Advertorial

Ini Daftar Produsen Mobil Terkenal dan Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 13/10/2016, 10:02 WIB

Sebuah barang yang berasal dari pabrik tentunya tidak pernah lepas dari produsen yang membuatnya. Dalam industri kendaraan, reputasi dan kapasitas produsen untuk memproduksi kendaraan dalam jumlah banyak menjadi tolok ukur dalam distribusi kendaraan di luar negara pembuatnya. Tolok ukur tersebut terutama digunakan di industri mobil.

Dalam industri pembuatan mobil keberadaan produsen sangat menentukan distribusi kendaraan di negara tersebut. Di Indonesia produsen mobil luar negeri semakin bertambah jumlahnya karena permintaan yang semakin meningkat. Terutama yang berasal dari Jepang.

Berbagai merek mobil yang tersebar di Indonesia, terutama mobil pabrikan Jepang memiliki banyak pabrik yang tersebar di nusantara. Selain untuk menghemat biaya produksi dan bahan baku, keberadaan pabrik-pabrik ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama jangka panjang dan mempermudah distribusi kendaraan secara nasional.

Apa saja produsen – produsen mobil yang terkenal dan terbesar yang ada di Indonesia, berikut daftarnya :

1. Toyota

Toyota merupakan salah satu produsen mobil yang sudah sangat dikenal di Indonesia sejak tahun 1973. Dengan jumlah penjualan mobil yang semakin tinggi setiap tahunnya rasanya tidak heran bila Toyota memiliki pabrik di Indonesia. Produsen mobil ini merajai pasar MPV di Indonesia seiring dengan semakin banyaknya orang-orang yang mengajukan kredit Toyota Avanza.

Perusahaan yang menaungi Toyota di Indonesia, yaitu  Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan beberapa pabrik di Indonesia seperti di Sunter dan Karawang. Mobil-mobil Toyota seperti Yaris, Agya, Avanza, Veloz, Fortuner, dan Innova sudah diproduksi di Indonesia dengan harga yang lebih murah dibanding dari Jepang. Produksi mobil Toyota di Indonesia mencapai kurang lebih 200.000 unit per tahun.

2. Honda

Honda juga merupakan salah satu produsen yang terbilang cukup lama eksis di Indonesia. Hadir dengan berbagai produk-produk mobil hatchback yang laris di Indonesia seperti Honda Jazz dan Honda Brio membuat Honda menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memilih kendaraan mereka. Honda memiliki beberapa pabrik di daerah Karawang dengan kapasitas produksi mencapai 200.000 unit per tahun. Sebagian besar produk mobilnya seperti Mobilio, HR-V, Brio, dan Freed sudah dapat diproduksi di Indonesia.

3. Daihatsu

Tidak banyak yang menyangka bahwa produsen mobil ini masuk dalam daftar produsen terbaik di Indonesia. Satu hal yang membuat Daihatsu naik daun adalah peluncuran mobil Daihatsu Ayla dan juga Daihatsu Xenia. Kedua mobil tersebut menjadi “kuda hitam” bagi Daihatsu hingga saat ini. Jumlah orang yang mengajukan kredit Daihatsu Ayla semakin banyak setiap harinya. Pabrik Daihatsu berlokasi di Sunter dan Karawang dengan jumlah produksi mobil mencapai 180.000-200.000 unit  tiap tahunnya. Pabrik di Indonesia membuat mobil-mobil Daihatsu dapat dijual dengan lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

4. Suzuki

Produsen mobil ini naik turun dalam perkembangannya. Mungkin terkadang produsen mobil ini tidak bisa memenangkan penjualan mobil – mobil terbanyak di Indonesia. Namun jangan salah sangka, Suzuki memiliki empat pabrik di daerah Cikarang yang mampu memproduksi 150.000 unit mobil setiap tahunnya. Setelah peluncuran mobil Suzuki Swift dan Ertiga yang terbaru, Suzuki menjadi saingan berat produsen mobil lainnya di Indonesia. Belum lagi dengan harga yang ekonomis dan fitur mobil yang lengkap.

5. Nissan

Walaupun Nissan memiliki nama yang cukup baru terdengar di Indonesia namun produsen ini sudah bisa masuk ke dalam lima besar produsen terbaik dan terkenal di Indonesia dengan produk MPV andalannya yang sempat di gandrungi di  Indonesia yaitu Nissan Grand Livina.

Nissan memiliki pabrik yang berlokasi di kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat yang diresmikan oleh Nissan Group Asia pada tahun 2014. Pabrik tersebut mampu memproduksi mobil dengan jumlah kurang lebih 80.000 unit per tahun.

Demikian informasi mengenai beberapa produsen mobil yang terkenal dan terbesar di Indonesia. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang ingin mencari atau membeli mobil. (Adv)

 

 

Penulis: Budi Santoso

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com