Advertorial

Luwak Ice Koffie Black, Pertama di Indonesia dengan Teknologi “Cold Brew”

Kompas.com - 10/10/2016, 08:55 WIB

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, terutama di kota-kota besar yang panas, menyeruput minuman dingin tentunya dapat menjadi “surga” tersendiri untuk menghilangkan dahaga. Itu sebabnya kopi dingin juga semakin banyak dicari oleh para penggemarnya.

Salah satu cara penyajian kopi dingin yang saat ini populer di coffee shop tanah air adalah cold brew atau kopi seduh dingin. Kopi yang disajikan dingin menghasilkan cita rasa unik. Ini yang menyebabkan penggemark cold brew  jadi fanatik dan kemudian menganggap salah satu jenis minuman kopi dingin ini lebih baik dari yang lain.

-

Cold brew ini rasanya lebih manis karena kadar asam yang rendah. Para pencinta cold brew mengklaim bahwa metode yang dipakai dalam pembuatan cold brew ini menghasilkan kopi yang rasanya paling lembut sekaligus kaya. Orang Amerika sudah lama sekali suka dengan kopi dingin yang dibuat dengan cara ini, tapi mereka meminumnya di tempat-tempat lain yang udaranya panas, seperti Vietnam dan Peru.

Menurut sejarah, alat untuk membuat cold brew ditemukan pada tahun 1964 oleh seorang insinyur kimia yang bernama Todd Simpson. Ketika itu Todd memesan kopi di sebuah kedai kopi di Guatemala dan dia diberikan kopi yang dingin dengan tambahan air mendidih di sampingnya. Minuman ini sebenarnya untuk ibunya yang tidak bisa minum kopi karena pencernaannya kurang baik. Ternyata dia tidak mengalami masalah ketika minum kopi yang dibuat dengan cara ini.

Kadar asam lebih rendah

Bubuk kopi itu jika dicampur dengan air panas, akan mengeluarkan minyak yang tidak bisa larut di temperatur rendah. Minyak ini penuh dengan zat asam yang memberi rasa pahit pada kopi. Dengan cara cold brew, kadar asam dalam kopi berkurang sebanyak 67%. Jadi, kopi seduh dingin lebih sehat untuk perut dan gigi.

Rasa kopi lebih mantap

Karena kadar asamnya berkurang, maka rasa kopinya akan lebih terasa. Rasa coklat, buah-buahan, dan kacang yang sebenarnya ada dalam biji kopi jadi mencuat keluar. Seru, bukan? Lain halnya dengan minum iced coffee biasa, pasti rasa-rasa kopinya sudah tak begitu terasa.

-

Luwak Ice Koffie, kopi dengan microparticle, menjadi kopi hitam Cold Brew pertama di indonesia. Luwak Ice Koffie dikembangkan oleh penghasil Luwak White Coffee. Rasa ice koffie disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang mengutamakan kelezatan rasa dan aroma kental khas Indonesia. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com