Advertorial

Saatnya Generasi Muda Indonesia Berinovasi Kembangkan Teknologi Digital

Kompas.com - 09/10/2016, 14:08 WIB

Di zaman seperti saat ini, hampir semua bisa didapatkan melalui digital. Hampir semua produk digital memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi semua pihak.

Untuk itulah BlackXperience.com kembali menggelar kompetisi inovasi dan kreatifitas BlackInnovation 2016.

Kali ini, selain produk inovasi kreatif, BlackInnovation 2016 memperluas kesempatan para kreator dan innovator untuk mengikutsertakan inovasi produk yang berhubungan dengan internet atau digital (Internet of Things/IoT).

Dengan mengusung tema “Convert your Ideas into Values”, kompetisi ini memperluas kategori yang tidak hanya menginovasi produk untuk digunakan sehari-hari, tetapi juga meliputi produk digital kreatif.

Produk digital kreatif tersebut contohnya pengaplikasian informasi kota pintar (smart city), seperti informasi banjir, notifikasi gempa dan tsunami, atau sekedar aplikasi digital dalam rumah tangga.

BlackInnovation 2016 ini merupakan bentuk inisiatif berkelanjutan untuk mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat. “BlackXperience.com membuka ruang berkreasi anak bangsa yang pada dasarnya kaya akan pemikiran ide inovasi untuk Indonesia,” jelas Dhirgantara, General Manager BlackXperience.com.

Untuk mensukseskan kompetisi ini, BlackXperience.com mengadakan roadshow ke universitas-universitas di Indonesia, yaitu Universitas Mercu Buana Jakarta (7/09/2016), Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang (21/09/2016), Universitas Gajah Mada (UGM)  Yogyakarta (23/09/2016), dan Universitas Brawijaya Malang (27/09/2016).

Roadshow di universitas-universitas tersebut, mengangkat tema “Innovation as a Ability to Convert Ideas Into Values”. Para pembicara pun berbeda-beda di setiap acara, antara lain CEO Qlue Rama Raditya, CEO Brodo Yukka Harlanda, inovator produk Stapack Irvan Hermawan, pemilik Svas Living sekaligus juri BlackInnovation 2016 Svasti Manggalia, dan konsultan teknologi dan internet of things Gisneo Pratala Putra, Arifin Bong sebagai Organizing Committee BlackInnovation 2016.

-
“Kehadiran kami di berbagai kampus tersebut untuk memberikan motivasi berinovasi bagi civitas akademi yang pada dasarnya memiliki energi gagasan yang cukup besar. BlackXperience.com berbagi pengalaman dan berdiskusi terkait ide inovasi yang dapat dikembangkan untuk kehidupan masyarakat di Indonesia," ujar Arifin Bong saat menjadi pembicara di Universitas Brawijaya.

Selain empat universitas tersebut, diselenggarakan juga BlackInnovation Developer Meetup bersama DailySocial di Eduplex, Dago, Bandung. Tema yang diangkat adalah “Inspiring People to Innovate and See the Future of IoT”.

Acara tersebut dihadiri puluhan IT developer asal Kota kembang yang bergelut di bidang teknologi, seperti pelaku startup dan mahasiswa teknik informatika.

Di lima lokasi roadshow tersebut, BlackInnovation 2016 membuka pendaftaran bagi calon peserta yang ingin mendaftarkan ide gagasan inovasinya. Nah, bagi Anda yang juga ingin menuangkan inovasi dalam kompetisi ini bisa mendaftarkan ide atau desain produk inovasi secara online melalui BlackInnovationBlackXperience.com

Periode pendaftaran mulai dari Agustus 2016 hingga November 2016. Semua ide inovasi yang terdaftar akan melewati fase penyeleksian (screening) oleh penjurian internal, presentasi, mentoring, dan penjurian pada bulan November 2016.

Sebanyak 30 peserta terbaik akan melakukan presentasi penjurian di akhir November 2016. Kemudian tersaring 15 peserta terbaik akan melanjutkan tahapan penjurian dan mentoring melalui pembuatan dari ide inovasi ke mock-up (contoh produk) dan presentasi 15 besar peserta tersebut di depan para juri.

Penjurian yang menilai ide inovasi para peserta dilakukan secara independen oleh tujuh juri pengamat dan praktisi inovasi, yaitu Danny Oei Wirianto (CMO GDP Venture), M. Yukka Harlanda  (CEO Bro.Do), Achmad Fadillah (Desainer Produk), Aulia Faqih (CEO & Founder dirakit.com), Svasti Manggalia (Owner Svas Living), Rama Raditya (CEO Qlue), dan Budi Suwarna (Jurnalis Senior).

Bagi peserta yang berhasil lolos dan menang, BlackInnovation 2016 menyiapkan total hadiah berupa uang tunai dan paket perjalanan Innovation Journey ke industri kreatif di luar negeri. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com