Advertorial

Honda Adu Mekanik-Mekanik Terbaiknya di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 31/08/2016, 09:15 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali selenggarakan kompetisi teknik, The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest. Jumlah mekanik yang berpartisipasi dalan kegiatan ini mencapai 22.245 orang, yang mewakili jaringan diler AHM seluruh Indonesia.

Bukan tanpa maksud, kompetisi ini bertujuan untuk memotivasi serta mengukur kemampuan mekanik dan service advisor Honda dalam memberi layanan purna jual terbaik bagi konsumen. Setidaknya ada tiga kategori yang dilombakan, mulai dari mekanik pit, service advisor (SA) dan kategori terbaru Pre Delivery Inspection (PDI).

"Kompetisi yang telah memasuki tahun ke-23 ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi perusahaan demi meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pada jaringan purna jual Honda, sehingga layanan untuk konsumen Honda dapat lebih maksimal," ujar Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division AHM, Kamis (25/8/2016).

Proses seleksi pertama pada tingkat AHASS sudah dilakukan sejak Desember 2015 hingga Mei 2016, yang dilakukan secara bertahap. Dimulai dari tingkat Astra Honda Authorized Sevice Station (AHASS), yang diikuti 18.491 mekanik dan 3.754 SA. Setelah itu berlanjut ke tahap regional di mana tersaring 3.752 mekanik pit, 512 SA dan 352 mekanik PDI. Lalu pada tahap terakhir ini, terpilih 27 mekanik AHASS, 27 SA dan 27 mekanik PDI yang bertarung di tingkat nasional.

Materi uji yang diberikan pada tahapan seleksi ini terdiri atas uji pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda. Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan sepeda motor. Lalu untuk service advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling.

-

Mekanik dan Service Advisor Terbaik

Setelah melalui tahap panjang, akhirnya AHM berhasil memilih tiga pekerja bengkel resmi terbaiknya, dari masing-masing kategori. Selain mendapatkan uang tunai, dua dari tiga diberikan sepeda motor New Honda Sonic 150R untuk mekanik terbaik, dan Honda Supra GTR 150 kepada service advisor (SA) terbaik.

“Saya tidak menyangka memenangkan ini. Saya akan berusaha terus memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen Honda yang datang ke AHASS tempat saya bekerja,” ujar Abdul Muiz pemenang pertama kategori mekanik, dari wilayah main dealer Astra Motor Center Semarang.

Sementara itu, Fadzar Supriyadi, pemenang kategori service advisor dari wilayah main dealer PT Wahana Makmur Sejati - Jakarta, tepatnya di bengkel AHASS PT Tunas Dwipa Matra Cabang Saharjo mengatakan, dengan prestasi ini, dirinya berharap akan jadi pondasi kesuksesannya ke depan.

“Padahal masih banyak senior-senior yang sudah berpengalaman dan hebat-hebat, dan tidak pernah terlintas bisa menjadi pemenang. Pencapaian ini tentunya sangat membanggakan dan semakin memotivasi saya untuk mempersembahkan hasil kerja terbaik saya untuk kepuasan konsumen Honda di AHASS,” ucap Fadzar yang Desember 2016 ini baru menginjak usia 23 tahun.

Pemenang dari kategori baru yang dikompetisikan (PDI) yaitu Mualif Rusdianto, dari main dealer  PT Daya Adicipta Motora - Bandung, yang bertugas di AHASS Daya Motor Soekarno Hatta, mengutarakan hal senada.

“Persiapan sendiri sudah ada bimbingan dari diler utama sekitar dua bulan, di sana diberi arahan serta pembelajaran teori maupun praktek. Semua yang dipelajari tersebut, selain untuk kompetisi juga langsung diaplikasikan ketika bekerja, sehingga menyenangkan konsumen. Kemenangan ini semoga bisa menginspirasi teman-teman PDI lain untuk terus berprestasi,” ucap Mualif. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com