Advertorial

Cabang Tenis Meja Peparnas XV 2016 Diramaikan 30 Atlet Kelas Dunia

Kompas.com - 18/10/2016, 08:00 WIB

Penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XV 2016 cukup istimewa. Selain merupakan pekan paralimpiade pertama yang diselenggarakan setelah pengelolaannya terpisah dari KONI, sejumlah kejutan lain hadir di Peparnas tahun ini.

Salah satunya dari cabang olah raga tenis meja. Tahun ini, kompetisi di cabang olah raga tenis meja dipastikan akan seru karena dari 231 atlet yang berpartisipasi dari 30 provinsi di Indonesia, 30 orangnya merupakan atlet-atlet kelas dunia.

Sebanyak 30 atlet tersebut sudah memperoleh ranking dunia dari International Table Tennis Federation (ITTF) atas kontribusinya di pertandingan-pertandingan internasional. Selain itu mereka juga telah mendapatkan klasifikasi kecacatan tingkat internasional dari ITTF.

“Jadi ke-30 atlet tersebut kecacatannya tidak lagi diklasifikasi oleh klasifier Peparnas. Kami tinggal ikuti saja hasil klasifikasi ITTF, mereka bisa bermain di klasifikasi yang mana. Sementara selain 30 atlet tersebut yang belum memiliki klasifikasi kecacatan akan diuji oleh klasifier Peparnas,” ujar Rima Ferdianto, Technical Delegate cabang olah raga tenis meja Peparnas XV 2016.

Cabang olah raga tenis meja pada Peparnas XV 2016 akan terdiri dari tujuh nomor pertandingan dengan masing-masing 12 kelas klasifikasi. Rima menjelaskan klasifikasi kecacatan ditentukan berdasarkan kondisi kesehatan terbaru para atlet.

Kondisi kecacatan, kata Rima, bisa membaik atau semakin menurun. Jika kondisi kecacatan membaik maka atlet diperbolehkan naik kelas klasifikasi dalam cabang olah raga yang dipertandingkan. Sementara jika terjadi penurunan kondisi seperti pada atlet dengan osteogenesis yang akan terus menurun kekuatan tulangnya setiap tahun, klasifikasinya akan ikut turun.

Khusus untuk cabang olah raga tenis meja ada 57 medali emas yang akan diperebutkan. Siapa saja atlet tenis meja yang berhasil mencatatkan prestasi cemerlang di Peparnas XV 2016? Kita tunggu saja beritanya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com