Advertorial

Kemeriahan Bulu Tangkis di Kota Udang

Kompas.com - 14/10/2016, 19:21 WIB

Siapa yang tidak mengenal Cirebon? Kota pelabuhan yang berada di wilayah pesisir pantai utara Jawa ini selain memiliki seribu pesona, juga menjadi simpul transportasi antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Beberapa hal yang menjadi pesona Cirebon adalah dari sisi sejarahnya yang bekas wilayah Kesultanan Cirebon, kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad ke-15 dan 16 Masehi. Pada masanya, kesultanan ini menguasai jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau.

Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai tempat Sunan Gunung Djati menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Walisongo ini tercatat dalam sejarah sebagai kreator yang membentuk pasukan gabungan di bawah Fatahillah untuk membebaskan Batavia dari penjajahan Portugis. 

Nilai dan peninggalan sejarah tersebut adalah daya tarik untuk orang-orang berkunjung ke Cirebon. Namun sekarang ada daya tarik lain, khususnya bagi para pebulu tangkis muda yang ingin menunjukkan bakatnya.

Ya, untuk pertama kalinya, Cirebon menjadi salah satu tempat Bakti Olahraga Djarum Foundation menggelar audisi untuk mencari bibit pebulu tangkis profesional.Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum adalah tempat lahirnya para legenda bulu tangkis. Nantinya bagi mereka yang lolos audisi akan mendapatkan Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com