Advertorial

7 Manfaat Super dari Arang untuk Tubuh Anda

Kompas.com - 01/09/2016, 14:41 WIB

Kesan kotor, hitam, dan buruk rupa memang selalu melekat pada arang. Namun, jangan pandang sebelah mata benda yang satu ini. Ternyata arang tidak hanya berjasa dalam membuat api tungku barbekyu Anda menyala sempurna, atau membantu menyuburkan tanaman anggrek dalam pot. Benda yang satu ini, memiliki manfaat super  yang tak terduga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan! Baca penjelasan berikut, dan siap-siap penasaran untuk mencobanya.

1. Menyegarkan udara

Taruh sebongkah arang dalam wadah plastik. Letakkan di sudut-sudut ruangan, kulkas, atau laci pakaian.  Arang dikenal sebagai benda yang memiliki kemampuan memurnikan. Meletakkan arang di tiga tempat tersebut akan membantu menyerap bau tak sedap baik yang disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun faktor-faktor lain. Udara yang lebih segar tentu akan membuat nafas lebih leluasa.

2. Detoks!

Anda tentunya pernah mencoba inovasi kuliner sehat seperti jus arang, burger dengan roti hitam yang terbuat dari arang, atau yogurt hitam dengan kandungan arang. Makanan-makanan dengan bahan pelengkap arang tersebut populer hingga kini karena dipercaya dapat membantu detoksifikasi tubuh dari toksin. Bahkan disebut juga arang dapat meminimalisir gas lambung. Bagi Anda yang sering merasa perut kembung, boleh dicoba.

3. Masker wajah

Campurkan setengah sendok makan bubuk arang dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan sebagai masker wajah. Diamkan hingga mengering selama 30 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Kulit akan terasa lembut dan terlihat lebih bersih. Ini karena arang memiliki kemampuan deep cleansing, atau membersihkan secara sempurna hingga ke pori-pori.

4. Mengempiskan jerawat bandel

Untuk merasakan manfaat yang satu ini jangan menggunakan arang biasa, gunakan serbuk activated charcoal yang banyak tersedia dalam kemasan kapsul. Campurkan saja serbuk activated charcoal dengan sedikit air, lalu tempelkan pada jerawat seperti menggunakan salep. Diamkan selama semalam. Para wanita yang pernah bereksperimen menghilangkan jerawat dengan cara ini mengatakan jerawat menjadi cepat matang dan cepat kering.

5. Menyembuhkan gigitan serangga

Bengkak akibat gigitan serangga bisa juga dihilangkan dengan arang. Arang dipercaya dapat menyerap racun serangga yang membuat kulit bengkak dan memberi efek menenangkan kulit.

6. Detoks rambut dan kulit kepala

Setiap hari rambut dan kulit kepala Anda berinteraksi dengan kandungan kimia dari produk perawatan dan penataan rambut. Untuk menetralkan toksin dan kotoran dari rambut serta kulit kepala cobalah untuk mencampur shampoo yang biasa Anda pakai dengan sedikit bubuk activated charcoal. Cuci rambut dengan campuran tersebut. Rambut dan kulit kepala akan lebih segar.

-

7. Pembersih gigi alami

Sering gemas dengan sisa-sisa makanan atau plak yang menumpuk di sela-sela gigi? Coba sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung partikel arang. Pasta gigi semacam ini dikenal dengan kemampuan membersihkan hingga ke sela-sela gigi yang biasanya sulit dijangkau oleh sikat gigi. Cobalah Colgate Total Charcoal Deep Clean!

Colgate Total Charcoal Deep Clean memiliki formula anti bakteri yang mengandung micro charcoal particles. Partikel-partikel tersebut dapat berpenetrasi ke sela-sela gigi dan mengurangi tumpukan plak. Selain itu pasta gigi ini dapat melindungi gigi hingga 12 jam. Sikat gigi rutin dengan teknik yang betul dengan pasta gigi ini untuk hasil maksimal. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com