amerika Serikat, memiliki solusi lengkap untuk digitalisasi dan otomatisasi.

Berikut beberapa bentuk otomatisasi yang disediakan Lexmark MFP yang dapat mempercepat proses kerja:

1. Accuread

Accuread adalah otomatisasi dari Lexmark MFP untuk mengklasifikasikan dokumen. Dengan mengubah unstructured dokumen menjadi structured dokumen, berbagai macam dokumen yang didigitalisasi, baik bukti pembayaran, slip, dan lain-lain akan diklasifikasikan secara otomatis dan diarsipkan dengan rapi agar dapat dicari kembali dengan mudah.

2. Solution Composer

Solution Composer adalah fitur untuk membuat workflow sederhana di dalam Lexmark MFP dan dapat  di-customized sesuai kebutuhan. Hal ini mempercepat proses dan mengurangi human error karena dilakukan secara otomatis.

Misalnya dalam pengajuan kredit perbankan, nasabah dapat melakukan self service dengan alur kerja yang terdapat pada Lexmark MFP sebagai berikut:

-

3. Lexmark Print Management (LPM)

Fitur ini dapat memantau aktivitas semua printer Lexmark yang terintegrasi dalam jaringan perusahaan. LPM juga dapat menerapkan aturan penggunaan printer, mengontrol kuota penggunaan, sampai mencegah potensi penyalahgunaan dokumen melalui fitur secure print. Perangkat ini juga dapat menyajikan laporan pemakaian kepada pengguna yang dapat digunakan untuk billing allocation kepada departemen-departemen terkait maupun personal.

4. Lexmark Fleet Manager (LFM)

Fitur ini dapat memberikan notifikasi melalui email terkait status printer, dari status tinta eror, informasi jadwal maintenance, dan juga memungkinkan remote troubleshooting. Perangkat lunak LFM ditujukan bagi para penyedia solusi Lexmark agar dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan mereka.

Lexmark Executive Briefing Center

Lexmark Executive Briefing Center yang berlokasi di kantor Helios

PT Helios Informatika Nusantara bekerja sama dengan Lexmark sebagai strategic partner menyediakan sebuah demo yang menampilkan ragam solusi smart multi-function product (MFP) dan perangkat lunak milik Lexmark dalam Executive Briefing Center (EBC) di Centennial Tower, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 24-25, Jakarta. Demo ini disediakan untuk membantu perusahaan yang ingin melakukan transformasi digital.

Melalui EBC ini, Helios menawarkan pengalaman eksklusif bagi para mitra bisnis dan pelanggannya yang ingin melihat demo produk, melakukan proof of concept (POC), dan testing solusi Lexmark MFP, baik hardware maupun software hingga konsultasi dengan tenaga ahli Helios tentang pengelolaan dokumen secara lebih efisien.

Salah satu produk yang dapat dicoba pada di EBC adalah model terbaru dari Lexmark, yaitu MFP color CX725DE dan CX825DE. Model ini memiliki keunggulan dari sisi warna yang menakjubkan, solusi yang membuat produk ini beyond printing, dan teknologi yang menghemat waktu dan uang. 

Melalui produk-produk dari Lexmark, pengguna juga dapat menggunakan fasilitas mobile printing untuk mencetak dokumen langsung dari perangkat genggam dengan menggunakan aplikasi Lexmark Mobile Printing. Aplikasi tersebut dapat diunduh dari Google Play dan juga App Store.

Pengguna juga tidak perlu repot-repot membawa flash drive untuk memindahkan data, karena printer Lexmark juga dilengkapi dengan fitur cloud printing. Pengguna dapat mengakses data yang dibutuhkan secara online.

Informasi Kontak:

PT. HELIOS INFORMATIKA NUSANTARA

Centennial Tower, 12fl

Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 24-25 | Jakarta 12930, Indonesia

Ph : +62-21-806-22220 | Fax : +62-21-806-22221 | info@helios.id | www.helios.id

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com