Advertorial

Kota Malang Punya ‘Wisata’ Baru di Bulan September Ini!

Kompas.com - 16/09/2016, 08:00 WIB

pesona indonesia

Hawa yang sejuk membuat Kota Malang menjadi lokasi favorit untuk lari sejenak dari kegiatan sehari-hari yang membuat stres.  Berbagai objek wisata pun bertebaran di Kota Apel ini. Mulai dari wisata alam hingga taman rekreasi bisa menjadi pilihan para pelancong.

Sebut saja Jatim Park yang menjadi destinasi wisata keluarga karena memiliki berbagai wahana yang seru dan dapat mengedukasi anak-anak. Lalu ada lagi Museum Angkut  yang memamerkan mobil-mobil tua dari berbagai benua dan juga kendaraan-kendaraan masa lampau.

Selain itu, wisata alamnya juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Agro wisata perik apel menjadi salah satu wisata yang menjadi kegiatan wajib saat di kota ini. Ada juga Pantai Tiga Warna yang terletak di Desa Sendang Biru menyuguhkan keindahan alam dipadu dengan konservasi mangrove serta wisata petualangan.

Nah, ternyata selain objek wisata tersebut, Malang akan memberikan suguhan yang unik dan berbeda di bulan September ini. Pusaka Indonesia Festival 2016 akan diselenggarakan di Kota Malang, pada 18-24 September 2016.

Dalam acara tersebut, akan ada berbagai kegiatan yang dikemas dalam bentuk literasi dan kebudayaan yang dinamis dengan tetap menampilkan nilai seni budaya tradisional, kontemporer, dan modern. Pusaka Indonesia Festival 2016 sendiri menargetkan sebanyak 18.000 wisatawan domestik dan 2.700 wisatawan mancanegara akan mengunjungi acara ini.

Acara yang diselenggarakan berkat kerja sama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementeriaan Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, dan berbagai komunitas seni ini selaras dengan Nawa Cita Pemerintah Indonesia yang mengutamakan aspek pendidikan dan kebudayaan.

Dalam Pusaka Indonesia Festival, dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Temu Pusaka Indonesia, Literasi Singhasari, dan Festival Panji. Temu Pusaka Indonesia merupakan serangkaian kegiatan yang didedikasikan untuk menggali dan membumikan nilai luhur bangsa Indonesia. Sementara itu, Literasi Singhasari diselenggarakan dan didedikasikan bagi penulis, akademisi, sejarawan, arkeolog, jurnalis, pelajar, mahasiswa, dan pengamat budaya serta pemerintah melalui ruang dialog.

Terakhir adalah Festival Panji yang akan menghibur pengunjung dengan pementasan seni budaya yang menampilkan berbagai kisah panji dalam sepekan penuh. Pertunjukan tersebut dibawakan oleh para seniman dari berbagai negara Asia.

Dalam festival ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan budaya dan seni , seperti pameran topeng, pameran fotografi, lomba film pendek, lomba animasi, dan masih banyak lainnya. Dengan diadakan acara ini, kota Malang dapat menjadi tempat untuk dapat menggali nilai-nilai warisan budaya yang diyakini mampu meningkatkan rasa cinta kepada warisan seni dan budaya.

Jadi, jika Anda mengunjungi kota Malang pada tanggal 18 hingga 24 September 2016, jangan lupa juga untuk mendatangi Indonesia Pusaka Festival untuk menambah pengetahuan mengenai seni dan budaya Indonesia, ya! Untuk informasi lebih lanjut dan jadwal acara, silakan klik di sini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com