Advertorial

Toyota Classics Concert 2016, Konser Klasik yang Menggerakkan Kehidupan

Kompas.com - 29/09/2016, 10:54 WIB

Toyota Classics Concert 2016 kembali digelar. Ini adalah acara tahunan dari pabrikan mobil raksasa Toyota yang sudah dilaksanakan ke-27 kalinya. Tahun ini tema yang diangkat adalah Music That Moves Lives, dengan harapan melalui tema tersebut apresiasi terhadap musik dapat meningkat.

Diadakan di Ciputra Artpreneur Theater pada 29 Oktober mendatang, penonton akan  disuguhkan konsep Singphony, yaitu perpaduan antara elemen nyanyian penyanyi opera dengan simfoni musik. Lagu-lagu dari opera populer, seperti Turandot, Carmen, La Traviata, Madame Butterfly, Rigoletto, dan masih banyak lagi akan ditampilkan.

Pianis asal Singapura Pamela Tan-Nicholson, dan violis sekaligus konduktor asal Bulgaria, Vasco Vassilev, akan dihadirkan sebagai bintang tamu. Kebetulan Vasco Vassilev juga didaulat sebagai Art Director Toyota Classics Concert 2016.

Selain itu, Isyana Sarasvati juga akan berkolaborasi dengan orkestra. Tidak lupa lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan oleh paduan suara dan orkestra lokal.

Bentuk kontribusi Toyota terhadap kehidupan masyarkat

Pagelaran musik klasik dari pabrikan mobil raksasa ini adalah konser amal yang merupakan bagian dari agenda tahunan kegiatan CSR Toyota Asia Pasifik. Seluruh hasil penjualan tiketnya akan didonasikan untuk pengembangan di bidang sosial.

“Sebagai perusahaan otomotif, kami tidak hanya terus berupaya menghadirkan produk dan teknologi sesuai kebutuhan pelanggan saja tetapi juga memberi arti dan berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat dan lingkungan Indonesia,” ujar Vice President Director, PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Konser amal ini pertama kali digelar di negara-negara Asia Pasifik seperti Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Laos, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Indonesia pada tahun 1990, untuk menggerakkan kehidupan masyarakat di sana. Jika dihitung-hitung, sejak tahun 1990 sampai 2015, total donasi dari pelaksanaan konser ini sudah mencapai lebih dari 876 juta yen Jepang, atau senilai 8,6 juta dolar AS.

Pelaksanaan konser ini di Indonesia tidak hanya bertepatan dengan 45 tahun eksistensi Toyota di Indonesia tetapi juga dengan penyelenggaraan program Toyota Eco Youth. Oleh karenanya, sebagian penjualan tiket juga digunakan untuk membangun Toyota Eco Galleries di beberapa sekolah.

Toyota Eco Galleries adalah wadah belajar mengenai teknologi ramah lingkungan bagi siswa siswi SMA yang ikut dalam program Toyota Eco Youth. Sejak pelaksanaan pertama Toyota Eco Youth sudah ada 22 Toyota Eco Galleries yang dibangun.

“Toyota Classics Concert adalah kegiatan paling menonjol dari 200 program CSR Toyota untuk kawasan Asia. Kami sudah berhasil mendatangkan kegembiraan lewat konser ini, menyentuh kehidupan orang-orang yang menyaksikan konser ini maupun yang di luar sana, mendukung musisi-musisi muda untuk berkarya dan mengumpulkan donasi sosial untuk badan amal lokal,” ujar Hiroyuki Fukui, President Director PT Toyota-Astra Motor.

Konser ini akan menjadi persembahan unik karena sambil menikmati keindahan alunan musik klasik tamu yang hadir dapat sekaligus beramal. Sungguh sebuah konser yang layak untuk dinantikan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com