Advertorial

Pioneer Hadirkan Perangkat Hiburan Simpel Namun Fungsional di GIIAS 2016

Kompas.com - 20/08/2016, 09:01 WIB

Macet yang semakin parah menjadi salah satu keluhan yang kerap terlontar dari para pengendara mobil di kota besar. Jarak yang seharusnya dekat harus ditempuh dengan waktu yang cukup lama sehingga bisa dikatakan masyarakat kota besar menghabiskan lebih banyak waktu diperjalanan. Untuk menghilangkan rasa penat dan kesal akibat kemacetan, perangkat hiburan semakin dibutuhkan di dalam kabin mobil. 

Namun, perangkat hiburan seperti apa yang tepat untuk pengemudi masa kini? Tentunya yang mudah dioperasikan, tidak menambah stress, dan punya fitur-fitur canggih yang menambah keasyikan berkendara dan lengkap. Bisa memutar audio, video, dan digunakan untuk mendengarkan siaran radio. Kriteria-kriteria tersebut dimiliki oleh Pioneer AVH-X8850BT, head unit terbaru dari produsen perangkat audio Pioneer. 

Seperti head unit seri sebelumnya, Pioneer AVH-X8850BT masih dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti crossover, time alignment, dan equalizer. Namun ada juga beberapa fitur berbeda yang dihadirkan. Head unit ini didesain dengan layar 7 inchi dengan monitor yang mampu menyesuaikan dengan cahaya sekitar. 

Siang hari ketika matahari sedang terang-terangnya, layar monitor head unit ini tetap dapat terlihat jelas. Sementara ketika intensitas cahaya luar berkurang, layar monitor pun tidak menampilkan cahaya berlebih yang membuat silau dan mengganggu konsentrasi mengemudi. Apapun kondisi pencahayaannya layar tetap nyaman dipandang. Untuk kualitas suara, tidak perlu diragukan. Head unit ini dapat menghasilkan output audio dengan kualitas suara berkelas. 

Pioneer AVH-X8850BT juga memiliki multi fungsi. Head unit ini kompatibel dengan hampir semua media penyimpan, mulai dari DVD dan CD audio, USB, hingga SD Card. Format file foto, audio MP3 dan FLAC, hingga video dengan format WMV, MKV, dan FLV dapat diputar dengan head unit ini. Selain itu head unit ini dapat juga dihubungkan dengan perangkat lain. Bisa dengan menggunakan kabel HDMI, aux input, kabel RCA dan juga secara nirkabel dengan sarana Bluetooth. 

Sarana Bluetooth juga dapat membantu pengemudi untuk berkomunikasi sambil mengemudi. Fungsi telepon dapat tetap digunakan. Jika telepon masuk, lagu yang diputar akan otomatis berhenti. Suara penelepon akan dapat terdengar dari speaker mobil. Tanpa perlu menyentuh smartphone, pengemudi tetap bisa bertelepon. 

-

Sementara untuk menghubungkan dengan perangkat bersistem operasi iOS seperti iPhone dan iPod, ada fitur Apple CarPlay. Untuk terhubung dengan smartphone Android, ada fitur AppRadio mode dan Android Auto. Fitur Apple CarPlay saat ini memang hanya bisa dinikmati di Thailand, Singapura, dan India. Namun kabarnya fitur ini akan segera dapat dinikmati di Indonesia. 

Satu lagi keistimewaan head unit ini adalah kemampuan koneksi dengan Spotify. Layanan streaming musik asal Swedia ini semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia karena dapat memberi akses ke semua lagu tanpa batasan, dengan genre apapun sesuai kesukaan. Sungguh menyenangkan bukan berkendara sambil ditemani lagu-lagu asyik dari Spotify.

Fitur ini beroperasi dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth sehingga memungkinkan penggunanya memainkan aneka macam lagu tanpa batasan dari internet. Jika ingin memutar lagu non stop tanpa memencet tombol apapun, pilih saja mode shuffle pada aplikasi Spotify yang sudah diunduh di smartphone.

-

Sebenarnya konektivitas audio dengan Spotify sudah dihadirkan Pioneer sejak beberapa tahun lalu di produk-produk head unit sebelumnya. Namun fitur ini baru dapat dioperasikan dua bulan belakangan ini.

Head unit yang simpel namun fungsional ini dapat Anda temui di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Pioneer menghadirkan head unit terbaru ini di booth-nya yang bertempat di Hall 1 No 1 AL. Jika penasaran silakan mampir. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com