Advertorial

Shopee Rayakan Kesuksesan "10.10 Mobile Shopping Day"

Kompas.com - 16/10/2016, 22:24 WIB

Berbelanja melalui situs-situs e-commerce memang bukan lagi hal yang asing bagi penggemar belanja di Indonesia. Namun saat ini sebuah fenomena baru muncul, yaitu semakin tingginya penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet untuk berbelanja online.

Minat belanja online melalui perangkat mobile yang semakin tinggi ini dibuktikan juga oleh Shopee, marketplace mobile yang memulai kiprahnya di Indonesia pada tahun 2015. Pada periode 3-10 Oktober 2016 lalu Shopee menggelar sebuah festival belanja online lewat perangkat mobile yang bertajuk 10.10 Mobile Shopping Day.

“Semenjak kehadiran Shopee sebagai mobile platform untuk marketplace di tahun 2015 kami melihat bahwa minat belanja orang Indonesia via ponsel sangat tinggi. Kita akhirnya mencetuskan 10.10 Mobile Shopping Day sebagai milestone untuk mengajak orang Indonesia bahwa saat ini belanja online lewat perangkat mobile lebih memudahkan,” ujar Achmad Alkatiri, Lead Marketing Shopee Indonesia.

Festival yang baru pertama kali ada di ranah e-commerce Indonesia tersebut berhasil manis. Sambutan penggemar belanja dan pemilik toko online di Indonesia sangat antusias. Sepanjang penyelenggaraan festival Shopee mencatat kenaikan transaksi hingga 350 persen.

Sepanjang festival 10.10 Mobile Shopping Day tercatat pembeli berasal dari 440 kota. Mulai dari Jakarta hingga Merauke. Sementara jumlah pembeli terbanyak berasal dari lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Untuk merayakan keberhasilan 10.10 Mobile Shopping Day dan mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat mulai dari pembeli, penjual, influencer, hingga rekanan, Shopee menggelar 10.10 Mobile Shoping Day Gala Dinner di Soehana Hall, The Energy, SCBD, Sabtu (15/10/2016) lalu.

“Gala dinner ini adalah perayaan atas kesuksesan 10.10 Mobile Shopping Day yang luar biasa. Sepanjang festival bahkan ada penjual yang merasakan bahwa order mereka meningkat hingga 750 persen dari biasanya. Kita melihat minat konsumen Indonesia berbelanja lewat perangkat mobile mengalami tren yang cukup positif. Apalagi ditambah penetrasi smartphone yang luar biasa di Indonesia,” lanjut Achmad Alkatiri.

-

Pada acara tersebut Shopee mengundang pembeli dan penjual terpilih yang turut berkontribusi menyukseskan 10.10 Mobile Shopping Day.

Selain ratusan penjual yang telah bergabung dengan Shopee, 10.10 Mobile Shopping Day juga melibatkan rekanan seperti JNE, Bank Mandiri, AirAsia Indonesia, Garuda Indonesia, dan Pegipegi.com. Selain itu juga selebriti-selebriti Indonesia seperti Rio Dewanto, Ringgo Agus Rachman dan Sabai Morscheck, serta Giselle Anastasia yang membuka toko online-nya di Shopee.

Pada 10.10 Mobile Shopping Day Gala Dinner Shopee juga mengapresiasi pembeli dan penjual yang turut berkontribusi. Sebanyak delapan kategori penghargaan diberikan kepada para pembeli dan penjual setia Shopee.

“Sepanjang 10.10 Mobile Shopping Day banyak pihak berkontribusi, mulai dari rekanan, penjual, hingga pembeli. Sebagai apresiasi malam ini kita berikan sejumlah penghargaan-penghargaan ini,” jelas Achmad.

Penghargaan dari kategori penjual antara lain adalah Top Order Shopeeholic Seller, Top Service Shopeeholic Seller, The True Shopeeholic Seller, Zero to Hero Shopeeholic Seller, dan Top Rising Star Shopeeholic Seller.

“Menurut saya Shopee itu marketplace yang paling enak dibanding yang lain untuk penjual. Regulasi dan fitur-fiturnya membuat lebih gampang digunakan, unggah produk dan input resi gampang sekali, beriklan lebih mudah, ada fitur free ongkir jadi pembeli tambah banyak,” ujar Anje Reva pemilik Vackashop yang berhasil memenangkan penghargaan True Shopeeholic Seller.

Ungkapan serupa disampaikan Budianto Indrawan pemilik toko online Jessi Kingdom asal Bandung. “Sebagai orang yang belum pernah berjualan online, Shopee ini mudah untuk digunakan. Menguntungkannya lagi jangkauan pembelinya jadi lebih luas. Peningkatan omset juga meningkat 70 persen apalagi saat 10.10 Mobile Shopping Day,” ujar Budi yang baru tiga minggu bergabung dengan Shopee.

-

Sementara penghargaan untuk kategori pembeli adalah The Real Shopeeholic, untuk pembeli dengan jumlah transaksi terbanyak dan Top Shopeeholic Contributor untuk pembeli yang rajin membantu sesama pembeli menjawab pertanyaan seputar Shopee melalui media sosial.

“Di Shopee nyari apa saja ada dengan aplikasi di smartphone lebih praktis. Apalagi saya ini ibu rumah tangga, sambil mengerjakan sesuatu di rumah praktis saja bisa langsung belanja lewat smartphone,” ujar Patrice, pembeli Shopee yang berhasil memenangkan kategori Top Shopeeholic Contributor.

10.10 Mobile Shopping Day ditutup dengan meriah melalui gala dinner tersebut. Pembeli dan penjual terpilih yang hadir dalam acara tersebut dimanjakan dengan hadiah langsung berupa iPhone 7 hingga hiburan dari duo akustik Endah N Rhesa.

“Saat ini Shopee Indonesia punya kontribusi 40 persen dari keseluruhan total 250.000 transaksi setiap hari di seluruh Asia Tenggara Kita saat ini sudah mencapai target lima tahun kita dalam delapan bulan ini. Kedepannya kita mau menjadi pelopor gelombang mobile shoping di Indonesia. Tahun depan kita berencana untuk menggelar kembali 10.10 Mobile Shopping Day dengan tambahan-tambahan gimmick yang lebih seru lagi,” kata Achmad Alkatiri. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com