Advertorial

Mobil dan Gaya Hidup Masyarakat Modern

Kompas.com - 24/08/2016, 09:35 WIB

Walaupun perekonomian selama setahun belakangan cenderung melemah, daya beli masyarakat menurun, dan semakin padatnya jalanan atas kendaraan yang berakibat macet panjang di kebanyakan kota-kota besar, pasar mobil di Indonesia tetap bertumbuh. Untuk tahun ini saja, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan hingga akhir tahun dapat mencapai 1.050.000 unit.

Berbagai pabrikan mobil juga turut berkontribusi atas “banyaknya mobil beredar jalan” dengan berlomba-lomba memberikan banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pilihan tersebut tersebar di berbagai kelas, yang salah satunya paling populer saat ini adalah kelas Low Cost Green Car (LCGC).

Ramainya LCGC

Mobil LCGC, atau yang secara harfiah berarti mobil murah ramah lingkungan adalah kelas mobil yang berada di bawah payung hukum Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013. Spesifikasi yang juga menjadi persyaratannya antara lain seperti hemat energi, harga terjangkau, menggunakan tambahan merek Indonesia, serta model dan logo mencerminkan Indonesia.

Untuk spesifikasi mesin antara lain untuk mesin yang menggunakan bensin, kapasitas mesin maksimum 1200cc dengan minimal 1 liter BBM untuk 20 kilometer. Sedangkan untuk mesin yang menggunakan solar, kapasitas mesin maksimum 1500cc dengan minimal 1 liter bensin untuk 20 kilometer.

Jika persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka pajak atas mobil LCGC tersebut adalah 0 persen. Karena peniadaan pajak inilah mobil kelas LCGC dapat dijual dengan harga yang sangat murah.

Tidak dapat dipungkiri, mobil murah LCGC ini menyumbangkan angka yang signifikan atas pertumbuhan penjualan, hingga pengguna mobil di Indonesia. Tidak sedikit pengguna kendaraan roda dua yang mulai beralih ke mobil pada tipe LCGC ini sebagai mobil pertama mereka.

Gaya Hidup

Pertumbuhan mobil ini juga tidak lepas dari gaya hidup masyarakat modern, yaitu mobilitas yang tinggi. Untuk masyarakat modern, melakukan aktivitas dari satu tempat ke tempat lainnya sudah menjadi kegiatan rutin tiap harinya. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada satu kalangan saja, namun hampir semua kalangan masyarakat modern memiliki pola gaya hidup seperti ini.

Contohnya anak sekolah dan mahasiswa. Pagi hari aktivitas mereka dimulai dengan berangkat ke sekolah dan kampusnya masing-masing. Di siang hari, mereka bisa melanjutkan aktivitas dengan makan siang di luar. Sore hari dilanjutkan dengan aktivitas after school seperti nge-gym ataupun hangout bersama teman-teman. dan malamnya kembali ke rumah untuk beristirahat.

Bagi yang sudah bekerja maupun yang sudah berkeluarga, pola yang terjadi juga tidak jauh berbeda. Mulai dari pagi berangkat kerja, siang makan siang atau meeting di luar, malam hangout  bersama teman-teman atau keluarga, dan malamnya kembali ke rumah untuk beristirahat.

Mobilitas yang tinggi inilah yang menyebabkan mobil dan gaya hidup masyarakat modern menjadi tidak dapat dipisahkan. Karena, mobilitas yang tinggi pastinya membutuhkan kendaraan yang dapat diandalkan, dan tentunya ekonomis. Melihat kendaraan umum belum menjawab kebutuhan tersebut, maka kendaraan pribadi pun masih menjadi solusi utama hal ini.

MPV 7-Seater Menjadi Pilihan Semua Kalangan

Selain mobilitas yang tinggi, budaya kolektif Indonesia masih mengakar dalam gaya hidup masyarakat modern. Melakukan berbagai aktivitas tersebut tentunya akan lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama, apalagi bersama orang-orang terdekat. Dan tentu saja, menempuh perjalanan bersama teman-teman menuju suatu tempat tentunya akan menjadi lebih menyenangkan ketimbang harus mengemudikan mobil sendirian.

Hal ini juga menjadi jawaban mengapa mobil dengan kapasitas 7 penumpang, atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan MPV 7-seater, sejak dulu sudah menjadi salah satu segmen mobil yang paling banyak diminati.

Sesuai dengan namanya, keunggulan dari tipe MPV 7-seater ini mampu mengangkut sedikitnya tujuh orang penumpang dalam sekali jalan. Menariknya, segmen yang dulunya disasar untuk keluarga, ternyata cocok untuk hampir semua kalangan masyarakat modern, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum.

Karena karakter tersebut, tipe MPV 7-seater akhirnya menjadi populer di semua kalangan masyarakat modern. Bahkan, tipe ini juga bersaing dengan tipe hatchback dan juga city car. Padahal dua segmen ini lebih dikhususkan kepada mereka ketimbang tipe MPV.

Toyota All New Calya, A Wonderful Surprise

Melihat kebutuhan konsumennya, Toyota sebagai pabrikan mobil yang sudah merajai pangsa pasar mobil tipe MPV 7-seater melalui seri Avanza, baru-baru ini mengeluarkan All New Calya. Produk ini akan menjadi andalan Toyota untuk produk MPV 7-seater di kelas Low Cost Green Car (LCGC), atau yang biasa dikenal dengan sebutan mobil murah.

Seperti kakaknya, All New Calya juga diyakini akan menjadi mobil yang menjadi pilihan semua kalangan masyarakat modern, baik dari segmen keluarga maupun yang belum berkeluarga.

Dengan konsep desain yang stylish, sisi eksterior MPV 7-seater ini sudah dilengkapi dengan fog lamp yang hadir dengan tampilan ornamen chrome. Tampilan ini  memberikan kesan eksklusif pada desain All New Cayla. Desain lampu belakang juga dibuat dengan karakter yang modern serta tampilan yang lebar. All New Calya juga tampil sporty dengan desain velg Two-tone Machining Alloy berukuran 14 inci.

Pada sisi interior, dimensi dari All New Calya didesain sedemikian rupa sehingga terlihat compact dari luar. Kabin memiliki ruang kaki yang luas sehingga membuat nyaman pengemudi hingga penumpang di baris ketiga.

Walaupun masuk dalam kategori LCGC, standar mutu Toyota sebagai pabrikan mobil terbesar dunia tetap melekat dan menjadi jaminan atas kualitas Toyota Calya. Fitur keamanannya menyematkan dual SRS air bag, immobilizer key, 3 point seatbelt, rear parking sensor, sampai Anti lock Braking System (ABS) yang memastikan pengereman lebih solid dan responsif.

Pada fitur kenyamanan, All New Calya memberikan rear air circulator yang mengalirkan udara dingin ke bagian belakang untuk kenyamanan penumpang, one touch tumble yang dapat melipat penuh kursi baris ke dua hanya dengan satu sentuhan, sampai sandaran kepala untuk setiap penumpang.

Toyota Calya dijamin akan menjadi kejutan yang indah bagi semua! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com