Advertorial

Medical Fair Asia 2016, Pameran Kesehatan Terbesar di Asia Tenggara

Kompas.com - 29/08/2016, 19:52 WIB

KOMPAS.com – Medical Fair Asia 2016 – Siap Jadi Acuan Perkembangan Teknologi Peralatan Medis di Asia Tenggara

Medical Fair Asia akan kembali diselenggarakan pada 31 Agustus hingga 2 September ini di The Sands Expo and Convention Center, Marina Bay Sands. Pameran internasional tentang rumah sakit, diagnosa, farmasi, peralatan medis & peralatan dan perlengkapan rehabilitasi yang akan memasuki edisi ke-11 ini terus menunjukkan perkembangan yang berarti, membuktikan perannya sebagai pameran yang menjadi acuan di bidang teknologi peralatan medis dan perawatan kesehatan.

-

Kali ini pameran akan diikuti oleh 1.000 peserta dari 45 negara dan menempati area eksibisi yang luasnya lebih dari 40% ruang pameran edisi sebelumnya yang diselenggarakan pada 2014. Daftar negara yang ikut pameran ini termasuk negara industri terkemuka Uni Eropa, Amerika Utara dengan Kanada, Cina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, Singapura dan Thailand. Sementara Saudi Arabia dan Turki akan berpartisipasi untuk pertama kalinya.

Pameran dagang ini membuka pintu pasar bagi para pemain global dan juga perusahaan inovatif di kawasan ASEAN. Seperti diketahui, dengan 625 juta penduduk di kawasan ini, perawatan medis merupakan kebutuhan yang terus berkembang. Kebutuhan akan teknologi untuk pelayanan kesehatan, telemedicine, pemantauan pasien dan aplikasi digital yang menghubungkan dan mengelola data pasien secara efisien pun cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

-

Bersamaan dengan pameran ini, akan diadakan pula Medicine + Sports Conference Asia. Acara ini diharapkan dapat menaungi kebutuhan akan pasar olahraga dan pengobatan pencegahan dan membahas tantangan dalam hal kebijakan yang berlaku di kawasan ASEAN. Menurut banyak penelitian, segmen pasar di bidang ini diperkirakan akan berkembang 7 persen per tahun untuk akhirnya mencapai angka 3,85 juta dolar Amerika di penghujung tahun 2019.

Di saat bersamaan, angka kejadian penyakit kardiovaskuler dan saluran pernapasan, juga penyakit kronis seperti diabetes di kawasan ASEAN terlihat meningkat drastis. Sehingga, pameran ini diagendakan akan membahas peran olahraga sebagai pencegahan penyakit. Juga bagaimana peralatan medis wearable dapat dimanfaatkan untuk memantau data vital dan kemampuan fisik sebagai salah satu solusi dalam mencegah penyakit.

-

Di acara inilah dokter dari berbagai disiplin ilmu, penyedia layanan kesehatan, pasien, dan ahli dari berbagai bidang akan bertemu pelatih fitness dan pakar industri untuk membantu mengembangkan jaringan, mengetahui inovasi-inovasi dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi sistem perawatan kesehatan di kawasan ini.

Fakta seputar perawatan kesehatan di Asia

  • Asia adalah rumah bagi lebih dari 50% populasi dunia.

  • Populasi yang menua dan meningkatnya prevalensi penyakit negara maju yang diasosiasikan dengan perubahan gaya hidup akan mendorong perkembangan industri obat dan medis di Asia.

  • Perkembangan ini akan semakin terdorong dengan meningkatnya anggaran pemerintah.

  • Disposable income dan kesadaran konsumen akan pelayanan kesehatan yang meningkat akan memacu permintaan akan perawatan non-esensial dan perawatan terapi.

-

Apakah kamu tahu?

  • Singapura ialah pusat kerja bagi tujuh perusahaan besar di bidang kesehatan, Novartis, Merck, Sanofi, Roche, GSK, Johnson & Johnnson, dan Abott. Terdapat pula 10 perusahaan bergerak di bidang teknologi medis memiliki berkantor pusat di sana.

  • Singapura telah menjadi negara dengan perkembangan bio-cluster tercepat, serta mitra strategis bagi lembaga penelitian, perusahaan laboraorium, dan rumah sakit umum. Kerja sama ini berguna untuk menghasilkan pengobatan baru dan terapi bagi pasar regional dan global.

  • Singapura memproduksi 10% dari kontak lensa dunia, lebih dari 70% microarray dunia dan 50% dari thermal cyclers dunia dan spektrometer massa.

  • Terdapat 30 perusahaan teknologi medis yang memproduksi perlengkapan medis untuk kawasan regional dan pasar global di Singapura

  • 30 dari perusahaan biomedis terkemuka dunia memperkuat Singapura dan menggunakan Singapura sebagai markas mereka untuk mengembangkan solusi medis yang inovatif yang disesuaikan dengan pasar Asia.

  • Singapura adalah pemasok di bidang teknologi medis yang tersertifikasi ISO13485

  • Singapura adalah rumah bagi pameran dan konferensi medis dan pelayanan kesehatan terbaik, termasuk: BioPharma Asia Convention, Tech Transfer Summit Asia, Ageing Asia Investment Forum, RehabTech Asia, World Congress of Integrated Care 2013, World Confederation for Physical Therapy Congress 2015, Asia Pacific Hospice Conference 2017

-

Bagi Anda yang berminat ikut serta dapat mencari informasi lebih lanjut di sini. Atau, pengunjung dapat menghubungi Daphne Yeo di +65-6332-9682 dan mengirimkan surel ke daphne@mda.com.sg. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com