Advertorial

Perlu Modal Nikah? Pakai Pinjaman KTA Saja!

Kompas.com - 13/10/2016, 09:51 WIB

Menikah bukanlah perkara mudah, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pernikahan adalah momen sekali dalam seumur hidup, maka tidak heran banyak orang yang menginginkan pernikahan semewah mungkin dan berkesan bagi orang lain. 

Resepsi menjadi proses dalam pernikahan yang paling banyak memakan biaya. Dana yang besar diperlukan untuk penyewaan dekorasi, baju dan rias pengantin, katering, sewa gedung pernikahan dan lainnya. Meskipun menginginkan pernikahan yang sederhana dan tidak memerlukan dekorasi mewah, Anda juga tetap memerlukan biaya bukan? 

Bagi Anda yang sudah bekerja, merasa mapan, dan sudah menemukan pujaan hati, pastinya tidak ingin lagi menunda-nunda pernikahan. Apalagi jika merasa usia sudah matang untuk menikah. Namun, bagaimana dengan biaya pernikahan yang besar? 

Tidak perlu cemas karena karena sekarang Anda dapat mencari solusi terbaik untuk mendapatkan dana cepat. Meskipun belum memiliki aset yang dapat digunakan sebagai jaminan, asalkan sudah memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA secara online. KTA adalah peminjaman uang tanpa harus menggunakan jaminan, nilai peminjaman juga cukup tinggi yaitu antara Rp 10 juta hingga Rp 250 juta. Pinjaman jenis ini biasanya disebut juga dengan istilah Personal Loan (PL). 

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, lakukan langkah-langkah berikut: 

1.  Pemilihan Bank 

Memilih bank yang tepat adalah langkah penting yang akan mempengaruhi masa yang akan dating. Anda dituntut untuk mengenal bank atau lembaga multifinance.  Tidak cukup jika hanya mengetahui satu saja, minimal Anda mengetahui lebih dari dua Bank atau lembaga multifinance untuk membandingkan. 

Pilih bank atau lembaga multifinance dengan fitur dan kelebihan yang menurut Anda sangat menguntungkan. Selain itu hitung atau buat simulasi perhitungan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan. Suku bunga yang ditetapkan biasanya berkisar 1,1 persen sampai 2 persen. Jangan sampai cicilan memberatkan Anda dikemudian hari. 

Ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman KTA dengan bunga rendah. Anda dapat memilih KTA dari bank lokal seperti pinjaman KTA CIMB Niaga. Sebagai alternatif, bisa juga memilih bank internasional seperti ANZ atau QNB yang menawarkan ANZ Personal Loan dan KTA QNB bisa dijadikan alternatif pinjaman Anda. 

2.  Penuhi persyaratan dan ketentuan 

Setelah Anda mengetahui secara pasti fitur yang ditetapkan oleh bank atau lembaga tersebut, langsung persiapkan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi. Biasanya dokumen yang diminta adalah foto copy KTP, foto copy kartu kredit, slip gaji, foto copy NPWP, SIUP dan lain-lain. Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda – beda. 

3.  Daftar 

Untuk mendaftarkan pengajuan KTA cukup datang ke bank atau  kantor lembaga multifinance terdekat. Ada juga beberapa bank yang sudah menyediakan system pendaftaran online. Jadi Anda bisa mengisi daftar yang tersedia lewat internet. Setelah itu Anda juga bisa melampirkan dokumen yang telah di-scan melalui email atau alamat yang tersedia. 

Pihak bank akan melakukan survei dan verifikasi. Bisa dengan datang ke rumah Anda atau bisa juga lewat telepon. Verifikasi dilakukan dengan wawancara singkat seputar data yang telah Anda masukkan. Sebagai alternatif, situs pinjaman cermati.com menyediakan pendaftaran KTA online dengan syarat yang mudah sehingga cukup membantu bagi Anda yang menginginkan kemudahan pengajuan KTA. 

4.  Pemrosesan dana 

Dana akan cair paling lambat tiga hari setelah survey jika kartu kredit Anda memiliki skor histori yang baik. Jika Anda memiliki catatan tunggakan, penggunaan hingga overlimit, dan sejumlah hutang lainnya maka pihak bank akan susah menerima aplikasi Anda. Pihak bank akan menilai bahwa Anda kurang disiplin dalam mengatur keuangan. 

Dana bisa saja cair  meski Anda memiliki hutang.  Tetapi sebaiknya pertimbangkan jika hutang yang dulu saja belum lunas bagaimana dengan hutang yang sekarang. Anda harus membandingkan nilai hutang Anda dengan pendapatan. Setidaknya jumlah cicilan adalah 30 persen dari pendapatan, mengingat Anda juga harus memenuhi kebutuhan yang lainnya. 

Impian untuk cepat menikah akan segera terwujud tanpa harus menabung sedikit demi sedikit, Pinjaman KTA bisa dijadikan alternatif untuk sumber dana pernikahan Anda. (Adv)

 

Penulis: Budi Santoso

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com