Advertorial

Manfaatkan Momen GIIAS 2016, Mercedes-Benz Kenalkan The New E-Class

Kompas.com - 19/08/2016, 11:26 WIB

Setelah sekian lama Mercedes-Benz akhirnya kembali menghadirkan generasi terbaru dari Mercedes-Benz E-Class. Generasi E-Class ke-10 ini diperkenalkan secara perdana bagi konsumen Indonesia di tengah momen pameran otomotif skala internasional, GIIAS 2016.

Mercedes-Benz menyebut seri terbaru E-Class ini sebagai “Masterpiece of Intelligence”, yaitu sedan bisnis paling cerdas di kelasnya. Hadir dalam dua varian yaitu E 250 AVA dan E 300 AVA, beberapa fitur terbaru juga dihadirkan oleh Mercedes-Benz dalam kedua varian tersebut agar berkendara lebih menyenangkan.

Apa saja perbedaan Mercedes-Benz The New E-Class ini jika dibandingkan dengan seri E-Class sebelumnya?

1. Tampilan eksterior lebih sporty namun berkelas

Jika dibandingkan dengan model E-Class sebelumnya, The New E-Class ini lebih avant garde, sporty, namun tetap berkelas dan cerdas. Badan mobil diperlebar, wheelbase lebih panjang 65 milimeter, roda lebih besar, bagian abdomen mobil dibuat dengan desain yang memberi kesan stylish dan dinamis. Begitu juga dengan desain atap mobil yang menyatu begitu halus dan compact dengan desain body

Desain body dibuat begitu aerodinamis dengan drag coefficient (cd value) 0.23, sehingga dapat melaju dengan lebih elegan dan tidak berisik.  Desain grille selalu menjadi pembeda antara satu model Mercedes-Benz dengan model lainnya. Pada seri ini grille tampil lebih stylish dan unik. Lampu depan didesain seakan memiliki ‘alis’ ganda sehingga terlihat lebih karismatik dan tangguh. Sementara untuk lampu belakang untuk pertama kalinya Mercedes-Benz menghadirkan efek pencahayaan mewah layaknya debu bintang atau Milky Way yang dihasilkan dari teknologi reflektor termutakhir.

2. Desain interior terdepan

Seluruh material interior Mercedes-Benz The New E-Class berkualitas tinggi. Mulai dari bagian pintu, trim kayu dibuat dari material open pore wood, kayu yang mirip dengan jenis kayu yang digunakan dalam interior yacht. Desainnya kontemporer. Selain itu pada bagian dalam pintu juga dilapisi dengan bahan kulit berkualitas.

Beralih ke desain kursi (jok). Desainnya begitu ergonomis, sporty, unik namun tetap nyaman dan dibuat dari material kulit berkualitas. Backrest bangku penumpang di belakang dapat disesuaikan dengan kemiringan 40%-20%-40% sehingga duduk selama perjalanan lebih nyaman.

3. Pengalaman berkendara lebih menyenangkan

Berkendara dengan The New E-Class akan terasa lebih nyaman dan membanggakan. Baik desain maupun interface pada fitur informasi di dashboard sangat mudah dimengerti. Membuat pengemudi merasa kendali ada di tangannya. E-Class terbaru ini menghadirkan dashboard dengan desain yang membuat pengemudi seakan berada di ruang kendali.

Terdapat wide-screen cockpit yaitu layar diagonal 12,3 inchi yang tampak melayang di udara dengan tombol-tombol virtual pengaturan yang biasa hadir pada dashbord. Benar-benar seperti di dalam ruang kendali pada film-film futuristik. Tidak sulit digunakan karena desainnya user-friendly.  Pengemudi dapat memilih antara 3 desain tampilan, yaitu "Classic", "Sporty" dan "Progressive". Tampilan digital memungkinkan presentasi yang lebih fleksibel dari konten informasi serta pengalaman terbaru di dalam kendaraan. 

Tombol-tombol didesain dengan teknologi touch control yang dapat mendeteksi dengan cepat gerakan horizontal yang dibuat oleh tangan. Untuk mengatur AC dan beberapa sistem ada tombol direct-access, untuk mengatur perangkat entertainment ada sistem LUNGUATRONIC Voice Control. Mengatur perangkat entertainment di dalam mobil atau fitur-fitur lain pada dashboard tidak akan sulit sehingga konsentrasi berkendara tidak terpecah. Pencahayaan dalam kabin juga lebih nyaman dengan 64 warna  yang dapat dipersonalisasikan dan dikontrol sesuai dengan keinginan, sehingga menciptakan kesan nyaman di dalam interior.

4. Fitur entertainment

Pengemudi maupun penumpang akan dimanjakan dengan kualitas audio yang begitu menyeluruh, menjangkau setiap bagian mobil layaknya dalam sebuah konser. Ini karena The New E-Class dilengkapi dengan sistem audio Burmester® surround sound dengan 13 speaker.

Sistem COMAND  Online pada The New E-Class menghasilkan sebuah perpaduan yang sangat baik antara infotainment, navigasi serta sistem komunikasi. Informasi yang diinginkan oleh pengendara ditampilkan pada layar media display beresolusi tinggi 1920 x 720 pixels dengan ukuran 31.2 cm (12, 3 inch). Media interface untuk iPod® atau iPhone®, MP3 player atau data eksternal lainnya, 2 USB ports, Bluetooth® interface dengan fungsi hands-free serta fungsi audio streaming dan slot kartu SDHC menawarkan pilihan koneksi lebih lanjut.

5. Mesin baru, performa baru

The New E-Class dilengkapi dengan mesin 1,991 cc dengan 4 silinder yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 9G-TTRONIC dengan 9 percepatan. Ganti gigi lebih cepat, rotasi mesin pun lebih rendah sehingga mobil begitu senyap ketika dipacu. Pada putaran mesin 5500 rpm, varian E 250 AVA dapat memproduksi tenaga 211 hp, sementara varian E 300 AVA memproduksi 245 hp. Untuk torsi, E 250 AVA memiliki torsi 350 Nm, sementara E 300 AVA memiliki torsi 370 Nm. Dalam hitungan 6,9 detik, akselerasi E 250 AVA dapat mencapai 100 km/jam, sementara E 300 AVA hanya perlu 6,2 detik saja. Meski demikian keduanya efisien bahan bakar karena dilengkapi dengan ECO start/stop yang akan otomatis mematikan mesin ketika mobil diam dalam beberapa menit.

6. Fitur keamanan unggulan

The New E-Class dilengkapi dengan fitur Active Brake Assist yang menjadi standar setiap mobil Mercedes-Benz. Namun bedanya Active Brake Assist di seri terbaru ini lebih cerdas. Dapat menghindarkan pengemudi menabrak objek, atau bahkan mendeteksi pejalan kaki terlalu dekat. Caranya dengan rem mendadak atau rem otomatis. Jika pengemudi mengantuk atau sedang tidak konsentrasi ada Attention Assist yang dapat memperingatkan pengemudi.

Ingin melihat sendiri bagaimana mewah, canggih dan sporty-nya Mercedes-Benz The New E-Class? Hadiri saja area pamer Mercedes Benz, hall 5A di GIIAS 2016! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com