Pupuk Indonesia Group bersama Hutama Karya gelar Jalan Sehat dan Pasar Murah

Kompas.com - 15/08/2016, 11:36 WIB

Ribuan peserta yang terdiri dari masyarakat Bontang dan BUMN di Kalimantan Timur mengikuti kegiatan jalan sehat yang merupakan salah satu rangkaian acara bertajuk “BUMN Hadir untuk Negeri”, Minggu (14/8) lalu. PT Pupuk Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Hutama karya (Persero) menggelar kegiatan tersebut dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-71.

Kegiatan jalan sehat dimulai dengan pelepasan peserta oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni dan Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara. Mereka didampingi oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase beserta jajaran Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Dandim 08 09, Muspida, dan Muspika.

Sebelum melakukan jalan sehat, acara diawali dengan senam sehat pada pukul 06.30 WITA. Setelah itu, para peserta menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer, dengan titik start maupun titik finishdi Stadion Mulawarman, Bontang, Kalimantan Timur. Rombongan memulai start tepat pukul 07.30 WITA.

Pihak penyelenggara memutuskan untuk mengurangi jarak tempuh akibat hujan yang sempat turun. Meskipun cuaca kurang mendukung, namun antusiasme para peserta untuk melakukan jalan sehat tetap tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah peserta, dan kemeriahan acara dari awal hingga momen pembagian doorprize. Ada sekitar 5.000 peserta menantikan nomor undian mereka disebutkan oleh Perwakilan Muspida dan Manajemen BUMN.

Yuyun (32), ibu rumah tangga yang merupakan warga Api Api, Waru, Penajam Paser Utara, dan juga Lena (26), seorang warga pendatang dari Bandung yang bekerja di salah satu perusahaan di Bontang, ikut serta dalam acara ini walaupun sempat kehujanan. Keduanya berharap agar acara semacam ini dapat dilaksanakan setiap bulan. Sebab, di sini belum tentu ada kegiatan dihari sabtu atau minggu dalam kurun waktu satu bulan.

Usai pembagian doorprize, kemeriahan acara masih terus berlangsung dengan hadirnya Pasar Murah 2016 yang digelar di lokasi yang sama. Pasar ini menjual sebanyak 1.500 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu. Secara simbolis, acara dimulai dengan penyerahan paket pertama oleh Tossin kepada salah satu warga Bontang dan didampingi oleh Neni, yang akrab disapa Bunda Neni. Momen istimewa itu disaksikan pula oleh Direksi Pupuk Kaltim dan perwakilan dari Hutama Karya.

Dok. Pupuk Indonesia Momen penyerahan paket sembako pertama oleh Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara kepada salah satu warga Bontang yang didampingi oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni.

Tossin mengatakan bahwa Pasar Murah 2016 merupakan implementasi dari kepedulian BUMN di Kalimantan Timur kepada masyarakat. Ini juga termasuk dalam salah satu program pemerintah yang harus dijalankan setiap perusahaan, khususnya BUMN, yaitu Program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Selain kegiatan pasar murah, PT Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya juga telah menjalankan program nonton bersama untuk siswa dan siswi SD sekitar kota Bontang pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016 kemarin,” jelas Tossin.

“Ini salah satu program CSR kami di bidang pendidikan juga” tambahnya.

Sebanyak 700 siswa dan siswi, dimana 25 di antaranya merupakan pelajar berkebutuhan khusus, hadir dalam acara nonton bersama. Adapun sejumlah film bertema edukasi yang ditayangkan adalah Lutung Kasarung, Bunker Pohon, dan Miles and Stone yang merupakan karya film garapan National Publishing News Company serta Balai Pustaka.

Usman (50) didampingi oleh istrinya, Megawati (44), dan dua anaknya, yang merupakan warga Bontang Lestari, mengaku salut dengan pihak penyelenggara acara. Menurutnya, acara berlangsung secara tertib dan terorganisir, mulai dari proses pembagian tiket, hingga penjualan paket sembako.

Megawati mengatakan bahwa dengan acara seperti ini, ia dan suami dapat menabung lebih banyak untuk bulan ini, tanpa perlu mengurangi hidangan di atas meja.

“Terima kasih, panitia BUMN. Dan semoga dapat sukses selalu,” ucap Megawati.

Usman berkata, “Sisa uang belanjanya akan kami sumbangkan ke mushola. Pokoknya, kami sekeluarga ingin ikut memeriahkan acara ini.”

Melalui Pasar Murah 2016, pihak penyelenggara berhasil menjual sebanyak 1.500 paket sembako dengan harga murah. Isi paket sembako senilai Rp 150 ribu ini terdiri dari beras, minyak goreng, gula, mie instan, dan kecap manis. Namun, pengunjung dapat membelinya dengan harga Rp25 ribu saja. Uang penjualan paket sembako yang terkumpul rencananya akan disumbangkan ke beberapa rumah ibadah yang ada di sekitar wilayah perusahaan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com