Mobil Ini Akan Jadi Favorit Pengendara Wanita di Indonesia

Kompas.com - 01/08/2016, 10:58 WIB

Mobil saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh kaum laki-laki tetapi juga kaum hawa. Seiring dengan semakin modernnya zaman para wanita pun semakin berani dan mandiri bermobilitas dengan mengendarai mobil pribadi. Terbukti saat ini jumlah pengendara mobil wanita di Indonesia pun meningkat.

Dari berbagai jenis mobil ada satu yang menjadi favorit sepanjang masa para pengendara wanita di Indonesia yaitu mobil berjenis city car. Pilihan ini kebanyakan didasari oleh ukuran city car yang tidak terlalu besar. Lebih mudah dikendalikan di medan yang sulit dan mudah bagi pengendara wanita untuk cari parkir.

Tapi ada beberapa kesulitan yang seringkali dialami oleh para pengendara wanita terutama mereka yang senang membawa atau menyimpan banyak barang di mobilnya. Ukuran yang kecil membuat ruang penyimpanan city car juga tidak begitu banyak. Selain itu, banyak pengendara wanita juga tidak nyaman atau khawatir selama berkendara karena beberapa fitur yang tidak sesuai kebutuhannya.

Berbeda dengan Mitsubishi Mirage yang baru saja diluncurkan secara terbatas Selasa, (26/7/2016) lalu di Tribeca Park, Mal Central Park, Jakarta Barat. New Mirage merupakan facelift dari generasi Mirage sebelumnya. Beberapa beberapa fitur unggulan dari generasi sebelumnya masih dipertahankan. Namun juga ada beberapa perubahan.

“Pengembangan ini sebenarnya kita lakukan untuk memperluas target konsumen Mirage ke segmen anak muda, mahasiswa atau siapa saja yang berjiwa muda. Selain itu juga konsumen yang berorientasi pada kenyamanan, kepraktisan, dan efisiensi bahan bakar,” ujar Irwan Kuncoro, Operating General Manager MMC Marketing Division, PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB).

City car ini memang tidak didesain atau diciptakan khusus untuk pengendara wanita, namun ternyata memiliki sejumlah fitur yang dapat memenuhi kebutuhan berkendara mereka. Apa saja?

Satu hal yang paling jelas terlihat adalah tampilan eksteriornya lebih stylish dan sporty, dengan grill yang lebih lebar, desain kap dan velg yang lebih stylish, serta bumper yang lebih aerodinamis. Tidak terlalu maskulin sehingga cocok untuk gaya pengendara wanita muda yang berkarakter dinamis dan aktif. Tetapi juga bukan mobil yang feminin sehingga pas untuk digunakan siapa saja.

Jika menilik interiornya, New Mirage terkesan lebih banyak ruang dengan leg room yang juga luas. Jok juga didesain dengan bentuk dan ketinggian sedemikian rupa dengan bahan berkualitas dan motif yang menarik. Baik pengendara maupun penumpang dapat merasakan kenyamanan lebih selama perjalanan.

Selain suspensi yang lebih baik, New Mirage juga dilengkapi sistem CVT dengan teknologi INVECS Sehingga perpindahan gigi lebih halus tanpa hentakan.

Pengendara wanita juga akan diuntungkan dengan bagasi yang lebih luas. Membawa barang sebanyak apapun tetap muat. Selain itu kursi di baris kedua juga dapat dilipat dengan perbandingan 60:40 sebagai tambahan ruang untuk menyimpan barang. Pada tipe exceed, kursi di baris kedua dilengkapi dengan ISOFIX dengan tether anchor sebagai pengait kursi bayi.

Ada sebuah situasi menyulitkan yang sering dialami oleh pengendara wanita yaitu kesulitan mencari kunci mobil yang ada di dalam tas. Namanya tas wanita sudah pasti dipenuhi dengan berbagai perlengkapan, sementara kunci mobil ukurannya lumayan kecil. Situasi ini bertambah semakin sulit lagi ketika tangan yang satunya penuh oleh berplastik-plastik belanjaan.

Namun dengan fitur keyless operating system (KOS) dan one start-stop system (OSS), situasi tersebut tidak akan dialami. Asalkan kunci ada di tas atau saku, dan pengendara berada di dekat mobil, pintu dapat langsung dibuka. Men-starter mobil pun tidak perlu kunci, cukup injak pedal rem, tekan tombol start atau stop. Mobil akan menyala.

Mobil ini pun memperhatikan segi keamanan. Selain dirancang dengan body berkerangka kokoh, dapat meminimalisasi guncangan, namun tetap ringan, semua varian New Mirage dilengkapi dengan dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang di sebelahnya.

Agar keamanan lebih maksimal, seat-belt dirancang dengan model 3 point ELR yang dapat menahan tubuh dengan maksimal ketika terjadi benturan. Parkir pun lebih aman dan mudah terutama pada tipe exceed dan GLS karena tersedia rear parking sensor di bagian bumper belakang. Handling pun lebih mudah.

Para wanita biasanya juga paling hitung-hitungan soal biaya yang dikeluarkan untuk mobil. New Mirage, seperti generasi sebelumnya juga menggendong mesin DOHC MIVEC berkapasitas 1,2 liter, 12 valve. Torsi sangat mumpuni untuk mobil sekelas city car, performa andal, namun tetap irit bahan bakar. Selain itu mesin ini juga memastikan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

“Selain auranya sangat berjiwa muda, modern, stylish, sporty dan dinamis, New Mirage ini punya fitur yang female friendly menurut saya. Warna dan desainnya pun menarik untuk pengendara wanita,” ujar Rifat Sungkar, salah satu brand ambassador Mitsubishi.

New Mirage memiliki pilihan warna unik yang belum pernah dimiliki oleh city car dari produsen lain di Indonesia yaitu wine red pearl. Warna merah anggur metalik yang anggun dan cocok untuk pengendara wanita.

New Mirage akan didistribusikan melalui 294 dealer Mitsubishi di seluruh Indonesia. Dealer juga menyediakan paket aksesoris New Mirage bagi mereka yang gemar memodifikasi tampilan mobilnya. Kisaran harga New Mirage Rp175juta – Rp 195juta. Harga resmi New Mirage akan diumumkan secara resmi di ajang GIIAS 2016. Untuk informasi lebih lanjut klik di sini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com