Advertorial

Atlet Terkesima dengan Kemeriahan Penutupan PON XIX Jawa Barat

Kompas.com - 07/10/2016, 08:30 WIB

Upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat berlangsung megah. Penutupan tersebut meninggalkan kesan tersendiri bagi para atlet Jawa Barat. Aurora Almarini, atlet renang indah, mengaku sangat terkesan dengan suguhan acara penutupan PON.

“Selama tiga kali saya ikut PON, baru pertama ini aja saya ikut di acara penutupan. Ya, senang akhirnya bisa ikut. Tadi lihat suguhan acaranya juga sangat memukau," ujar Aurora, usai upacara penutupan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pekan lalu.

Penutupan PON XIX Jawa Barat diselenggarakan dengan tema “Harmoni Nusantara”. Penutupan tersebut dimeriahkan dengan sederet hiburan rakyat, seperti rampak kendang Sunda, ribuan penari kolosal, serta 30 musisi asal Jawa Barat, salah satunya Andi /Rif.

Menurutnya, penyelenggara PON XIX Jawa barat mengonsepkan acara penutupan secara matang. "Keren banget semua sajian yang ditampilkan memang bagus sekali. Kelihatan kalau memang acara ini tuh disiapin secara matang. Sekali lagi, saya sangat terkesan," tutur Aurora.

Sementara salah satu penari di penutupan PON XIX Jawa Barat, Anna Ramadhianty, menyatakan bangga bisa terlibat langsung di acara tersebut. Ia mengaku sempat tak menyangka mendapat kesempatan untuk berpartisipasi menutup perhelatan olahraga ini.

"Pasti seneng banget, karena acaranya kan paling megah dibanding dengan acara pembukaan dan penutupan PON sebelumnya. Apalagi, Jabar-nya juga bisa juara umum," kata mahasiswi jurusan seni tari UPI itu.

Saat itu, Anna menampilkan tari Saman khas Aceh. Meski sempat merasa tegang sebelum tampil, ia tetap memotivasi dirinya untuk menampilkan yang terbaik.

Steven dari Papua yang turut menyaksikan perhelatan ini pun merasa senang dengan penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat. Menurutnya, pihak penyelenggara berhasil menciptakan suasana penyambutan yang ramah, serta infrastruktur plus sarana dan prasarana pun yang baik. Ia mengaku penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat bisa dijadikan acuan untuk PON selanjutnya, yakni PON XX yang akan diselenggarakan di Papua.

Hal sama diungkapkan Ketua Pengurus Perserosi (Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia) Papua Jacky Abel. Ia mengatakan atlet merasa berkesan dengan pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat ini. Terlebih lagi, katanya, Papua bisa meraih medali emas pada cabang olah raga sepatu roda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com