Advertorial

FIM Asia Supermoto Championship 2016 akan Digelar di Malang

Kompas.com - 03/10/2016, 08:37 WIB

Setelah sukses menyelenggarakan ajang balap supermoto yang sama pada 2015 lalu, Asia Supersports Group kembali menghadirkan Federation International Motorcycle of Asia (FIM Asia) Supermoto Championship. Tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu tuan rumah FIM Asia Supermoto Championship 2016.

Sebelas negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Filipina, Indonesia, Inggris, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Sri Lanka, dan Taiwan, akan ambil bagian dalam kejuaraan supermoto tingkat Asia ini. Seri pertama telah berlangsung pada 3-4 September 2016 lalu di Newcastle, Australia.

Dari situ, sebanyak 23 pembalap supermoto dari 14 negara akan saling adu kecepatan untuk meraih gelar juara di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Seri kedua tersebut akan berlangsung pada 8-9 Oktober 2016 mendatang.

Kemudian, seri ketiga akan diadakan pada 12-13 November 2016 di Pampanga, Filipina. Seri terakhir sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 17-18 Desember 2016, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada seri kedua nanti, Stadion Kanjuruhan akan diubah menjadi sirkuit sepanjang 1,2 kilometer yang sangat menantang. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga telah menyiapkan jalur offroad dengan panjang sekitar 250 meter. Sirkuit tersebut tentunya akan menguji kemampuan para pembalap dalam menjaga keseimbangan, melalui sejumlah tikungan hairpin (tusuk konde), dan menaklukan rintangan di medan offroad

Mendengar hal tersebut, pembalap tim KTM asal Malaysia, Muhd Habibullah, mengaku bahwa ia merasa sangat tertantang untuk bertanding di sirkuit yang diciptakan khusus untuk FIM Asia Supermoto Championship 2016 itu.

“Saya punya kepercayaan diri lebih saat berhadapan dengan (medan) offroad dan Malang akan jadi sebuah tantangan besar. Saya akan terus berlatih dan memastikan bahwa saya siap untuk ajang balap ini,” kata Habibullah yang saat ini memimpin klasemen sementara dengan 50 poin.   

Asia Supersports Group selaku pihak penyelenggara memastikan bahwa seri kedua akan berlangsung secara meriah. Sebab, ajang ini tak hanya menyajikan balapan, tetapi juga acara yang dikemas dalam bentuk festival bagi para penggemar supermoto. Festival ini akan diisi dengan beragam aktivitas menarik, seperti coaching clinic, pameran, dan penampilan stunt rider, Wawan Tembong.

Seperti yang diungkapkan langsung oleh Chief Executive Officer of Asia Supersports Group Satheswaran Mayachandranadded.

Mayachandranadded berujar, “FIM Asia Supermoto Championship bukan hanya sekadar venue bagi penggemar motorsport yang ingin menikmati olahraga, tetapi juga sebuah platform untuk menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan antar negara.”

Seri kedua FIM Asia Supermoto Championship 2016 ini juga mendapat dukungan penuh dari BOLD XPERIENCE. Seperti diketahui, setiap acara yang diselenggarakan oleh BOLD XPERIENCE selalu memberikan sesuatu yang baru dan belum pernah ada di Indonesia sebelumnya, Jadi, ajang ini bisa dipastikan akan menjadi sebuah pengalaman unik dan berkesan bagi para pebalap maupun penonton. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com