Menilik Keunggulan Bahan Bakar Gas Cair Vi-Gas di GIIAS 2016

Kompas.com - 10/08/2016, 09:02 WIB

Bagi Anda yang memiliki mobil pribadi, beberapa tahun belakang ini pastinya sudah sering mendengar tentang produk bahan bakar LGV (Liquified Gas for Vehicle). LGV digadang-gadang sebagai bahan bakar yang lebih baik daripada jenis bahan bakar minyak.

Di Indonesia, bahan bakar LGV dipasarkan oleh Pertamina, sebagai pelopor inovasi di bidang energi, dengan merek dagang Vi-Gas. Produk bahan bakar ini pun semakin digemari di Indonesia. Ada beberapa alasan penting mengapa LGV Vi-Gas lebih baik dari bahan bakar minyak. Apa saja?

Pertama, bahan bakar yang merupakan kombinasi antara propana dan butana ini mampu membuat pengendara mobil berhemat biaya bahan bakar dan perawatan mobil. Tekanan Vi-Gas dalam tangki cukup rendah, hanya 8-12 bar. Karena itu, tangki dapat menampung lebih banyak bahan bakar.

Kedua, Vi-Gas memiliki angka RON >98. Sehingga pembakaran mesin dengan Vi-Gas pun lebih sempurna dan residu yang dapat membuat komponen mesin kotor tidak tersisa. Karena bahan bakar ini tidak mengandung sulfur dan timbal, maka keawetan mesin pun menjadi lebih terjaga, suara mesin halus, dan bebas knocking.  

Ketiga, keunggulan Vi-Gas lainnya adalah lebih ramah lingkungan. Berkendara dengan mobil pribadi setiap hari boleh saja. Namun, sebagai penghuni bumi Anda juga harus memiliki tanggung jawab dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan bukan?

Saat ini Vi-Gas sudah dipasarkan secara luas melalui beberapa SPBU khusus. Jika selama ini Anda menggunakan bahan bakar minyak tetapi ingin mulai memanfaatkan Vi-Gas sebagai bahan bakar sehari-hari, bisa saja. Terlebih lagi harga Vi-Gas hanya Rp 5.100/liter, jauh lebih hemat daripada harga bahan bakar minyak.

Namun, sebelumnya mobil Anda harus dimodifikasi dengan pemasangan converter kit atau perangkat untuk mengkonversi penggunaan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Jadi mobil dapat menggunakan kedua bahan bakar tersebut. Pertanyaannya, di mana converter kit dapat diperoleh?

Datang saja ke perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang diselenggarakan di ICE, BSD, Tangerang pada 11-21 Agustus 2016 mendatang. Pertamina sebagai sponsor pameran otomotif berskala internasional tersebut akan menghadirkan Vi-Gas, lengkap dengan berbagai promo yang menarik.  

Promo menarik ini hanya berlaku di booth Pertamina GIIAS 2016. Segera datang ke perhelatan akbar otomotif tersebut dan ubah kebiasaan penggunaan bahan bakar Anda dengan lebih hemat, lebih bertenaga, dan lebih ramah lingkungan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com