Popcon Asia 2016, Rumah Besar Industri Kreatif Indonesia

Kompas.com - 10/08/2016, 08:00 WIB

Popcon Asia atau Popular Culture Convention Asia untuk kelima kalinya akan kembali digelar di Indonesia. Mengusung tema "Pop Revolution", festival untuk konten terkait industri kreatif terutama komik, mainan, film, dan animasi ini akan diselenggarakan pada 12-14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center.

Tahun ini, Popcon Asia menargetkan lebih dari 40 ribu pengunjung, yang akan memadati 225 booth pegiat kreatif tanah air. Pada edisi 2015, Popcon Asia mencatatkan angka statistik yang luar biasa. Lebih dari 37 ribu orang pengunjung hadir dan menghasilkan penjualan dengan nilai lebih dari Rp 25 miliar. Angka yang sangat baik bagi pasar produk kreatif tanah air.

Penyelenggaraan event yang mewadahi industri kreatif tanah air, dianggap perlu untuk memberikan kesempatan para kreator untuk memasarkan karya mereka. Proyeksi pertumbuhan industri kreatif yang dinyatakan oleh Kementerian Perindustrian mencapai 7% per tahun1.

Hal itu mendorong Revata, pelaksana Popcon Asia, untuk menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Peran Bekraf dianggap sangat penting bukan hanya untuk mengakselerasi para pelaku industri kreatif namun juga untuk memfasilitasi mereka dengan berbagai capacity building yang membuat produk karya mereka memiliki nilai tambah.

Pada Popcon Asia 2016, Revata dan Bekraf membuka kesempatan bagi para konten kreator untuk melakukan pendaftaran, konsultasi, dan sosialisasi hak kekayaan intelektual (HKI). Selain itu, Bekraf bekerja sama dengan Dicoding dan Indesche Partif, gerakan inisiatif kolektif swadaya game developer independen Indonesia, dalam menyeleksi delapan game untuk ikut acara Popcon Asia 2016. Nantinya, akandisediakan booth pada acara Popcon Asia 2016 serta beberapa fasilitas pendukung lain, termasuk poin di platform Dicoding Game, bagi game developer yang lolos seleksi.

Popcon juga ingin mencoba memberi kesempatan bagi para kreator lokal untuk berjejaring dan melakukan kolaborasi dengan para pegiat mancanegara. Pada Popcon Asia 2016, kolaborasi antara kreator lokal dan mancanegara akan dicoba diwujudkan dengan menggandeng pusat kebudayaanasing, dua diantaranya adalah Korean Cultural Center Indonesia dan Institut Français d'Indonésie. Melalui cara tersebut, mereka diharapkan bisa membawa sejumlahartis dari negaranya untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para kreator lokal.

Kolaborasi ini sejalan dengan salah satu tujuan penyelenggaraan Popcon Asia, yaitu mendorong semua pihak untuk mengapresiasi potensi industri kreatif di Indonesia. Selain itu, Popcon Asia juga ingin membangun kesadaran sertameningkatkan apresiasi publik terhadap HKI milik kreator lokal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia kembali mengadakan sejumlah kompetisi yang masuk ke dalam kategori Challenge. Adapun kompetisi yang dapat diikuti adalah Cosplay & Costreet Competition, Poppo Comic Strip Challenge, dan Poppaganda Art Challenge. Dengan berpartisipasi dalam Poppo Comic Strip Challenge dan Poppaganda Art Challenge, para komikus atau pelaku industri kreatif akan ditantang untuk membuat fanart serta poster propaganda untuk menyebarkan perdamaian di planet Astropop.

Popcon Asia 2016 juga menyediakan workshop animasi, pembuatan komik Jepang dari sketsa ke pewarnaan, serta membuat halaman komik. Tak ketinggalan Kosasih Award yang akan memberikan penghargaan kepada komikus-komikus Tanah Air.

Yang tak kalah menariknya. Popcon Asia 2016 juga akan mengadakan pemutaran film-film lokal, seperti 1000 Algojo yang disutradai oleh Rudi Soedjarwo dan Warkop Reborn yang digarap oleh Falcon Pictures. Skylar Films pun akan menayangkan tiga filmnya sekaligus, yaitu Surat Untukmu, Best Friend Forever, dan Rumah Malaikat. Ada pula penayangan perdana teaser kedua dari Valentine the Movie, yang merupakan film adaptasi garapan Skylar Comics.

Penerbit Elex Media Komputindo dan M&C dari Grup Kompas Gramedia pun akan ikut serta dengan membuka booth dalam Popcon Asia 2016. Ada banyak hal menarik di kedua booth tersebut. Di booth Elex Media Komputindo, akan ada diskon 10% untuk seluruh produk, book signing Faza Meonk sang komikus Si Juki, komik terbaru dari Komikin Ajah!, peluncuran Si Juki Kisah-Kusut Dunia Dongeng, dan lain-lain! Lain halnya denganbooth M&C yang akan memberikan diskon 10% untuk pembelian buku komik serta merchandise Miiko dan bagi-bagi poster atau voucher Gramedia.com. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com