Advewrtorial

Dukung Olimpiade Rio de Janeiro, GE Reports Rawat Kesehatan Para Atlet

Kompas.com - 25/08/2016, 18:55 WIB

Bagi para atlet, kesehatan merupakan aset yang paling berharga. Jika kondisi badan sehat, mereka akan siap bertanding dengan maksimal. Kesehatan yang begitu berharga tersebut, menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam setiap pertandingan.

Hal tersebut yang terjadi dalam Olimpiade 2016 dan Paralympic Games di Rio de Janeiro, Brasil. Dalam pagelaran olahraga terbesar di dunia tersebut, pelayanan kesehatan untuk para atlet menjadi perhatian yang cukup penting.

Oleh sebab itu, General Electric (GE) Reports Brasil memberikan pelayanan kesehatan kepada para atlet melalui Cloud Technology. Seluruh atlet dan delegasi yang datang dari seluruh dunia mendapatkan akses ke Centricity Practice Solution dari GE Healthcare.

Centricity Practice Solution merupakan sistem yang terintegrasi ke Electronic Medical Record dan Practice Management. Dengan menggunakan teknologi tersebut para atlet tidak perlu membawa tumpukan dokumen medis mereka ke Brasil.

Semua informasi mengenai catatan kesehatan akan disimpan di Cloud Technology yang lebih praktis, aman, dan efisien. Sistem ini dapat diandalkan karena ketepatan analisis datanya.

Cara ini juga diklaim sebagai suatu terobosan baru yang dilakukan GE di bidang medis. Sistem jaringan akan tersedia di poliklinik dan akan terhubung ke semua arena Olimpiade dan di daerah darurat.

Selain memberikan kontribusi untuk mendiagnosis medis atlet selama acara, sistem ini juga dapat membantu melengkapi saat pembinaan tim. Melalui sistem ini, para atlet mampu merumuskan strategi untuk mengingkatkan performa dan penampilan saat bertanding.

-
 

Teknologi ini sebelumnya pernah digunakan oleh tim dari Amerika Serikat pada Olimpiade di London pada tanhun 2012 dan Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014. Walau pun begitu, untuk memenuhi persyaratan dari Komite Olimpiade Internasional, beberapa adaptasi pada Centricity Practice Solution harus dilakukan.

Penggunaan sistem ini dalam Olimpiade 2016 ini, perawatan para atlet terfokus pada ortopedi. Oleh sebab itu, perangkat lunak yang digunakan telah disesuaikan untuk memenuhi permintaan tersebut.

“Kami menerjemahkan seluruh tampilan antar muka dalam bahasa Portugis, yang menjadikan ini sebuah proses yang kompleks karena mengacu pada nomenklatur teknis. Seluruh proses ini memakan waktu sekitar satu tahun,” ungkap Direktur GE Healthcare bidang IT untuk Amerika Latin Paulo Banevicius.

Tak hanya melakukan inovasi dalam pengelolaan data medis untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016 saja, GE juga membantu merawat kesehatan atlet. Perawatan tersebut meliputi dengan melengkapi poliklinik di Barra da Tijuca dengan sinar X, ultrasound, MRI, dan perangkat lunak manajemen medis lainnya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com