SCG Berikan Pondasi Kuat untuk Keluarga ASEAN

Kompas.com - 12/08/2016, 08:06 WIB

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan kompetisi kuat di berbagai sektor industri juga membuat perusahaan-perusahaan besar ASEAN turut ambil bagian. Salah satu diantaranya adalah SCG yang merupakan salah satu perusahaan konglomerat terkemuka ASEAN.

Sejak didirikan pada tahun 1913, SCG telah berkembang seiring dengan pembangunan di negara-negara ASEAN. Dengan lebih dari 200 perusahaan dan 52.500 karyawan di seluruh dunia, SCG telah memperluas bisnisnya di ASEAN dan saat ini menjadi salah satu pemimpin bisnis berkelanjutan di ASEAN.

Di Indonesia, SCG mulai menjalankan bisnisnya sejak tahun 1995. Kini, SCG di Indonesia telah memiliki total 23 perusahaan dengan total kurang lebih 7.100 karyawan.

SCG selalu berupaya untuk menciptakan produk performa tinggi yang inovatif dengan kualitas premium untuk melayani kebutuhan konsumen dari berbagai industri. Bagi SCG, mengembangkan produk secara inovatif untuk menjawab kebutuhan konsumen merupakan salah satu kunci strategi bisnis perusahaan.

SCG mengalokasikan anggaran yang besar di dalam Penelitian & Pengembangan (Litbang/Research & Development) untuk mengembangkan produk dan layanan bernilai tambah tinggi (High Value Added/HVA) demi melayani kebutuhan para konsumen.

Tiga unit bisnis dari perusahaan konglomerat ASEAN ini, yaitu SCG Cement-Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Dari ketiga unit bisnis tersebut, produk-produk yang ditawarkan oleh SCG di Indonesia adalah semen SCG, bata ringan ‘SCG Smartblock’, beton siap pakai ‘Jayamix by SCG’, keramik dinding, lantai dan atap (genteng) di bawah merek ‘KIA’, keramik dinding dan lantai di bawah merek ‘COTTO’, PVC resin, karton boks, dan percetakan offset.

Selain terus mengembangkan produk yang inovatif, SCG juga berkontribusi pada konservasi lingkungan dan menciptakan nilai-nilai di masyarakat. Dalam menjalankan bisnisnya, SCG selalu berpegang pada prinsip Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development/SD), yang menekankan pada keseimbangan di dalam sektor lingkungan, sosial, dan ekonomi di bawah tata kelola perusahaan.

Perusahaan juga mengoperasikan pabriknya dengan konsep ‘Industri Hijau (Green Manufacturing)’ dan dikenal sebagai salah satu produsen terkemuka yang menerapkan konsep pabrik hijau dan bersih (green & clean concept). Salah satu praktek dalam menerapkan industri hijau dan bersih yaitu penggunaan sistem generator berdaya panas limbah (Waste Heat Generator/WHG) dalam proses produksi semen.

SCG juga turut ambil bagian di dalam mempromosikan masyarakat di negara-negara ASEAN. SCG telah menyelenggarakan program beasiswa SCG Sharing The Dream untuk memberikan bantuan finansial kepada para pelajar yang membutuhkan serta bermoral baik di negara-negara di ASEAN.

SCG telah berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk dan menyediakan layanan berkualitas tinggi untuk menjawab kebutuhan pelanggan serta memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dan ASEAN. (Adv)  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com