Advertorial

Ini Cerita Muhammad dan Haerudin, Penerima Beasiswa SCG Sharing the Dream

Kompas.com - 18/08/2016, 08:30 WIB

Pendidikan adalah salah satu aspek yang penting untuk memastikan masa depan sebuah bangsa. Jika memiliki generasi muda terdidik dan berjiwa pemimpin tentu sebuah bangsa akan maju. Namun sayangnya selama bertahun-tahun terakhir Indonesia masih mengalami banyak tantangan di bidang pendidikan.

Meski memiliki semangat belajar dan cita-cita, tidak semua anak Indonesia dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Salah satu alasannya adalah biaya pendidikan yang mahal dan tidak sebanding dengan kondisi perekonomian keluarga.

Inilah yang dialami oleh Muhammad Fatahudin, lulusan SMA asal Sukabumi. Ia bermimpi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan memberi kontribusi bagi kampung halamannya. Perjalanannya untuk mencapai impian tersebut tidaklah semudah yang ia bayangkan. Pendidikan di jenjang universitas begitu mahal baginya.

Namun secercah harapan datang ketika ia diumumkan lolos sebagai penerima beasiswa SCG Sharing the Dream tahun 2015 lalu. Impiannya untuk duduk di bangku kuliah terwujud. Beasiswa tersebut menjadi ‘tiket’ baginya untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Kini ia telah menyelesaikan tahun pertama pendidikannya di bidang Teknil Sipil dan Lingkungan Hidup yang merupakan bagian dari Fakultas Peternakan,  Institut Pertanian Bogor (IPB).

 “Saya merasa sebagai pelajar paling beruntung di Sukabumi saat menerima beasiswa SCG Sharing the Dream tahun lalu. Kalau diingat-ingat, beasiswa ini telah mengubah hidup saya. Saya ingin ilmu yang sudah dipelajari di fakultas ini dapat saya bawa pulang dan diterapkan untuk memajukan kampung halaman saya,” ujarnya.

-

SCG Sharing the Dream adalah program beasiswa tahunan yang diselenggarakan perusahaan konglomerat Siam Cement Group (SCG)  di tujuh negara ASEAN wiilayahnya beroperasi. Berawal dari Vietnam, kemudian berlanjut ke sejumlah negara seperti Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja dan Indonesia. Program beasiswa ini merupakan bentuk kontribusi SCG untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan kehidupan yang layak di negara-negara ASEAN wilayahnya beroperasi.

Sebagai salah satu pemimpin usaha di ASEAN SCG memang terus mencoba untuk menciptakan keseimbangan di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. SCG menemukan bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci pertumbuhan dan kemajuan sebuah negara. Di Indonesia program beasiswa SCG Sharing the Dream sudah diselenggarakan kurang lebih lima tahun, sejak tahun 2012. Tahun ini, bekerja sama dengan Ancora Foundation, SCG kembali menyelenggarakan program beasiswa tersebut. SCG Sharing the Dream tahun ini mengangkat tema besar “Indonesia’s Future Green Leaders”. Melalui tema tersebut SCG berharap dapat menelurkan calon-calon pemimpin masa depan bagi Indonesia yang tidak hanya sukses untuk membangkitkan bidang perekonomian dan sosial tapi juga peduli akan kelestarian lingkungan hidup.

Penyerahan beasiswa SCG Sharing the Dream 2016 telah dilangsungkan pada 1 Agustus dan 10 Agustus 2016 lalu kepada sejumlah 350 pelajar berprestasi di Jakarta dan Sukabumi. Mereka berasal dari sekolah menengah atas dan kejuruan di Jakarta, Bogor, Cileungsi, Karawang, Tangerang Selatan, Bayah, dan Sukabumi.

-

Haerudin, siswa SMKN 1 Bayah - Banten, menjadi salah satu pelajar yang menerima beasiswa ini. Sebagai putra dari seorang petani dan ibu rumah tangga dengan empat saudara yang masih harus bersekolah, Haerudin tak pernah menyangka dirinya dapat melanjutkan pendidikan di universitas. Beasiswa ini memberinya kesempatan untuk berkuliah dan mewujudkan cita-citanya menjadi pengusaha sukses.

 “Saya sangat bersyukur bisa menjadi salah satu penerima beasiswa SCG “Sharing the Dream” tahun ini. Beasiswa ini pastinya akan meringankan beban orang tua saya untuk membayar biaya pendidikan dan semakin membuat saya bersemangat untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses dan bertanggung jawab,” ujarnya sumringah.

Sesuai dengan tema, penyerahan beasiswa SCG Sharing the Dream tahun ini diisi dengan kegiatan-kegiatan dan sesi edukasi mengenai lingkungan hidup. Aktivis lingkungan yang juga penyanyi, Nugie serta perintis gerakan Greeneration, Bijaksana Junerosanodiundang untuk berbicara soal langkah pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan sehari-hari. 

Hingga saat ini SCG Share the Dream telah membantu1.500 pelajar tingkat SMA di Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas dan meraih impiannya. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Cileungsi, Karawang, Tangerang Selatan, Bayah, dan Sukabumi.

Selain SCG Sharing the Dream, SCG juga memiliki sejumlah program pengembangan SDM lainnya seperti SCG International Internship Program, SCG Drawing Your Career dan SCG Young Leaders Program. Harapannya program-program tersebut memiliki dampak jangka panjang dalam pembangunan sosial dan ekonomi. (Adv)

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau